banner-detik

beauty

Baru Pasang tapi Nggak Tahan Lama? Ini 5 Hal yang Bikin Eyelash Extension Cepat Rontok!

seo-img-article

Suka bingung kenapa eyelash extension kamu nggak bertahan lama? Simak artikel ini sampai selesai!

Eyelash extension masih jadi pilihan favorit banyak beauty enthusiast yang ingin tampilan bulu mata lentik tanpa harus repot memakai dan menghapus maskara atau bulu mata palsu. Apakah kamu salah satunya? Biasanya, eyelash extension bisa bertahan hingga satu bulan setelah dipasang. Namun, banyak eyelash extension yang nggak bisa bertahan lama dan berguguran dalam waktu sekitar dua minggu saja. Itu banyak faktor penyebabnya, lho! Simak di bawah ini, yuk!

Menggunakan pembersih wajah oil-based

eyelash extension

Ketika kamu pakai eyelash extension, area matamu dilarang terkena pembersih wajah yang berbasis minyak, misalnya cleansing oil, cleansing balm, atau bi-phase micellar water. Itu karena minyak bisa membuat helaian bulu mata extension jadi cepat copot. Makanya, kamu harus pakai pembersih wajah tanpa minyak, seperti micellar water atau cleansing water biasa. Kalau kamu menggunakan makeup mata, bersihkan sisa eyeshadow dan eyeliner dengan cotton bud yang sudah diberi micellar water, lalu bersihkan secara lembut. Jadi, jangan menggosoknya dengan kapas apalagi pakai pembersih dengan bahan minyak!

Baca juga: 5 Skincare Bi-phase yang Bisa Menyulap Kulit Dehidrasi Jadi Lembap dan Dewy!

Bulu mata asli tidak kuat

Kondisi bulu mata yang tipis dan tidak kuat bisa membuat bulu mata extension jadi cepat rontok. Jadi, kamu bisa merawat kesehatan bulu mata asli kamu dengan selalu mengaplikasian eyelash serum. Gunakan setiap pagi dan malam hari, untuk membantu menguatkan akar-akar bulu mata. Tenang saja, eyelash serum aman kok dipakai ketika kamu sedang menggunakan eyelash extension.

Baca juga: 5 Maskara Lokal Favorit FD Member Ini Bisa Sekaligus Merawat Bulu Mata!

Pakai extension terlalu tebal

eyelash extension

Banyak orang menginginkan eyelash extension yang tampak tebal dan dramatis, tanpa memerhatikan kondisi bulu mata aslinya. Padahal, kita harus menyesuaikan jenis extension dengan ketebalan dan ukuran bulu mata asli. Jika bulu mata asli kita tipis dan kita pakai extension yang terlalu tebal, maka bulu mata asli kita akan terbebani. Akhirnya, baik bulu mata asli dan extension jadi cepat rontok. Inginnya sih tahan sampai sebulan, tapi kalau begini, satu minggu saja bulu matamu bisa botak! Lagi pula, pakai eyelash extension yang terlihat wispy dan lentik natural akan lebih cantik, lho!

Baca juga: Kunci Bulu Mata Lebih Sehat dan Tebal, 5 Serum Bulu Mata Ini Wajib Dicoba!

Sering menggosok mata

eyelash extension

Untuk menjaga eyelash extension tetap awet, jangan sering mengucek mata atau menggosok mata dengan tangan ya! Kalau matamu sering terasa gatal selama pemakaian eyelash extension, artinya kualitas eyelash extension kamu yang kurang bagus, atau kamu tidak cocok dengan lem yang dipakai oleh salonnya. Next time, pilih beauty bar atau salon terpercaya yang bahan bulu matanya lembut, lemnya juga nggak bikin iritasi. Jangan hanya tergiur harga murah!

Baca juga: 3 Rekomendasi Maskara Volumizing untuk Tampilan Bulu Mata Lebih Tebal dan Lentik!

Tidur dengan posisi miring

eyelash extension

Biasakan lebih sering tidur dengan posisi telentang. Selain baik untuk pernapasan dan baik untuk kulit karena mencegah gesekan yang mengakibatkan keriput, tidur telentang juga mencegah bulu mata extension kamu cepat rontok. Kalau kamu tidur dengan posisi miring kanan atau miring kiri terus-menerus, biasanya eyelash extension akan tertekan atau tergesek bantal, sehingga jadi cepat berguguran.

Baca juga:  4 Rekomendasi Tempat Lash Extension yang Bagus di Pondok Indah!

Nah, itu dia 5 penyebab eyelash extension yang kamu pasang tidak bertahan lama. Memakai extension bulu mata memang bikin ritual makeup kamu jadi lebih praktis karena wajahmu terlihat lebih segar walau tanpa makeup berlebihan, tapi tentu butuh kehati-hatian dalam memeliharanya. Sayang kan, kalau kamu sudah mengeluarkan uang tapi hanya bertahan 1-2 minggu saja?

Ingat juga untuk memberi jeda ya! Sebaiknya, hindari memakainya terus-menerus setiap bulan, supaya bulu mata asli kamu nggak keberatan dan jadi lemah. Bulu mata butuh istirahat juga, lho!

 

Image: Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment