banner-detik

skin care

Ikuti 6 Tips Ini Supaya Kulit Area Mata Awet Muda dan Nggak Gampang Keriput!

seo-img-article

Kulit sekitar mata, di sebagian orang masih menjadi area yang masih sering luput dari perhatian. Selagi masih awal tahun, saatnya mengubah hal tersebut! Mulai sekarang, kamu bisa lakukan kebiasaan-kebiasaan baik supaya area kulit mata awet muda, lebih youthful, dan segar!

Tahu kan, kalau kulit area mata adalah salah satu bagian kulit yang paling mudah menunjukkan tanda-tanda penuaan? Sama seperti punggung tangan dan leher, bagian kulit mata ini mudah berkerut dan keriput dibanding area kulit lainnya.

Kalau kamu skip merawat kulit area mata, kamu bisa terlihat letih, kuyu, bahkan tampak lebih tua dari usiamu, karena garis-garis halus dan kerutan jadi lebih gampang terbentuk, eye bags dan dark circles juga bisa lebih terlihat. Usia kita memang secara natural bertambah terus, tapi aging signs bisa kok diperlambat kedatangannya. Sebenarnya, nggak sulit menjaga kulit area mata tetap segar dan awet muda, cukup dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini secara rutin dan konsisten. Simak, yuk!

Aplikasikan eye cream sejak dini

pakai eye cream sejak dini agar kulit area mata awet muda

Banyak yang menganggap kalau eye cream itu baru diperlukan setelah berusia di atas 30-an. Padahal, kamu sebaiknya menggunakannya sejak masih usia 20-an, supaya masih mendapat efek pencegahannya. Kalau sudah di atas 30, biasanya fine lines dan wrinkles sudah terlanjur muncul, sehingga tentu butuh upaya dan waktu ekstra untuk menguranginya.

Kalau kulitmu berminyak atau kombinasi, kamu bisa pilih eye cream yang teksturnya lebih ringan seperti gel-cream, namun kalau kulitmu kering atau sudah di atas 30-an, sebaiknya pilih yang lebih rich dan creamy supaya lebih bisa mengunci kelembapan.

eye cream skintific agar kulit area mata awet muda

Eye cream dengan kandungan Ceramide bagus untuk menjaga kulit area mata yang sensitif agar lebih kuat dan terjaga skin barrier-nya. Sementara, eye cream dengan Peptide dan retinol bisa menjadi opsi untuk mengencangkan kulit dan mengurangi kerutan. Kalau kamu punya permasalahan dark circles atau area bawah mata yang menggelap, pilih eye cream dengan kandungan pencerah seperti Niacinamide atau vitamin C. Eye cream dengan kandungan kafein juga bisa membantu kulit area mata jadi lebih cerah dan kencang.

Baca juga: Gimana Langkah-Langkah Pakai Eye Cream yang Tepat?

Gunakan eye serum yang memperlambat tanda penuaan

Selain eye cream, produk eye treatment lainnya yang bisa kamu gunakan adalah eye serum. Tekstur eye serum lebih ringan, lebih cepat meresap, dan konsentrasi bahan aktifnya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan eye cream. Jadi, pas nih buat kamu yang suka dengan tekstur skincare yang cair namun targeted! Tapi, bila dibandingkan dengan eye cream, biasanya eye cream terasa lebih hydrating.

Jadi, kamu bisa pilih sesuai kebutuhan masing-masing ya. Bisa pilih salah satunya saja, eye cream atau eye serum. Bisa juga menggunakan keduanya sekaligus, dengan urutan eye serum terlebih dahulu. Tepuk-tepuk produk eye treatment pilihanmu menggunakan jari manis, atau gunakan aplikatornya dengan gerakan memutar di sekitar mata, tanpa menekannya terlalu keras.

Baca juga: Agar Kulit Selalu Glowing dan Sehat, Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Tahun 2023!

Rutin relaksasi dengan eye mask

Selain produk eye cream dan eye serum, ada juga eye mask! Eye mask ini bisa jadi treatment tambahan, ketika area mata sedang letih dan bengkak, ketika kamu membutuhkan kesegaran instan, atau ketika kamu sedang pampering menggunakan masker wajah juga. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu, supaya kulit area matamu lebih kenyal dan terhidrasi! Biar kasih cooling effect yang lebih fresh, kamu bisa menyimpan eye mask di kulkas terlebih dahulu sebelum digunakan.

pakai eye mask agar kulit area mata awet muda

Baca juga: Jaga Kekuatan Kulit Sekitar Mata, Ini 5 Eye Cream dengan Kandungan Ceramide yang Bisa Kamu Coba!

Kurangi atau hindari rokok

Bagi sebagian di antara kamu, mungkin ini bukan hal yang mudah. Tapi, dengan tekad yang kuat, biasanya bisa terwujud, kok! Merokok jelas memberikan efek buruk pada kulit, apalagi di area sekitar mata. Sebab, saat menghisap rokok, area kulit wajahmu aktif bergerak, sehingga mudah mencetak kerutan pada kulit, terutama sekitar mata dan mulut. Racun dan asap rokok juga bisa merusak kolagen dan elastin, padahal kedua komponen itu sangat dibutuhkan kulit untuk membuat kulit tetap kencang dan supple.

Jadi, selain mengaplikasikan produk-produk skincare secara rutin, kebiasaan buruk merokok memang harus dihindari. Plusnya, kalau kamu mengurangi atau berhenti merokok, yang berterima kasih bukan hanya kulitmu saja, tapi juga paru-paru, jantung, dan organ tubuh lainnya.

Baca juga: Ini 4 Eye Cream dengan Kandungan Retinol untuk Bikin Tampilan Area Mata Lebih Muda

Tidur yang cukup di malam hari

tidur cukup supaya kulit area mata awet muda

Siapa yang rutin pakai skincare tapi masih sering begadang atau tidur larut malam? Yuk, ubah kebiasaan buruk ini! Kamu nggak akan mendapatkan hasil yang optimal dalam perawatan kulit kalau masih tidur malam 3-5 jam saja. Tidur cukup sangat esensial bagi kesehatan tubuh dan kulit, karena saat kita terlelap di malam hari, tubuh kita melepaskan racun-racunnya, kulit kita berisitirahat, dan tentu mencegah munculnya berbagai permasalahan, seperti penyakit jantung, inflamasi, serta depresi.

Jadi, usahakan tidur 8 jam sehari ya! Kalau kamu sering kurang tidur, kulit area matamu pasti tampak lelah, menggelap, dan mudah muncul kerutan. Bukan hanya itu, pori-pori kulit juga akan tampak lebih besar, gampang berjerawat, dan kelihatan kusam!

Baca juga: Bukan Hanya Gimmick, Inilah Perbedaan Produk Eye Treatment dengan Produk Moisturizer dan Lainnya!

Lakukan eye massage

Face massage, face yoga, dan eye massage, bisa memberi efek yang baik pada kekencangan kulit bila kamu melakukannya secara rutin, Nggak harus ke spa, kamu bisa kok melakukannya sendiri di rumah. Kamu bisa menggunakan face roller, guasha, aplikator bawaan produk eye cream atau eye serum, atau pakai tekanan jari-jemari saja. Pastikan wajahmu, jarimu, dan massager-nya sudah bersih sebelum memijat area mata ya! Gunakan eye cream sebelum melakukan pemijatan, agar lebih licin dan nggak menarik-narik area kulit mata yang tipis dan sensitif.

eye cream sulwhasoo bikin kulit area mata awet muda

Itu dia tips menjaga agar kulit area mata tetap segar dan awet muda. Kamu sudah rutin melakukan yang mana saja nih? Share di kolom komentar ya!

 

Image: Freepik, Dok. brand

Slow Down

Please wait a moment to post another comment