banner-detik

bath n body

6 Hal Ampuh untuk Jaga Kesehatan dan Kecantikan Saat Cuaca Panas!

seo-img-article

Apa saja sih hal yang bisa dilakukan pas cuaca panas banget kayak sekarang?

Berasa nggak sih beberapa hari ini tuh cuaca lagi panas banget. Kalau saya cek di handphone, beberapa hari lalu panasnya sekitar 33 derajat Celcius, but feels like 38. Pakai baju tanpa lengan saja cuma menolong sedikit usaha saya buat mendinginkan tubuh. AC juga tetap dinyalakan sih, tapi entah kenapa panas yang menyengat banget ini sepertinya mengalahkan segalanya. Menurut berita yang saya baca dari Detik.com, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan bahwa cuaca panas ini memang dipicu oleh beberapa faktor, salah satunya adalah posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau.

Baca juga: Trik Melindungi Kulit Saat Cuaca Panas

Jujur, walaupun sudah sering menghadapi musim kemarau di Indonesia, tapi saya merasa kali ini agak lebih ekstrem dibanding sebelum-sebelumnya. Nah, daripada harus mandi setiap 3-4 jam sekali karena menghadapi cuaca panas, akhirnya saya menemukan beberapa cara untuk meminimalisir rasa nggak nyaman selama cuaca lagi panas banget.

1. Kapanpun dan di manapun, jangan lupakan sunscreen

beda chemical dan physical sunscreen

Kalau ini sih hukumnya wajib banget. Kemarin saya sempat lari pagi jam 6 selama 45 menit saja area tangan sudah muncul cetakan belang karena jam. Kebayang kalau saya lupa menggunakan sunscreen sebelumnya, pasti warna belangnya akan lebih terlihat nyata. Namun, saat cuaca panas sekali seperti akhir-akhir ini, kita bisa mencari sunscreen yang tidak membuat kulit terasa lengket, khususnya saat digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan. Kamu bisa coba d’Alba Waterfull UV Essence Sun Cream SPF50+ PA++++ yang teksturnya ringan dan tidak bikin lengket di kulit, Jacquelle Blur Effect UV Protector : Hybrid Sunscreen SPF 50 PA++++ yang cepat meresap dan punya efek blurring tanpa menyumbat komedo, Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel yang water-based dan nggak bikin lengket, atau Wardah UV Shield Light Matte Sun Stick SPF 50 PA ++++ yang compact banget, bahkan bisa dengan mudah dibawa saat bersepeda.

Baca juga: Bikin Makeup Jadi Flawless, 3 Sunscreen Ini Keren Banget untuk Jadi Base Makeup

cuaca panas

Kalau untuk tubuh, kalian bisa cek Supergoop!’s PLAY Body Mousse SPF 50, NIVEA Sun Protect SPF 50, atau Dew It On The Go Sunscreen Mist yang punya efek cooling saat diaplikasikan ke kulit.

Ada juga beberapa tips dari Poppy soal skincare buat menghadapi cuaca panas yang bisa kalian lihat di video berikut.

2. Jangan lupa minum air!

minum air

Untungnya saat ini kita sedang tidak menjalankan puasa, jadi mengonsumsi air mineral akan jauh lebih mudah dilakukan. Konsumsi air mineral ternyata bisa membantu menurunkan suhu tubuh kita, saya menyarankan justru kita harus minum lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa yang tidak terlalu panas seperti sekarang. Kalau memang suka lupa minum air mineral, nggak ada salahnya juga untuk menyiapkan satu tumbler besar agar tidak bulak-balik ke dispenser, atau pasang reminder setiap 2-3 jam sekali.

Baca juga:  Cara Agar Kulit Lebih Sehat Saat Cuaca Panas

3. Ganti body lotion

Biasanya, saya selalu suka pakai body lotion atau body butter yang teksturnya rich. Kenapa? Karena formulanya bisa bantu kulit badan saya yang cenderung kering jadi terasa lebih lembap. Tapi belakangan karena cuaca lagi panas banget, saya malah merasa nggak nyaman setiap kali pakai body lotion andalan sehari-hari. Akhirnya, saya mengistirahatkan dulu body butter kesayangan, dan menggantinya dengan body lotion yang bertekstur lebih ringan.

cuaca panas

Kemarin baca artikel Poppy soal rekomendasi body lotion dengan sensasi sejuk, akhirnya saya pun beli Vaseline Healthy White Fresh & Fair Cooling UV Lotion yang memang gampang banget meresap dan ada sensasi mentholnya. Jadi enak banget pas dipakai di siang hari. Atau, kamu bisa juga coba Dew It Anytime Cooling Cream yang bisa bantu kasih efek instant soothing dan redakan kemerahan saat kulit kena panas sinar matahari. Nah, kalau malamnya, karena saya tidur pakai AC, jadi butuh body lotion yang lebih rich tapi nggak selengket pas pakai body butter, seperti L’Occitane Hand & Body Verbena Extra-Gentle Lotion.

4. Produk rambut dengan efek cooling dan menenangkan adalah kuncinya

SERASOFT SERUM SHAMPOO - TIPS MEMILIH SHAMPOO 5

Salah satu masalah yang saya alami pas cuaca lagi panas banget seperti sekarang adalah, kulit kepala mendadak gampang banget gatal. Nggak ketombean, tapi ya kulit kepalanya berasa gatal dan gampang perih. Kalau menurut beberapa sumber yang saya baca, hal ini disebabkan karena saat udara panas menyerang, otomatis produksi keringat juga bisa menjadi lebih banyak dari biasanya.

Ternyata, salah satu bagian tubuh yang mengeluarkan keringat paling banyak adalah kulit kepala. Jadi, saat kita berkeringat, pori-pori pada kulit kepala juga akan terbuka dan bereaksi dengan bakteri alami yang terdapat pada kulit kepala kita, dan akhirnya menimbulkan reaksi gatal-gatal yang menggangu.

Baca juga: Mengatasi Fungal Acne Saat Perubahan Cuaca

Eucalie shampoo 600

Beberapa rekomendasi produk yang cocok di kulit kepala saya adalah, Biolage Scalp Refresher yang bikin adem banget pas diaplikasikan ke kulit kepala, ERHAIR Scalperfect Anti-dandruff Shampoo untuk bantu atasi gatal-gatal di kulit kepala, Kerastase Bain Vital Dermo-calm Shampoo, dan juga Eucalie Hair Treatment Shampoo yang ternyata bisa membantu meredakan gatal-gatal dan membuat kulit kepala saya terasa lebih adem setelah keramas. Nah, kalau kalian berhijab, ada juga tips soal cara merawat rambut berhijab saat cuaca panas yang pernah ditulis FD beberapa waktu lalu.

5. Pilih moisturizer yang tepat

pelembap buat kulit berminyak

Karena udara panas juga bisa memicu produksi keringat berlebih, maka nggak ada salahnya untuk mengatur penggunaan moisturizer kalian. Kalau cara saya, di siang hari pelembap yang saya gunakan biasanya yang bertekstur gel/lebih light dan punya kemampuan menenangkan kulit supaya nggak gampang merah-merah. Soalnya, kalau pakai pelembap yang terlalu rich di siang hari, kemungkinan jerawat muncul di wajah saya semakin besar, sekaligus nggak nyaman juga sih sama rasa lengket karena cuaca panas.

Sementara itu, saya akan menggunakan pelembap yang lebih rich di malam hari untuk memastikan kulit nggak jadi kering karena paparan AC yang intens selama saya tidur. Kalau kamu butuh meredakan kemerahan pada kulit wajah karena kepanasan, coba cek Mamonde Blue Chamomile Soothing Repair Cream, Klairs Midnight Blue Calming Cream, atau Somethinc Calm Down! Skinpair R-Cover Ampoule.

Baca juga: Alternatif Pelembap Pas Cuaca Lagi Panas

6. Gunakan air mawar atau bi-phase mist

FACE MIST

Aplikasi face mist yang botolnya disimpan di dalam lemari es bisa jadi salah satu penyelamat kita untuk mengatasi cuaca yang lagi panas banget kayak sekarang. Biasanya, kalau kita hanya menggunakan air saja sebagai face mist, wajah bisa menjadi lebih gampang kering karena basically kulit kita itu memiliki sifat water-hating. Salah satu kandungan yang baik untuk melembapkan sekaligus bisa bantu menyegarkan dan mudah dicari adalah air mawar yang memang sudah diteliti bisa memberikan kelembapan dengan baik untuk kulit kita.

Sebenarnya, tanpa perlu repot memindahkan air mawar ke dalam botol spray juga sudah cukup banyak brand yang mengeluarkan face mist dengan kandungan rose water. Pilihannya ada Everpure Rose Water Face Mist, Haple Pure Rose Water, atau kamu bisa memindahkan Mamonde Rose Water Toner ke dalam botol spray kecil untuk bisa dibawa ke mana-mana.

Lebih suka sama face mist yang formulanya bi-phase? Coba cek 5 face mist andalan Poppy yang bisa bantu menghalau kulit kering dalam sekejap.

Nah, itu dia beberapa trik yang saya lakukan buat menghadapi cuaca yang lagi panas banget akhir-akhir ini. Selain 5 trik di atas, saya juga biasanya mengurangi konsumsi daging yang gampang membuat tubuh terasa lebih panas saat dimakan, dan menambahkan porsi sayur serta buah. Kalau kalian ada trik lain yang jadi andalan pas cuaca lagi panas nggak?

 

Image: Dok. brand, Dok. Female Daily, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment