Trik Saya Melindungi Kulit Saat Cuaca Panas

Sepertinya, semua kota di Indonesia sedang mengalami cuaca panas. Dan suhu udara yang tinggi ini berdampak banget pada kulit kita lho!

Berapa suhu udara di kotamu? Di kota saya, Jogja, saat ini mencapai 38 derajat celcius. Di rumah orang tua saya di Solo, bahkan kemarin mencapai 42 derajat celcius lho! Dan di cuaca sepanas ini, memang disarankan untuk menghindari kegiatan di luar ruangan, karena bisa berbahaya bagi tubuh.

Cuaca panas yang ekstrem ini juga berpengaruh terhadap kulit saya yang memang memiliki kondisi dermatitis atopik. Buat yang kulitnya normal, saya yakin, sedikit banyak juga terdampak oleh cuaca panas ini. Kulit saya jadi lebih kering dan lecet dimana-mana. Perih sekali, apalagi kalau kena keringat. Area wajah juga terlihat mengelupas di beberapa area seperti cuping hidung dan garis rahang.

skincare cuaca panas - arum (3)

Agar kulit tetap sehat dan terhidrasi di cuaca panas ini, ini yang saya lakukan:

1. Banyak minum air putih

Cuaca yang panas akan membuat kita gampang dehidrasi. Jadi banyak-banyak minum air putih sangat dianjurkan. Selain agar badan tetap fit dan nggak kehausan, juga agar kulit tetap sehat. Asupan hidrasi dari dalam ini penting sekali lho, sama pentingnya dengan mengoleskan skincare untuk menghidrasi kulit. Selain itu, coba untuk mengurangi konsumsi kopi dan memperbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air.

Baca juga: Minum Es Kopi Susu Setiap Hari, Apa Dampaknya Bagi Kulit?

 skincare cuaca panas - arum (4)

2. Fokuskan skincare pada hidrasi

Saya sendiri, saat cuaca panas ini, mengurangi pemakaian skincare dengan kandungan exfoliant atau actives yang beresiko mengiritasi. Karena di saat cuaca seperti ini, kulit saya memang jauh lebih sensitif dari biasanya. Saya lebih memilih fokus kepada produk-produk yang menghidrasi kulit. Toner dan serum dengan kandungan centella asiatica, hyaluronic acid, glycerin, dan kandungan-kandungan yang bersifat humectant lainnya, akan sangat membantu menghidrasi kulit.

Pilihan moisturiser pun biasanya saya ganti yang lebih ringan. Tetap harus terasa oclusive, namun saya memilih tekstur krim yang lebih ringan, agar nyaman dipakai di tengah cuaca yang sangat panas ini.

Oh iya, saat-saat seperti ini, selalu sisipkan face mist juga di tas tanganmu, agar bisa digunakan dimana saja dan kapan saja saat dibutuhkan. Pilih face mist yang mengandung aloe vera, yang mampu menenangkan dan menghidrasi kulit.

Baca juga: 3 Rekomendasi Face Mist Lokal Terbaru

 skincare cuaca panas - arum (1)

3. Tambahkan vitamin C dan jangan lupakan sunscreen

Hanya satu bahan aktif skincare yang saya wajibkan pakai di kulit saya saat cuaca panas, yaitu vitamin C. Vitamin C mengandung antioksidan yang sangat tinggi, dan sangat berguna untuk mencegah hiperpigmentasi. Vitamin C juga akan memperkuat kerja sunscreen dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Cuma perhatikan konsentrasinya ya. Sebaiknya pilih produk yang mild, agar tidak mengiritasi kulit. Dan tekstur produknya juga pilih yang ringan dan mudah diserap oleh kulit.

Dan sunscreen juga harus jadi produk wajib yang nggak boleh di-skip ya! Justru saat panas seperti ini, bahaya sekali bila sampai skip memakai sunscreen. Sekarang udah banyak banget kok produk sunscreen yang ringan, cepat meresap, dan nyaman di kulit. Untuk rekomendasinya bisa klik di sini dan di sini.

Baca juga: Tips Pakai Sunscreen Agar Nyaman

4. Hindari mandi dengan air hangat

Iya, saya tahu kalau di suhu udara yang panas, orang pasti lebih memilih mandi dengan air dingin. Tapi barangkali ada yang punya kebiasaan berendam air hangat atau mandi di malam hari dengan air hangat, sebaiknya dihindari dulu ya. Mandi air hangat akan menghilangkan kelembapan alami kulit dan membuat kulit semakin kering. Kalau bisa sih, ganti jadwal mandi malammu dengan mandi di sore hari, dengan air dingin saja.

Baca juga: Aturan Mandi Untuk Pemilik Kulit Kering Sensitif

 

Semoga kulit kita tetap sehat dan terlindungi di tengah cuaca yang panas ini ya!