banner-detik

lifestyle

Jangan Abaikan Diri Sendiri, Ini Ide Self Care Selama Seminggu yang Bisa Kamu Contek!

seo-img-article

Seminggu pertama di tahun 2023 sudah terlewati. Apa yang kamu rasakan? Apakah ide cemerlang dan semangatmu masih menggebu-gebu? Sudah punya to do list atau goals untuk tahun ini? Cobain self care sederhana setiap hari, yuk!

 

Untuk membantu kamu melewati hari-hari kamu dengan baik di tahun baru ini, coba deh biasakan meluangkan waktu untuk self care sejenak. Nggak rumit kok, banyak cara simpel yang bisa kamu lakukan untuk memberi perhatian lebih kepada diri sendiri.

Di bawah ini ada cara-cara yang bisa kamu contek setiap harinya. Tantang diri kamu untuk melakukan satu saja setiap hari, yang penting rutin dan konsisten. Jadi, dalam seminggu kamu sudah melakukan 7 cara self-care yang berguna untuk relaksasi sekaligus pengembangan diri!

Day 1: Menikmati screen break

Supaya hari Seninmu nggak terlalu berat, cara self care mudah ini bisa kamu coba. Saat beristirahat dari pekerjaan, usahakan jangan menghibur diri dengan memandang layar. Ini bisa mengurangi penat dan paparan blue light. Nggak perlu lama-lama kok, yang penting kamu “terputus” sebentar dari laptop, ponsel, atau gadget lainnya. Kamu bisa quick nap selama 15 menit, stretching, membaca buku, atau menikmati kopi enak favoritmu. Kalau ada waktu lebih, kamu bisa mampir sebentar ke supermarket untuk belanja buah, atau ngobrol seru bareng bestie sambil ngemil, tanpa melirik-lirik media sosial.

Baca juga: 4 Alat Self Care ala Jennie BLACKPINK yang Bisa Kamu Tiru!

Day 2: Merapikan tempatmu beraktivitas

Ruangan apa yang paling sering kamu datangi? Kamar kos? Ruang kerja atau meja kerja di kantor? Dapur karena kamu seorang ibu rumah tangga? Bereskan atau tata ulang deh, biar suasananya jadi lebih rapi dan nggak suram. Decluttering secara rutin sangatlah penting, karena bukan hanya membuat ruangan jadi lebih sedap dipandang, tapi juga bisa menjernihkan pikiranmu dan membuatmu lebih produktif. Kamu juga bisa tahu barang-barang mana saja yang sudah tidak kamu perlukan, serta menaruh yang penting-penting di wadah khusus dan eye level, agar mudah dicari. Meletakkan vas berisi fresh flower, menambahkan scented candle atau reed diffuser yang wangi semerbak juga bisa jadi mood booster, lho!

Baca juga: Multi-Masking dan Double-Masking Bisa Jadi Cara Self Care yang Seru, Lho!

Day 3: Ngedate, yuk!

Take yourself on a date, please. Biasanya, hari Rabu atau midweek itu hari yang cukup padat dan melelahkan. Kamu sudah nggak sabar ingin segera weekend, tapi pekerjaan atau tugas kuliah masih sangat menumpuk. Nah, self care yang satu ini bisa kamu lakukan sebagai penyegaran suasana dan jeda dari segala anxiety. Kabur sejenak menikmati menu makanan lezat di restoran favoritmu itu nggak harus bareng pasangan, lho. Solo date is okay! Jangan takut makan sendirian di luar atau nonton sendirian di bioskop, justru kamu bisa lebih tenang dan menikmati me time. Atau, kamu juga bisa ajak sahabat, kakak atau adik kamu, bahkan orang tuamu untuk lunch date atau menikmati dinner sejenak di tempat hits yang baru buka.

Baca juga: 7 Rutinitas Self Care yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengurangi Stres

Day 4: Melakukan sesuatu yang kreatif

Coba deh beli kanvas kecil dan cat akrilik di toko buku, lalu melukis. Bisa juga merajut atau membuat makrame. Atau mencetak foto-foto kece yang kamu ambil lewat kamera atau ponsel, lalu pajang di kamar. Kamu bisa menjahit? Kenapa nggak upcycle baju lamamu yang sudah jarang terpakai? Sesederhana sketching dengan pensil di kertas biasa, bikin bento yang cantik buat bekal ke kantor, menata kembali koleksi tanamanmu, atau bikin playlist K-pop dengan tema tertentu, juga akan menjadi hiburan yang menyenangkan. Kamu juga bisa belajar bikin nail art, mencoba mewarnai rambut sendiri, atau merapikan botol-botol skincare dan melabelinya sesuai fungsi dan tanggal pemakaian pertama kali. Ada banyak banget pilihan hal kreatif yang bisa kamu lakukan, kan? Bahkan, walau kamu selama ini merasa bukanlah seseorang yang kreatif, saat ini kamu bisa “memancingnya” dengan cara mengikuti kelas atau workshop singkat yang bisa menambah ilmu, pengalaman, dan teman baru.

Baca juga: Ini Ritual Self Care Sebelum Tidur Agar Tidur Lebih Nyenyak!

Day 5: Mencoba hobi baru

Thank God It’s Friday! Metode self care yang pas untuk hari Jumat adalah mencoba hobi baru. Ini bisa bikin kamu jadi lebih rileks sekaligus bersemangat, lho! Misalnya, ikut olahraga yang belum pernah kamu tekuni, misalnya tennis, bulu tangkis, atau rollerskate. Tahun-tahun lalu mencoba bercocok tanam tapi nggak berhasil? Kamu bisa coba lagi, mulai dari yang mudah saja, seperti memelihara kaktus atau succulent yang nggak perlu sering disiram. Kamu juga bisa jalan-jalan sore bareng hewan peliharaan, bikin video review untuk konten Instagram atau TikTok, ikut kelas coding, bikin kopi sendiri dengan coffee maker manual, membuat keramik pertama kali, menonton film yang baru rilis di bioskop, dan lain sebagainya. Banyak banget yang bisa dieksplor! Biasanya, setelah melakukannya beberapa kali, kamu bisa tahu mana yang paling kamu suka atau cocok disebut “hobi”.

Baca juga: Intip Cara Self Care Agar Tetap Fit Selama Masa Menstruasi

Day 6: Masak untuk diri sendiri

Sabtu yang santai memang ideal untuk menghabiskan waktu masak di dapur! Nggak perlu khawatir kalau kamu nggak bisa masak sama sekali, kini sudah ada jutaan resep di Youtube, Instagram, dan Cookpad yang bisa membantu kamu step by step. Senang dan bangga lho rasanya kalau bisa membuat makanan kesukaan sendiri! Memasak untuk diri sendiri juga bisa melatih kamu bersabar dan lebih menghargai proses, memahami bahwa sesuatu nggak ada yang instan. Dari mencoba kegiatan self care ini, kamu setelahnya bisa memasak untuk pasanganmu, keluargamu, atau bahkan menjualnya dan menjadikannya bisnis kecil-kecilan. Jadi lebih hemat juga, karena suatu hari kamu melihat menu tersebut di restoran, kamu bisa bilang, “Ah, kalau yang ini sih aku juga bisa buat!”

Baca juga: Agar Kulit Glowing dan Sehat, Ini Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Tahun 2023!

Day 7: Pamper time!

Hari Minggu adalah waktunya memanjakan diri. Pergi ke spa untuk pijat, creambath di salon biar rambut nggak gampang rontok, atau facial di klinik kecantikan terpercaya. Kalau nggak mau ke luar rumah, sekarang juga sudah banyak home service, lho! Atau, sekadar tidur siang yang cukup, nonton series sambil maskeran di rumah, dengar musik sambil ngemil enak, berlama-lama pakai skincare dan face roller, juga sah-sah saja sebagai ‘hadiah’ untuk diri sendiri. Kalau bisa, hari Minggu malam kamu sudah di rumah dan nggak macet-macetan di jalan. Simpan energimu dan persiapkan diri untuk awal minggu yang kembali padat.

Baca juga: Lelah Kerja Seharian? Manjakan Diri dengan Diri di Rumah dengan Produk Self Treatment Ini!

Itulah langkah-langkah self care dalam seminggu yang bisa kamu lakukan. Simpel tapi seru, kan? Kalau sudah dilakukan dalam seminggu, tentu jangan berhenti saja di situ, tapi ulangi hingga jadi kebiasaan yang baik. Selamat mencoba! Semoga hari-harimu lebih menyenangkan, kamu lebih mengenali diri sendiri, dan  tahun ini berjalan sesuai dengan harapanmu ya.

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment