banner-detik

fragrance

Terpikat dengan 'Gadis Kretek'? Ini Parfum dengan Aroma Tembakau dan Mawar yang Bisa Dicoba!

seo-img-article

Serial ‘Gadis Kretek’ di Netflix masih jadi perbincangan hangat. Kalau kamu langsung terinspirasi dengan tampilan Jeng Yah, parfum aroma tembakau dan mawar bisa kamu coba!

 

Serial ‘Gadis Kretek’ di Netflix terus jadi trending topic sejak kemunculannya tanggal 2 November lalu. Tayangan yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Putri Marino, Arya Saloka, dan Ario Bayu ini menyajikan sejarah industri kretek, lengkap dengan kisah cinta dramatis berlatar tahun 60-an.

Segala detail dalam ‘Gadis Kretek’ menjadi menarik, mulai dari kostumnya, lokasinya, gaya makeup, hingga aroma-aroma yang terbayang di setiap scene-nya. Kalau kamu suka dengan tokoh Jeng Yah yang sukses meracik saus kretek dengan bunga mawar, beberapa pilihan parfum di bawah ini bisa kamu gunakan!

Tom Ford Tobacco Vanille

Sulit untuk tidak ingat dengan Tom Ford bila menyebutkan “parfum tembakau”. Tobacco Vanille ini merupakan salah satu wewangian paling laris dari brand mewah ini. Bernuansa spicy amber, parfum unisex ini memadukan daun dan bunga tembakau dengan vanilla, cacao, tonka bean, buah-buahan kering, dan woody notes. Layak dicoba bila kamu ingin self-reward atau mengoleksi parfum ternama.

Baca juga: Sukses dengan Lost Cherry, Tom Ford Beauty Luncurkan 2 Parfum Cherry Terbaru!

Byredo Tobacco Mandarin

Rilis tahun 2020, parfum satu ini menggabungkan tembakau dengan cumin, Mandarin orange, coriander, leather, labdanum, olibanum, sandalwood, dan oud. Dari notes-nya, kamu sudah bisa membayangkan aromanya, kan? Fresh, spicy, deep, very opulent. Tepat untuk kamu suka dengan wewangian yang kompleks, unik, dan tahan lama.

Baca juga: 5 Aktor Korea Ini Membintangi Iklan Parfum Ternama? Mana yang Kamu Suka?

Guerlain L’Art & La Matiere Tobacco Honey

Baru dirilis pada September 2023 lalu, parfum cantik ini cocok untuk kamu yang suka dengan segala sesuatu yang luxurious. Aroma manisnya hadir dari vanilla dan madu, ditambah dengan kekuatan tembakau, wijen, tonka, oud, dan sandalwood, membuatnya terasa hangat dan spesial. Apalagi dibumbui juga dengan rempah-rempah seperti cengkeh dan anise (adas manis), parfum ini semakin berkarakter!

Baca juga: Cocok untuk Me Time, Guerlain Gelar Afternoon Tea Party Mewah di Fairmont Jakarta!

Mother of Pearl (MOP) Tobacco Desire

Baru-baru ini, MOP merilis beberapa fragrance sekaligus, dan Tobacco Desire ini cocok banget kalau kamu lagi mencari parfum bernuansa tembakau. Ada tangerine, cocoa, plum, dan mandarin pada top notes, yang membuatnya tercium segar di awal. Kemudian ada magnolia, honey, dan vanilla pada middle notes. Sementara itu, saffron, tembakau, leathery, dan labdanum hadir sebagai base notes. Sebuah wewangian yang penuh statement, bold, spicy, dan tahan lama.

Baca juga: Hyun Bin Terpilih Jadi Brand Ambassador Tom Ford Beauty!

Euodia Parfums Nicotiana

Pernah dengar parfum lokal Euodia? Underrated! Mereka punya banyak sekali varian yang menarik untuk kamu miliki, salah satunya adalah Nicotiana. Tersedia dalam ukuran 10, 30 ml, dan 100 ml, Nicotiana memadukan dry tobacco leaves, bay leaves, hay leaves, dan bergamot. Smoky, sensual, dan addictive, bisa dipakai untuk cowok maupun cewek. Selain parfum, mereka juga punya reed diffuser yang siap menghiasi rumah atau kamarmu supaya semakin nyaman dan semerbak!

Baca juga: 10 Parfum Aroma Musk yang Wanginya Sensual dan Tahan Lama

ZARA #Tobacco Collection Rich Warm Addictive

Kalau kamu lagi on budget, parfum ZARA satu ini bisa dimiliki, karena harganya hanya Rp429.000. Hadir dalam format EDT, aromanya yang hangat, oriental, creamy, dan manis. Perpaduan rum, peony, vanilla bourbon, membuat wanginya terasa intens, bright, sekaligus mencuri perhatian. Cocok untuk dipakai malam hari atau ketika cuaca lebih dingin, seperti penghujung tahun.

Baca juga: 10 Rekomendasi Parfum Manis dan Hangat untuk Kamu Si Feminin!

Bon Parfumeur 902 Tobacco Armagnac

Perpaduan daun tembakau dengan cengkeh dan kayu manis membuat parfum ini jadi smoky dan rich seperti kretek. Namun, kehadiran basil, orange, dan ginger membuatnya jadi lebih fresh dan zesty. Ditambah dengan vanilla, patchouli, dan labdanum, parfum yang dirilis tahun 2017 ini jadi lebih powerful. Jangan sampai overspray, ya!

Baca juga: Ini Dia Kisah di Balik Warna Kebaya Dian Sastrowardoyo di ‘Gadis Kretek’!

Diptyque Eau Capitale

Mau pakai parfum mawar tapi yang tidak terlalu feminin? Ini jawabannya! Perpaduan bunga cantik tersebut dengan pink pepper, patchouli, dan bergamot membuatnya jadi lebih bright, sharp, dan glamor. Parfum yang diciptakan oleh Olivier Pescheux ini ideal untuk kamu yang menginginkan aroma rose yang bukan sekadar lembut dan ringan seperti air mawar, tapi juga seksi dan ambery. Tipe wewangian yang bisa dipakai saat cuaca panas maupun dingin.

L’Occitane Rose

Salah satu wewangian best-seller dari L’Occitane yang sudah ada sejak dulu. Aroma mawar yang klasik, bertemu dengan kesegaran buah leci dan patchouli yang earthy. Very delicate, cocok untuk kapan saja, terutama pagi hari. Kalu kamu berjiwa lembut dan feminin, tidak menyukai parfum yang berat dan cloying, this one is perfect for you!

Baca juga: Intip 4 Brand Aksesori Lokal untuk Melengkapi Tampilan Kebaya ala ‘Gadis Kretek’!

Maison Kurkdjian A La Rose

Kalau kamu sedang ingin bermewah-mewah untuk produk parfum, maka produk ini adalah opsi yang tepat. Saatnya menyudahi gegap-gempita Maison Kurkdjian Baccarat Rouge 540, karena overrated dan sudah terlalu banyak dupe-nya. Dengan A La Rose ini, kamu akan tercium seperti Jeng Yah versi modern yang elegan dan penuh ketenangan. Perpaduan Damascena Rose dari Bulgaria dan Centifolia Rose dari Grasse, bertemu dengan madu, leci, pear, musk, cedar, bergamot, dan orange. Nuansa musky floral yang nyaman dipakai kapan saja, merayakan sisi perempuan yang bersinar. Cocok untuk digunakan bersama kebaya yang cantik hingga little black dress favoritmu!

 

Baca juga: Tampil Fearless sebagai Jeng Yah, Ini Tampilan Kebaya Dian Sastro di ‘Gadis Kretek’!

 

 

Jadi, itulah beberapa opsi parfum tembakau dan mawar yang bisa kamu coba, kalau kamu terinspirasi oleh pesona Jeng Yah. Jeng Yah sendiri seolah memiliki karakter perpaduan tembakau dan mawar. Ia tegas, kaku, punya prinsip yang kuat, tahu apa yang dia inginkan, sesuatu yang kuat seperti tembakau. Namun sekaligus tetap lembut, klasik, dan rapuh seperti mawar.

Kamu lebih tipe yang mana, nih? Kalau punya kedua sisi tersebut sama dengan Jeng Yah, kamu bisa pakai parfum mawar saat siang, dan tembakau saat malam. Nggak ada salahnya juga untuk layering keduanya untuk mendapatkan aroma baru yang kamu suka. Selamat mencoba!

 

Image: Dok. brand, Netflix

Slow Down

Please wait a moment to post another comment