banner-detik

skin care

Agar Kulit Glowing dan Sehat, Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Tahun 2023!

seo-img-article

Coba ingat-ingat lagi, kebiasaan buruk apa saja yang sering kamu lakukan di 2022 yang akhirnya membuat kulit kamu jadi bermasalah? Di tahun baru ini, jangan sampai terulang lagi ya! Biar kulit glowing tercipta!

Kadang hal kecil atau yang kita pikir sepele, hasilnya bisa sangat besar, lho. Ini termasuk soal perawatan kulit. Buat mendapatkan efek kulit yang “wow”, kamu nggak harus selalu menghabiskan jutaan atau bahkan puluhan juta rupiah di klinik kecantikan, tapi bisa dengan sederhana menjaga pola makan, cukup tidur, dan menghindari bad habit dalam menjaga kesehatan kulit.

Beberapa kebiasaan buruk di bawah ini mungkin tampak simpel, tapi kalau kamu nggak lagi melakukannya, hasilnya bisa jadi istimewa! Simak, yuk!

Jarang eksfoliasi

rajin eksfoliasi untuk kulit glowing

Karena dilakukan mingguan, ekfoliasi adalah langkah perawatan kulit yang cukup sering terlupakan, nih. Jarang mengeksfoliasi kulit bisa memberi banyak efek buruk, lho. Contohnya, kulit jadi kasar, komedo menumpuk di hidung, wajah kelihatan kusam, dan produk skincare lainnya jadi nggak meresap dengan maksimal, karena sel-sel kulit mati dan kotoran masih menumpuk di dalam kulit.

Sebaliknya, kulit bisa jadi mulus, teksturnya lebih halus, dan terlihat glowing kalau kamu rajin eksfoliasi. Tapi, buat yang sudah merasakan mnafaat eksfoliasi, jangan jadi kebablasan ya. Kalau keseringan maka jadi overexfoliating dan kulit bisa kemerahan atau iritasi.

Baca juga: Stop Kebiasaan Buruk Ini Kalau Mau Punya Kulit Lebih Sehat dan Segar!

Tidur tanpa membersihkan makeup

Gimana mau punya kulit glowing kalau kamu malas membersihkan wajah? Yuk, tertibkan diri untuk selalu mengangkat makeup dengan tuntas sebelum tidur. Tidur dalam keadaan kulit bersih dan terhidrasi karena menggunakan produk-produk skincare itu rasanya nyaman dan puas, lho! Meskipun sekadar nap atau tidur siang, ketika habis bepergian dari luar dan full makeup, kamu sebaiknya tetap membersihkan wajah terlebih dulu.

Makeup yang menumpuk, ditambah sebum, kotoran dan polusi yang dibiarkan terlalu lama, akan membuat kulit jadi “nggak bernapas” dan mudah menyebabkan jerawat. Kalau kamu lagi capek banget dan sudah mengantuk banget, rasanya nggak sanggup untuk double cleansing dan pakai produk skincare lainnya, at least bersihkan wajah dengan micellar water sebelum memejamkan mata.

Baca juga: Rajin Membersihkan Wajah Tapi Pori-pori Sering Tersumbat? Ini Dia Penyebabnya!

Nggak pakai skincare di leher

pakai skincare ke leher agar kulit glowing

Siapa yang masih suka melakukan bad habit satu ini? Mulai hari ini, stop yuk! Apalagi, kalau kamu sudah berusia di atas 25 tahun. Semua produk skincare, mulai dari cleanser, toner, essence, serum, moisturizer, sunscreen, sampai masker dan exfoliating pad, sudah selayaknya diaplikasikan sampai leher. Jadi, bukan cuma kulit wajah saja yang terawat, area kulit leher juga bisa tetap bersih, lembap, dan kencang. Kamu harus tahu, kalau kulit yang paling mudah menunjukkan tanda-tanda penuaan adalah area mata, punggung tangan, dan leher!

Baca juga: 5 Produk Neck Cream yang Berfungsi Khusus untuk Merawat Kulit Area Leher Agar Lebih Awet Muda!

Memencet jerawat

jangan pencet jerawat supaya kulit tetap glowing

Buat kamu pemilik acne-prone skin, mungkin ini salah satu kebiasaan buruk yang sulit dihindari. Melihat jerawat yang baru muncul atau nggak kunjung hilang, kamu nggak sabar untuk memencetnya biar segera lenyap! Tapi, itu malah berakibat buruk karena jerawat malah bisa makin meradang dan bisa meninggalkan scar (bekas bopeng atau bekas parut) yang lebih sulit dihilangkan. Apalagi, segala macam bakteri dari tangan kan jadi berpindah ke jerawat! Hiii. Coba deh latihan menahan diri dan bersabar, selama berjerawat, gunakan saja serum khusus jerawat dan acne treatment gel secara rutin, rajin membersihkan kulit dan hindari stres serta makanan yang memicu inflamasi.

Baca juga: Ini 8 Skincare Ingredients yang Diprediksi akan Tren di Tahun 2023!

Nggak pakai eye treatment

Siapa yang masih sering melakukan kebiasaan buruk ini? Jangan heran kalau area kulit sekitar matamu banyak garis-garis halus dan kerutan, sudah ada crow’s feet padahal belum berusia 30 tahun. Produk eye treatment bisa dibilang salah satu produk skincare yang masih sering diabaikan banyak orang. Padahal, fungsinya bagus banget dan bisa memberi hasil yang signifikan bila dilakukan secara teratur. Kamu bisa pakai eye serum setelah menggunakan face serum, atau mengaplikasikan eye cream setelah memakai face cream (moisturizer). Kalau punya produk eye serum dan eye cream, kamu bisa juga pakai keduanya!

Pilih produk eye treatment dengan kandungan brightening bila kamu bermasalah dengan dark circles. Kalau sudah banyak fine lines, eye treatment dengan kandungan mengencangkan kulit seperti Peptide adalah opsi ideal. Kalau matamu lelah dan punya eye bags, kamu bisa pilih eye treatment dengan aplikator pemijat yang bikin rileks, atau eye patch yang menyegarkan untuk kompres mata.

Baca juga: Mata Letih dan Keriput? Ini Rekomendasi Eye Serum Mewah untuk Usia 40-an!

Nah, itulah 5 kebiasaan buruk yang seharusnya dihindari tahun 2023 ini biar kulit makin sehat dan glowing! Coba mulai hari ini, yuk!

 

Image: dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment