banner-detik

skin care

5 Sunscreen Murah Meriah Buat Cegah Penuaan Dini Akibat Sinar UV

seo-img-article

FIRST LAB SUNSCREEN

Siapa bilang tanda-tanda penuaan di kulit cuma bisa muncul di usia senja? Jangan remehkan penuaan dini akibat sinar UV yang bisa muncul kapan saja. , bahkan sejak usia akhir 20-an dan awal 30-an.

Walaupun edukasi soal efek buruk sinar UV sudah sering banget digaungkan, tapi masih banyak juga orang malas pakai sunscreen karena lengket, mahal dan bikin nggak nyaman. Hey, jaman sekarang sunscreen murah meriah juga banyak yang kualitasnya bagus dan ampuh buat mencegah penuaan dini akibat sinar UV, lho.

Nah, penuaan dini akibat paparan sinar UV ini disebut juga sebagai fenomena photoaging, yakni penuaan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV A dan UV B dalam jangka panjang dan berulang. Tanda-tanda yang muncul dari photoaging ini bisa berupa munculnya garis halus, kerutan, dark spots, bahkan hilangnya pigmen pada beberapa spot di kulit. Sinar UV mampu melakukan penetrasi jauh ke dalam kulit dan merusak sel-sel kulit serta kolagen dan elastin.

cara pakai sunscreen

Hati-hati jika kamu salah satu yang sering beraktivitas outdoor di siang hari, dan tidak mendapatkan perlindungan yang mumpuni terhadap sinar matahari, seperti topi atau pakaian yang mampu menutupi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Kamu berpotensi besar mengalami photooaging, lho.

Masalah photoaging ini sudah sering banget dibahas di banyak artikel yang sudah terbit sebelumnya. Lagi-lagi, cara pencegahan yang terbaik terhadap penuaan dini adalah dengan menggunakan sunscreen. Barangkali kamu udah bosen disuruh pakai sunscreen melulu. Namun, daripada menyesal kemudian, nggak ada salahnya kan untuk melindungi kulit sedini mungkin dari efek buruk sinar UV ini.

Baca juga: Polusi Juga Menyebabkan Penuaan Dini?

Nggak perlu langsung lompat ke skincare anti-aging atau sunscreen fancy yang mahal, kok. Dengan kurang dari 100 ribu saja, kamu udah bisa mencegah tanda-tanda photoaging dengan sunscreen murah meriah ini.

1. Skin Aqua UV

rekomendasi sunscreen

Skin Aqua adalah salah satu sunscreen drugstore yang paling banyak peminatnya. Gimana enggak? Harganya super-duper terjangkau dan punya banyak varian, lagi! Tiap-tiap varian memiliki formulasi yang berbeda-beda. Jadi, kamu bisa pilih varian yang paling sesuai  dengan jenis kulitmu. Tersedia dalam 4 varian: Skin Aqua UV Moisture Milk dengan SPF 50 SPF untuk proteksi maksimal; Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30, yang cocok untuk kulit berminyak; Skin Aqua UV Whitening Milk SPF 20 untuk mencerahkan dan Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 untuk kulit sensitif. Hargana kisaran Rp 50.000-an – Rp 65.000.

2. NIVEA Sun Protect & White Sun Serum

NIVEA Sun Face Serum

Sunscreen ini termasuk produk suncreen yang dapat banyak review positif di FD apps, lho. Padahal harga berkisar Rp 40.000 hingga 50.000-an aja! Artinya, walaupun harganya murah, tapi sunscreen ini kualitasnya nggak murahan. Nivea Sun Serum terdiri dari dua varian, Instant Aura untuk tampilan kulit yang lebih cerah dan varian Oil Control yang dapat mengurangi minyak berlebih, juga cocok sebagai base makeup dan bikin makeup lebih tahan lama. 

3. L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh

LOREAL SUNSCREEN

Sunscreen dari L’Oreal ini sebenarnya punya banyak varian, ada varian Aqua Essence kalau kamu prefer sunscreen murah meriah dalam tekstur gel, Instant White yang bakal kasih efek tone-up kulitmu, Anti-Dullness dan varian Transparant. Harga tiap-tiap  variannya pun berbeda. Namun, yang paling populer dan terjangkau adalah varian Matte & Fresh. Varian yang satu ini cocok untuk kamu yang kulitnya oily, karena nggak bikin lengket dan nyaman dipakai seharian. Harganya Rp 99.000, namun sunscreen ini sering diskon lho di berbagai drugstore kesayangan, sehingga kamu bisa dapetin suncreen ini dengan harga lebih murah lagi.

Baca juga: Pilihan Sunscreen Korea yang Anti Lengket

4. Emina Sun Protection SPF 30 PA+++

10 SKINCARE YANG HARGANYA 20 RIBUAN - EMINA SUN PROTECTION SPF 30 PA+++

Sunscreen dari Emina ini nggak cuma cocok buat kalangan remaja, kok. Siapapun bakalan cocok dengan sunscreen murah meriah yang satu ini, karena teksturnya yang ringan seperti lotion serta melembapkan kulit. Harganya sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 29.000 saja, kok!

5. Wardah Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

WARDAH SUN CARE SUNSCREEN GEL SPF 30

Masih dari brand naungan PT Paragon, pionir brand kosmetik halal di Indonesia ini juga punya sunscreen yang harganya ramah di kantong. Dari tingkat SPF dan PA nya, produk ini terlihat sama dengan sunscreen dari sister brand-nya, Emina. Keduanya juga sama-sama diformulasikan dengan Aloe Vera yang menghidrasi kulit, serta tekstur yang bisa dibilang mirip. Soal harga, nggak jauh beda, pula. Sunscreen ini bisa didapat dengan harga kisaran Rp 30.000-an.

Mencegah penuaan dini ternyata nggak perlu mahal, kan? Kuncinya hanyalah perlindungan optimal dari sinar matahari. Namun, pastikan tetap disiplin pakai sunscreen setiap hari, sekalipun sedang nggak beraktivitas di luar ruangan, ya.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment