banner-detik

uncategorized

6 Tips Aman untuk Bersepeda Pas Long Weekend

seo-img-article

Long weekend ini nggak ada rencana keluar kota? Kalian bisa menghabiskan waktu dengan bersepeda supaya tetap sehat dan aman dengan trik berikut!

Pas awal pandemi tahun lalu, penjualan sepeda memang mengalami peningkatan yang sangat luar biasa. Yang tadinya cuma orang dengan hobi bersepeda saja yang suka keluar pagi-pagi, sekarang malah jadi semakin banyak yang mencintai olahraga satu ini. Tapi, seiring dengan makin banyaknya orang yang suka bersepeda, pasti hal ini perlu diimbagi juga dengan peningkatan kesadaran dan pemahaman kita semua akan keselamatan diri saat bersepeda di jalanan. Supaya nggak mengalami hal yang tidak diinginkan, ada beberapa trik nih yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Starter Kit Saat Bersepeda

1. Periksa kelengkapan sepeda

Close up of Bicycle gears

Ini jadi salah satu hal penting yang nggak boleh kalian lupakan. Pastikan sepeda dalam kondisi yang baik dengan cara memeriksa seluruh kondisi fisiknya, seperti seluruh rem, ban, dan rantai sepeda untuk menghindari insiden tak terduga.

2. Pemanasan

Olahraga Berlebihan Bisa Bikin Penuaan Dini

Walaupun bersepeda bukanlah olahraga cardio yang high impact, tapi pemanasan tetap harus dilakukan ya. Stretching dan warming up bisa menjadikan otot-otot pada tubuh kita menjadi lebih siap untuk berolahrada dan tentunya menghindari cedera saat mengayuh sepeda, seperti kram, cedera otot, cedera persendian, hingga otot robek.

3. Ikuti protokol kesehatan

masker karbon

Sesuai dengan arahan pemerintah, menggunakan masker sangat dianjurkan pada saat berkegiatan olahraga, di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Kalau kamu bingung cari masker yang enak buat berolahraga, bisa juga cek Nexcare Carbon Mask dari 3M yang juga pas buat dipakai pengendara sepeda di luar ruangan. Masker ini juga dilengkapi dengan filter karbon aktif yang akan membantu melindungi kita dari partikel besar, debu, dan bau tak sedap dari emisi gas buang kendaraan bermotor. Pastikan juga untuk tetap menjaga jarak aman dari orang lain dan jangan lupa untuk membawa botol kecil hand-sanitizer juga! Psst… ada juga nih rekomendasi hand sanitizer yang nggak bikin tanganmu kering.

Baca juga: 6 Hand Cream yang Nggak Lengket!

4. Pakaian yang nyaman

Nggak perlu pakai jersey khusus dan bicycle pants kok kalau kamu mau bersepeda, yang penting pakaiannya nyaman dan nggak menggangu pergerakan kamu saat mengendarai sepeda. Ada baiknya juga untuk menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, khususnya kalau kamu bersepeda di tengah cuaca terik untuk menghindari masuk angin setelahnya. Tambahan lapisan pakaian juga bisa digunakan untuk menurunkan atau meningkatkan suhu tubuh dengan cepat, apalagi di tengah cuaca yang sering berubah cepat akhir-akhir ini.

bersepeda dengan aman

Kalau kamu mau bersepeda di malam hari, pastikan pakaian kamu juga dapat tetap terlihat oleh pengguna jalan lainnya. Salah satu pilihannya adalah dengan memakai pakaian atau sepatu yang memiliki bahan reflektif. Contohnya ada beberapa merek pakaian olahraga populer yang memadukan Scotchlite Reflective Material dari 3M dengan produk mereka. Hal ini membantu mempermudah orang lain melihat keberadaan kita dalam kondisi cahaya redup saat disinari oleh sumber cahaya lain.

5. Identitas diri

Jangan sampai lupa bawa KTP atau identitas diri lainnya dan juga identifikasi kalau memang kalian punya kondisi kesehatan yang perlu perhatian khusus. Ini juga akan mempermudah orang saat ingin membantu kalian apabila terjadi kecelakaan. Nggak perlu membawa dompet yang tebal, karena pastinya ini bakal memengaruhi pergerakan kalian saat bersepeda, sehingga menjadi kurang nyaman. Atau kalau kalian tetap ingin membawa dompet dengan utuh, gunakan frame atau saddle bag pada sepeda, ya.

Baca juga: Sunscreen Murah Meriah yang Enak Dipakai Sepedahan

6. Jaga stamina

SARAPAN SEHAT - OVERNIGHT OATS

Saat melakukan pemberhentian, jangan makan terlalu berat. Pilih saja camilan ringan yang sehat, atau energy bars untuk mempertahankan stamina kalian. Pastikan juga jangan sampai kekurangan minum untuk mencegah dehidrasi saat bersepeda.

 

Nah, masih maju mundur buat buat beli sepeda dan join sama sobat gowes lainnya? Cek deh beberapa manfaat bersepeda buat perempuan maupun laki-laki dengan lebih detail ini, siapa tahu kamu jadi makin pingin buat sepedaan biar lebih sehat.

 

Images: Dok. 3M, Freepik, dok. Female Daily.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment