banner-detik

beauty school

Self-care Sebelum Tidur agar Istirahat Lebih Berkualitas

seo-img-article

Tidurmu kurang berkualitas? Coba lakukan ritual-ritual di bawah ini untuk bantu tidur lebih nyenyak.

Tidur di malam hari merupakan salah satu cara untuk recharge tubuh dan pikiran. Namun seringkali saat bangun, tubuh malah rasanya semakin lelah dan nggak bersemangat. Sebenarnya banyak banget penyebab tubuh terasa semakin lelah setelah bangun tidur. Bisa jadi karena istirahatnya kurang berkualitas dan masih banyak penyebab lainnya.

Salah satu cara untuk menambah kualitas istirahat adalah dengan melakukan self-care routine ataupun ritual sebelum tidur. Seperti apakah ritual self-care yang bisa membantu meningkatkan kualitas istirahat? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

 

Lakukan persiapan untuk besok pagi

Sebelum tidur, ada baiknya lakukan persiapan untuk kegiatan yang rencananya akan kita lakukan besoknya, seperti menyiapkan baju untuk bekerja, barang-barang yang harus dibawa ke sekolah atau tempat kerja, dan lain sebagainya. Hal ini mencegah kepanikan untuk bersiap-siap saat baru bangun tidur. Persiapan di malam hari juga mengurangi stress di pagi hari. Aktivitas bangun pagi yang santai, dapat membantu memulai hari dengan lebih positif. Selain itu, karena malamnya kita sudah persiapan, paginya kita jadi punya lebih banyak waktu untuk skincare-an secara lengkap dan juga makeup. Jadi nggak terus-terusan skip-care.

Baca juga: Kenapa Skincare Malam Hari Sangat Penting?

Melakukan Aktivitas yang menenangkan

Selain mempersiapkan diri untuk kegiatan esok hari, melakukan aktivitas yang menenangkan pikiran juga dapat membantu kita untuk lebih siap menghadapi esok hari. Aktivitas apa yang menenangkan? Ini bervariasi ya, tergantung preferensi masing-masing orang. Tapi umumnya banyak yang menggunakan gratitude journaling, mendengarkan musik yang menenangkan, membuat to-do list, merapikan tempat tidur, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu termasuk orang yang menyukai kegiatan merawat diri sebelum tidur, mandi dan melakukan skincare routine juga dapat membantu memperbaiki mood ketika bangun tidur lho! Kegiatan self care yang bisa dilakukan sebelum tidur misalnya saja menggunakan gua-sha untuk facial massage, memilih produk perawatan tubuh dengan wangi yang menenangkan, serta menikmati setiap step skincare yang dilakukan di malam hari. Jika hal-hal ini dilakukan secara rutin, tubuh akan terasa lebih relaks dan istirahat juga lebih berkualitas.

Menggunakan Aromaterapi

Jika lingkungan di sekitar kita terasa nyaman, maka otomatis pikiran dan tubuh akan menjadi lebih rileks.  Salah satu cara untuk bikin suasana nyaman adalah dengan menggunakan aromaterapi. Menyalakan lilin atau men-diffuse wewangian yang lembut dapat membantu kita merasa lebih rileks saat melakukan kegiatan sebelum istirahat dan pada saat beritirahat. Favorit saya sih, diffuse Lavender essential oil. Aroma Lavender dari essential oil selalu sukses bikin saya merasa lebih rileks, nyaman, dan tidurpun juga jadi lebih nyenyak.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan body lotion ataupun body oil yang memiliki aroma Lavender, Chamomile, Vanilla, atau aroma-aroma lain yang relaxing. Pijatan lembut juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga istirahat terasa lebih maksimal. Lebih maksimal lagi jika dikombinasikan dengan mandi air hangat menggunakan shower gel ataupun bath bomb dengan wangi yang menenangkan. Selain tidur lebih nyenyak, tentunya tubuh masih wangi ketika baru bangun tidur! Bangun tidur dengan aroma tubuh yang wangi jadi mood booster tersendiri untuk memulai hari.

Baca juga: 3 Body Oil Lavender untuk Bantu Tidur Nyenyak

 

Menetapkan aktivitas rutin sebelum tidur

Untuk jangka Panjang, kita bisa membuat daftar aktivitas rutin yang dilakukan sebelum tidur. Aktivitas rutin ini misalnya, mandi berendam, pakain body lotion dan body oil yang melembabkan, menata rambut sebelum tidur, melakukan skincare routine, dan lain-lain. Hindari kegiatan yang membuat semakin sulit tidur seperti bermain HP, menonton film, dan lain sebagainya.

Dengan tidur yang lebih nyenyak serta istirahat yang berkualitas, bangun tidur pun terasa lebih menyenangkan. Yuk coba cara-cara mudah di atas dan share hasilnya disini!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment