3 Rekomendasi Sunscreen yang Nyaman Di Kulit

Siapa bilang sih, sunscreen itu bikin lengket, gerah, dan nggak nyaman? Saya ada rekomendasi tiga sunscreen yang formulanya nyaman, bahkan untuk kulit berminyak sekalipun.

Kayaknya udah nggak perlu dijelaskan lagi deh, mengenai pentingnya sunscreen dalam skincare step. Kalau disuruh milih super minimal face skincare, saya akan memilih cleanser dan sunscreen saja. Bukan berarti yang lain nggak penting, tapi memang buat saya, sunscreen dan cleanser adalah yang terpenting.

Tapi memang masih banyak yang skip pemakaian sunscreen, dengan alasan nggak tahan sama tekstur sunscreen yang lengket dan bikin kulit jadi berminyak. Hmm..padahal sudah banyak banget lho, produk-produk sunscreen yang teksturnya nyaman, bahkan untuk kulit berminyak sekalipun. Saya pernah menuliskan empat drugstore sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak.

Kali ini, saya akan merekomendasikan tiga sunscreen lagi, yang juga nyaman di kulit. Sunscreen yang saya rekomendasikan ini, juga sangat nyaman dipakai oleh yang memiliki jenis kulit berminyak. Jangan khawatir, semua yang saya mention di sini harganya terjangkau kok, nggak ada yang di atas 250 ribu rupiah.

sunscreen (3)

L’Oreal UV Perfect Super Aqua Essence

Sunscreen dari L’Oreal yang sedang banyak direkomendasikan oleh beauty influencer adalah L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh atau yang botolnya warna hijau. Tapi saya pribadi jauh lebih suka yang Super Aqua Essence ini. L’Oreal Matte & Fresh sebenarnya punya tekstur yang cukup ringan dan nyaman, namun sayangnya pilling atau mengelupas seperti daki kalau ditumpuk dengan makeup. Sementara yang Super Aqua Essence ini enggak.

Sunscreen ini punya SPF 50/ PA ++++, proteksi yang lumayan tinggi untuk pemakaian harian. Saya pernah tes pemakaian di pantai dengan sunscreen ini, dan wajah serta leher saya nggak kebakar. Namun walau proteksinya mantap, formulanya tetap nyaman di kulit. Teksturnya light lotion, mudah diratakan dan mudah menyerap ke kulit. Setelah diaplikasikan, sunscreen ini meninggalkan layer kelembapan di kulit, tapi nggak ada rasa lengket sama sekali. Dipakai under makeup juga enak.

Kemasannya sleek dan simpel, mudah dibawa kemana-mana untuk reaply secara berkala. Harganya Rp.110.000, yang menurut saya sesuai dengan kualitasnya. Dan kelebihannya lagi, produk ini mudah ditemukan di mana saja. Sepertinya semua toko kosmetik, departement store, maupun drugstore ada deh konter L’Oreal.

 

Wardah Sunscreen Gel

Sunscreen kedua yang saya rekomendasikan adalah sunscreen dari Wardah, brand lokal yang sedang naik daun banget. Selain harganya terjangkau, cuma Rp.30.000 saja, produk ini juga mudah ditemukan di mana saja. Lebih gampang cari Wardah Sunscreen Gel ini bahkan, dari pada cari sunscreen L’Oreal.

Sunscreen ini sesuai namanya, punya tekstur lotion yang sangat ringan hampir seperti gel. Ada rasa adem dan nyaman saat dipakai. SPF-nya 30, menurut saya cukup sih untuk pemakaian sehari-hari, dengan aktivitas yang tidak terlalu banyak berada di luar ruangan.

Kekurangan sunscreen ini masih ada sedikit whitecast, dan terkadang sedikit membuat warna kulit wajah kusam (oxidise) setelah pemakaian lama. Tapi sunscreen ini nggak selalu oxidise kok. Sepertinya tergantung sunscren ini dikombinasikan dengan produk apa, dan bagaimana kondisi kulit kita saat pemakaian. Tapi buat saya sih nggak masalah. Sejauh ini saya hanya pakai Wardah Sunscreen Gel ini untuk pemakaian bila sedang di rumah saja.

 

Votre Peau Facial Sun Shield

Nah, lagi-lagi dari brand lokal. Votre Peau Facial Sun Shield adalah sunscreen yang sudah sekitar tiga mingguan ini saya pakai. Formulanya adalah yang paling nyaman di antara ketiga sunscreen yang saya mention di sini. Teksturnya cenderung creamy, namun ringan dan mudah sekali membaur di kulit wajah tanpa menyisakan residu apapun. Bahkan kalau dibandingkan L’Oreal, Votre Peau ini lebih ringan dan lebih nggak lengket lagi, namun masih ada efek lembap di kulit wajah. SPF 50-nya juga menurut saya memberikan proteksi yang baik untuk pemakaian harian. Hanya saja, saya belum coba untuk aktivitas ekstrim seperti berenang atau main di pantai.

Kekurangannya menurut saya adalah Votre Peau saat ini masih harus dibeli secara online, belum bisa ditemukan di supermarket atau drugstore terdekat. Dan harganya juga relatif tinggi untuk ukuran sunscreen lokal, yaitu Rp.220.000. Tapi menurut saya sih, harganya sebanding kok dengan kualitasnya.

Tertarik mencoba salah satunya?