banner-detik

beauty school

Intip Fakta tentang Tengkawang! Tumbuhan asal Kalimantan yang Bikin Tampilan Awet Muda!

seo-img-article

Negara Indonesia memang kaya akan bahan-bahan alam yang bermanfaat, salah satunya tengkawang, tumbuhan yang bagus untuk kulit dan mampu membuat tampilanmu awet muda!

Sebelumnya, FD pernah membahas tentang buah merah yang berasal dari Papua, yang manfaatnya bagus untuk kesehatan kulit. Ternyata, Kalimantan juga punya tumbuhan yang bisa diandalkan untuk merawat kulit, lho. Yup, namanya adalah tengkawang! Menariknya, tumbuhan ini digadang-gadang bisa melembapkan kulit dan menjaga tampilan kulit supaya tampak awet muda. Penasaran kan, dengan tumbuhan yang satu ini? Simak artikelnya, ya!

Baca juga: Tampil Bak Putri Kerajaan, Intip Penampilan BLACKPINK di Buckingham Palace!

Tengkawang merupakan tanaman asli Kalimantan

tengkawang untuk kulit awet muda

Yes, tumbuhan ini bersal dari Kalimantan, tepatnya banyak tumbuh di hutan di Kalimantan Barat. Nah, tengkawang ini juga seringkali dikenal dengan sebutan meranti merah. Namun, warga setempat biasanya menyebut tumbuhan ini sebagai tengkawang tungkul. Oh iya, biasanya bunga tengkawang ini diolah dengan cara dikeringkan, kemudian ditumbuk dan diperas untuk menghasilkan mentega illipe. Illipe butter yang dihasilkan ini akan dimanfaatkan untuk bahan makanan, bahan baku lililn, sabun, dan lain-lain, serta untuk pengobatan herbal.

Bermanfaat untuk kulit

Nggak hanya bermanfaat untuk pengobatan dan bahan makanan, ternyata tengkawang juga punya manfaat untuk kesehatan kulit dan kerap dijadikan ingredients skincare, lho. Kira-kira, apa saja manfaatnya untuk kulit, ya?

Sebelum saya spill apa manfaatnya untuk kulit, saya mau kasih tahu kalau tengkawang yang diolah menjadi minyak tengkawang ini mengandung stearic acid dan oleic acid. Nah, stearic acid sendiri bermanfaat untuk melembapkan kulit dan menjaga elastisitas kulit. Alhasil, bisa berpengaruh pada penampilan kulit yang lebih kenyal, glowing, dan awet muda. Selain itu, oleic acid yang terdapat pada tengkawang juga bisa bantu memperbaiki tekstur kulitmu, lho. Kemampuan melembapkan kulitnya juga optimal, serta nyaman dipakai di kulit karena mudah menyerap.

Baca juga: Rekomendasi 2 Cleansing Balm Pemenang Female Daily Best of Beauty Awards yang Ampuh Bersihkan Sisa Riasan!

Punya makna yang berarti bagi masyarakat suku Dayak

Bukan sekadar tumbuhan yang dijadikan bahan baku untuk skincare, ternyata tumbuhan tengkawang ini punya makna bagi masyarakat Kalimantan. Bagi masyarakat suku Dayak yang berada di Kalimantan Barat, tumbuhan tengkawang ini dianggap sebagai pohon kehidupan. Hal ini dikarenakan tengkawang merupakan tumbuhan yang punya banyak manfaat dan diwariskan oleh nenek moyang suku Dayak. Pohon ini juga akan diwariskan terus menerus untuk anak cucu, karena dinilai sangat serbaguna dan akan bermanfaat sampai ke depannya. Menariknya lagi, demi menjaga kelestarian tumbuhan ini, masyarakat Dayak akan membuat gubuk khusus untuk mengeringkan tengkawang.

Baca juga: Skincare Lokal Baru dengan Formulasi Korea, Ini 4 Produk Keev Care yang Layak Dicoba!

Yes, itu dia fakta menarik tentang tengkawang, tumbuhan yang digadang-gadang bagus untuk bikin tampilan kulit awet muda. Gimana nih, kamu tertarik mencoba skincare dengan kandungan tersebut, nggak? Comment di bawah, ya!

 

Image: Dok. Wikipedia

Slow Down

Please wait a moment to post another comment