banner-detik

industry news

Ini 8 Skincare Ingredients yang Diprediksi akan Tren di 2023!

seo-img-article

Kemajuan industri kecantikan dunia yang begitu terasa, membuat beberapa bahan skincare jadi populer setiap tahunnya. Skincare ingredients apa ya yang kira-kira akan disukai tahun 2023? Simak di sini!

 

Dalam dunia kecantikan yang semakin berkembang dari hari ke hari, nggak bisa kita pungkiri bahwa ada tren yang berperan dan bisa menguasai pasar. Memang perubahannya nggak secepat industri fast fashion, sebab produk skincare bisa lebih versatile dan digunakan dalam kurun waktu lama, sesuai dengan kecocokan dan kebutuhan kulit penggunanya.

Nggak seperti pilihan warna atau gaya pada fashion, di dunia kecantikan jarang terdengar kata “kuno” atau out of date. Sebab, produk skincare bukan soal “selera” atau “pride” atau “pergantian musim”, seperti faktor-faktor penentu ketika kita memilih barang fashion. Selama kita cocok dengan formula dan kandungannya, merasakan khasiatnya, kita bisa tetap membelinya meski produk tersebut sudah dirilis 2-3 tahun lalu.

Tapi, tetap saja, setiap tahun pasti ada saja cara baru, istilah baru, bahkan skincare ingredients yang jadi pujaan dan banyak dilirik para beauty enthusiast. Nah, menurut pantauan Female Daily, di bawah ini adalah beberapa skincare ingredients yang diprediksi bakal hits di tahun 2023. Baca sampai tuntas ya!

Linoleic Acid

Disebut juga vitamin F, Linoleic Acid punya fungsi penting untuk mendukung kekuatan epidermal barrier. Dia bisa mempertahankan kadar air dalam kulit, sehingga bikin kulit plumpy dan terasa lembap lebih lama. Linoleic Acid juga bagus untuk melindungi kulit dari polusi, asap, dan sinar UV.

Kamu bisa menemukan kandungan Linoleic Acid yang tinggi dalam beragam skincare oil, misalnya sunflower seed oil, grapeseed oil, hemp oil, dan prickly pear seed oil. Serunya, meski melembapkan, Linoleic Acid itu lebih ringan dibandingkan dengan Oleic Acid, sehingga lebih aman dipakai oleh kulit yang berminyak atau berjerawat.

Baca juga: Ini 4 Kesalahan Pakai Face Oil yang Harus Kamu Tahu!

Mushroom

Sebenarnya, jamur bukan “pemain” baru dalam dunia skincare. Sejak dulu, sudah banyak brand skincare yang menggunakan bahan utama jamur dalam produk mereka. Brand seperti Jurlique, Shiseido, Missha, Youth to The People, dan Menard juga sudah punya skincare berbahan dasar jamur. Namun, di tahun 2023 ini, manfaat mushroom akan lebih jadi sorotan. Pada tahun 2022, Tremella atau snow mushroom telah mencuri perhatian dengan karena punya kemampuan menghidrasi kulit sepintar Hyaluronic Acid. Bahan ini juga menenangkan dan merejuvenasi kulit. Kelak di tahun 2023, selain Tremella, jenis jamur apalagi ya yang bakal hadir di dalam serum atau moisturizer kamu?

 Baca juga: 8 Skincare dengan Kandungan Jamur untuk Melindungi dan Mengencangkan Kulit!

Ceramide

Dilansir dari Elle US, Dr. Marisa Garshick mengungkapkan, “Produk-produk yang gentle bagi skin barrier akan tren di tahun 2023.” Skin barrier memang penting banget untuk dijaga, karena bila rusak, kulit bisa mengalami beragam masalah seperti iritasi, eczema, psoriasis, rosacea, jerawat, dan lain sebagainya. Nggak mau, kan?

Nah, cara merawat skin barrier yang efektif adalah dengan tidak overexfoliating dan mengaplikasikan skincare dengan kandungan Ceramide. Ceramide sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan sel kulit, melindungi kulit dari lingkungan yang buruk, dan mengunci kelembapan kulit. Makanya, nggak heran kalau Ceramide akan lebih banyak disukai di tahun baru ini!

Baca juga: Bikin Kulit Sehat dan Terawat Saat Liburan, Ini 5 Moisturizer Lokal yang Jago Memperbaiki Skin Barrier!

Algae

Algae merupakan salah satu kandungan skincare yang paling populer atau dikenal sepanjang masa, dan diperkirakan akan makin bersinar di 2023. Algae punya banyak jenis dan term. Kalau kamu membaca “kelp”, “seaweed”, atau “spirulina” dalam ingredient list sebuah produk skincare, semua itu adalah algae. Kekayaan laut yang penuh nutrisi ini punya sederet khasiat mengagumkan di antaranya: merevitaliasi kulit, membuat kulit lebih kenyal dan kencang, tinggi antioksidan, menenangkan kulit, menjaga kadar air di kulit, meningkatkan kolagen, melindungi kulit dari kerusakan sel, hingga mengurangi fine lines dan kerutan. Canggih banget, ya?

Baca juga: Bikin Kulit Sehat Bercahaya, Ini 3 Face Essence Mewah yang Worth To Buy!

Glutathione

Kulit kusam, warna kulit tidak merata, dan dark spots bisa kamu atasi dengan beragam bahan pencerah yang aman, salah satunya Glutathione. Yup, selain vitamin C, Niacinamide, dan Tranexamic Acid, kamu bisa mengandalkan skincare ingredient satu ini untuk bikin kulit jadi lebih cerah dan glowing. Glutathione adalah salah satu antioksidan paling powerful dan bisa mengurangi produksi melanin, serta kaya vitamin, protein, dan mineral yang dibutuhkan kulit. Tahun 2023 ini, jangan heran kalau skincare wajah dan body care yang menggunakan Glutathione makin terkenal. Tentunya, selain mengaplikasikan skincare dengan kandungan Glutathione, kamu juga bisa mengonsumsi asparagus, tomat, brokoli, alpukat, jeruk, telur, dan flax seeds untuk meningkatkan produksi Glutathione alami di tubuhmu!

Baca juga: Kunci Kulit Supple dan Awet Muda, Ini 5 Toner Peptide yang Layak Dicoba!

Kombucha

Nggak cuma berwujud minuman asam nan menyegarkan yang bisa merawat kesehatan penceranaan kamu, kombucha juga sudah banyak muncul dalam bentuk skincare. Itu karena kombucha punya manfaat untuk menyeimbangkan microbiome kulit, mengurangi inflamasi, sebagai eksfoliator alami, dan tinggi antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Tinggi dengan Lactic Acid dan vitamin B, kombucha juga bisa membuat kulit lebih cerah dan segar. Saat ini, skincare dengan kandungan kombucha masih banyak berasal dari luar negeri. Mungkin, di tahun 2023 akan bermunculan dari brand lokal!

Baca juga: Essence dengan Ekstrak Kombucha Ini Melindungi kulit dari Polusi dan Bikin Glowing!

Blue Tansy

Sudah kenalkah kamu dengan blue tansy atau bunga Moroccan chamomile? Sejak 2 tahun terakhir, blue tansy menjadi salah satu ingredients yang disukai untuk formulasi skincare, karena powerful sebagai antioksidan, anti-inflamasi, anti-viral, anti-bacterial, dan anti-fungal. Makanya, skincare dengan kandungan blue tansy biasanya ditujukan untuk kulit kering, sensitif, atau berjerawat, karena bisa menenangkan kulit, menutrisi dan menghaluskan kulit, serta merawat kulit dengan eczema, jerawat, atau rusak akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Baca juga: Nggak Bikin Kulit Kering dan Iritasi, Ini 7 Skincare Korea yang Lembut untuk Kulit Sensitif!

Colostrum sapi

Yup, you read it right. Colostrum adalah breastmilk pertama yang diproduksi oleh tubuh ketika sedang hamil. Bukan hanya manusia yang menghasilkan colostrum, hewan seperti sapi juga bisa. Lalu, colostrum sapi dipakai untuk merawat wajah? Memang terdengar kurang kece ya jika dibandingkan dengan bahan-bahan lain seperti bunga atau kekayaan laut. Tapi, banyak penelitian menunjukkan bahwa colostrum bisa berperan penting dalam menjaga skin barrier, karena menutrisi, tinggi protein dan fatty acid. Menggunakan skincare dengan colostrum disebut bisa bikin kulit lebih kuat, glowing, dan minim kerutan. Apakah kamu tertarik coba?

 

Baca juga: Wajib Diperhatikan, Ini Cara Pakai Exfoliating Serum yang Tepat!

 

Itulah sederet skincare ingredients yang diprediksi akan populer di tahun 2023! Kalau kulitmu, paling butuh yang mana? Ada nggak yang sudah kamu coba dan cocok di kulitmu? Share ceritamu di kolom komentar ya!

 

Image: Dok. brand, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment