banner-detik

pro tips

Rajin Membersihkan Wajah Tapi Pori-Pori Sering Tersumbat? Ini Dia Penyebabnya!

seo-img-article

Sudah rajin membersihkan wajah, tapi pori-porimu yang besar selalu terlihat tersumbat, gampang berkomedo, dan berjerawat? Cek penyebab lainnya, yuk!

Merawat pori-pori memang cukup tricky, apalagi kalau kamu punya kulit berminyak dan pori-pori yang cenderung tampak besar. Memakai facial wash setiap pagi dan malam hari saja nggak cukup, lho. Ada banyak hal-hal lain yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Apa saja? Kenali lebih dalam yuk, supaya kamu bisa mengatasinya!

Pakai SPF terlalu tinggi

Salah satu penyebab pori-pori tersumbat adalah menggunakan sunscreen dengan kadar SPF yang tinggi, yaitu 50 ke atas. Kalau kamu lebih banyak aktivitas indoor, sebenarnya pakai SPF 20 atau 30 saja sudah cukup. Gunakan SPF 50 saat kamu aktif di luar ruangan saja. Kalau kamu pakai SPF 50 setiap hari meskipun di dalam ruangan, apalagi sunscreen yang dipakai teksturnya thick, pori-pori kamu akan tersumbat.

Nah, yang sering terlupakan adalah membersihkan wajah secara maksimal setelah menggunakan sunscreen. Meskipun kamu hanya pakai sunscreen saja seharian, tidak pakai makeup, namun saat sore atau malam hari kamu wajib double cleansing, untuk mengangkat sisa sunscreen lebih maksimal.

Baca juga: 5 Skincare di Bawah 300 Ribu untuk Kulit dengan Pori-Pori Besar!

Sering pakai foundation, BB cream, dan cushion

Pakai foundation, BB cream, atau cushion setiap hari, juga bisa menjadi faktor pori-porimu sering tersumbat. Jadi, buat kamu yang hobi makeup, double cleansing sudah sangat wajib. Kamu juga bisa menggunakan cleansing brush saat memakai facial wash agar kotoran dan sisa makeup terangkat tuntas.

Sebaiknya beri jeda juga pada kulitmu. Sesekali saat di rumah saja, saat meeting online, atau bepergian santai, hindari foundation, BB cream, dan cushion agar kulitmu bernapas dan mencegah pori-pori tersumbat.

Baca juga: Mengandung Glycolic Acid, 7 Skincare Ini Pintar Memudarkan Hiperpigmentasi!

Mendiamkan cleansing oil atau cleansing balm terlalu lama

Berbeda dengan facial wash yang aman bila didiamkan sekitar 1-2 menit sebelum dibilas, memakai pembersih wajah yang oil-based tidak bisa sembarangan. Saat sudah pijat-pijat cleansing oil atau cleansing balm di wajahmu, segera tambahkan air sedikit (emulsify), lalu segera bilas. Jangan biarkan cleansing oil atau cleansing balm melekat terlalu lama di wajah dan lehermu, karena malah bisa bikin pori-pori tersumbat. Apalagi produk-produk tersebut sudah bercampur dengan sisa kotoran dan makeup kamu. Kalau dibiarkan terlalu lama, malah bisa berjerawat!

Ingatkah kamu, sempat ada “tren” yang menunjukkan pemakaian cleansing oil hingga 10-15 menit di wajah? It’s a big no no! Kalau memang mau face massage, sebaiknya lakukan saat wajah bersih dan gunakan face oil atau bi-phase serum ya!

Baca juga: Mau Kulit Bebas Kusam? Ini 3 Exfoliating Toner Lokal di Bawah 100 Ribu untuk Mencerahkan!

Jarang eksfoliasi

Nah, ini adalah poin yang sangat mampu membuat pori-pori tersumbat. Bayangkan, kamu setiap hari menggunakan berbagai produk makeup dan skincare di atas kulitmu, ditambah dengan paparan matahari dan polusi?

Kulit kita perlu dieksfoliasi 2 kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di pori-pori. Jadi selain skincare routine harian kamu, kamu harus menyempatkan pakai physical exfoliator (facial scrub, mask scrub, exfoliating pad), atau chemical exfoliator (serum atau toner dengan kandungan AHA, BHA, PHA, LHA) untuk membuat kulit tetap halus, cerah, dan pori-porinya tetap terawat.

Baca juga: 5 Exfoliating Serum Lokal untuk Bikin Kulit Bebas Jerawat!

Menggunakan skincare dan makeup dengan kandungan silikon

Kandungan silikon pada skincare (contohnya serum atau moisturizer), atau pada makeup (contohnya face primer), memang kasih efek slick, bikin kulit terasa halus dan mulus setelah diaplikasikan. Namun, bila terlalu sering dipakai, bisa menyumbat pori-pori kulitmu, karena silicone-based products tidaklah mudah dibersihkan. Jadi, kembali lagi ke double cleansing dan exfoliating, kamu memang harus rutin melakukannya supaya sisa skincare dan makeup (bahkan dengan kandungan silikon) bisa terangkat dengan optimal.

 

Nah, itulah 5 penyebab kenapa kamu sering mengalami pori-pori tersumbat. Jadi, memang ada banyak faktornya! Kalau ada budget lebih, kamu bisa mencoba mikrodermabrasi dan laser treatment di klinik kecantikan terpercaya untuk merawat pori-porimu lebih baik lagi. Selamat mencoba!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment