skin care

Gimana Langkah-Langkah Pakai Eye Cream yang Tepat?

seo-img-article

Walau kecil mungil, eye cream adalah produk skincare yang sangat dibutuhkan, untuk menjaga hidrasi dan tampilan kulit area mata.

 

As we all know, tanda-tanda penuaan pada kulit muncul secara jelas di area mata, punggung tangan, dan leher. Jadi, seiring dengan pertambahan usia, ketiga area tersebut yang akan tampak lebih cepat berkerut atau keriput dibandingkan area lainnya, karena mereka prone to dryness.

Makanya, kamu perlu mengaplikasikan skincare hingga ke area leher, sering menggunakan hand cream setelah cuci tangan, dan harus pakai eye cream setiap hari, terutama kalau kamu sudah berusia di atas 25 tahun. Nah, untuk eye cream, ternyata masih banyak yang bingungebenarnya gimana sih cara menggunakannya dengan benar? Berikut ini tips-nya!

Pilih produk sesuai dengan kebutuhan

 

Eye cream punya berbagai varian, sama saja dengan produk skincare lainnya. Jadi, sebaiknya kamu juga menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Kalau kamu punya dark circles, kamu bisa pilih eye cream dengan kandungan yang mencerahkan kulit, seperti Niacinamide, Alpha Arbutin, atau licorice extract. Kalau sudah ada garis-garis halus, crow’s feet atau kerutan di ujung mata, maka kamu bisa mengandalkan retinol atau peptide. Sementara, kalau kamu matanya gampang sembap, sering kurang tidur, atau sering hangover, kamu bisa memilih eye cream dengan kandungan kafein atau ginseng yang akan membantu mengurangi puffy dan memberi energi pada kulit.

Cuci tangan sebelum pakai eye cream

Sebelum mengaplikasikan skincare apapun, tangan harus bersih, supaya kamu nggak memindahkan kuman dan kotoran yang ada di tangan ke kulit wajah. Apalagi di area mata! Kamu pasti nggak mau kan, bakteri di tangan pindah ke mata dan menyebabkan penyakit mata?

Baca juga: Eye Cream yang Harganya Terjangkau? Ini 7 Rekomendasinya!

Pakai eye cream secukupnya

Pada umumnya, eye cream itu sangat high concentrate, itulah yang menyebabkan eye cream berbeda dengan moisturizer biasa (dan lebih mahal!), sehingga kamu nggak perlu menggunakannya berlebihan. Eye cream juga biasanya lebih rich dibandingkan moisturizer untuk wajah, jadi sedikit saja sudah cukup.

Pakai seukuran kacang polong yang dibagi menjadi 3 dot untuk masing-masing area, lalu aplikasikan menggunakan jari manis di tangan kanan, yang sudah dibersihkan. Kalau kamu menggunakan eye cream yang berbentuk jar, sebaiknya gunakan spatula khusus skincare untuk mengambilnya, supaya tetap higienis. Kalau memakai yang berbentuk pump, biasanya 1 pump saja sudah cukup.

Baca juga: 4 Eye Cream dengan Kandungan Retinol untuk Bikin Tampilan Lebih Muda!

Jangan digosok, tapi ditepuk-tepuk.

Sebaiknya aplikasikan eye cream menggunakan jari manis ya. Kenapa? Jari manis adalah jari yang tekanannya paling lembut, sehingga sangat disarankan karena kulit area mata sangatlah tipis. Kamu bisa menepuk-nepuknya secara lembut, dari bagian sudut dalam mata ke area ujung luar mata, kemudian naik menuju kelopak mata bagian dalam. Kalau digosok-gosok, kulit area mata yang tipis dan sensitif bisa iritasi dan memicu kerutan, jadinya tujuan menggunakan eye cream malah semakin jauh digapai. Bila kamu menggunakan eye cream yang sudah ada aplikatornya, geser-geser secara lembut dan satu arah saja, tidak perlu terlalu ditekan. Begitu pun ketika kamu menggunakan face roller supaya kulit lebih rileks, nggak perlu terlalu heboh menggosoknya ya!

Baca juga: Ini Rekomendasi Eye Cream Mewah Paling Diminati!

Apply pada saat pagi dan malam hari

Untuk hasil yang maksimal, eye cream bisa dipakai pagi dan malam hari. Kapan slot yang tepat? Tergantung konsistensinya. Kalau kamu punya eye cream yang teksturnya lebih rich atau creamy dibandingkan dengan moisturizer-mu, maka aplikasikan setelahnya. Sebaliknya, bila eye cream-nya lebih ringan, maka aplikasikan sebelum moisturizer. Mengaplikasikan eye cream pada pagi hari juga sekaligus mempersiapkan kulitmu sebelum makeup, sehingga membuat concealer dan makeup mata bisa lebih nempel, karena kulit area matamu lebih lembap. Namun, kalau kamu terburu-buru dan kelupaan pakai eye cream di pagi hari, ya tidak apa-apa, tapi pastikan kamu pakai di malam hari ya! Saat malam hari itu yang terpenting, sebab kulit terasa lebih kering dibanding saat siang, plus malam hari juga saatnya kulit beregenerasi, sehingga penyerapan eye cream akan lebih maksimal.

 

Nah, itulah langkah-langkah pakai eye cream yang benar. Kalau kamu suka dengan tekstur yang lebih ringan, kamu bisa kok mengganti eye cream dengan eye serum. Sementara, kalau kulitmu ekstra kering, kamu bahkan bisa pakai eye cream setelah mengaplikasikan eye serum. Skincare memang benar-benar personal, sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu, termasuk juga eye cream. Jadi, silakan pilih yang paling pas untuk kamu dan sesuaikan dengan langkah-langkah di atas ya!

 

Image: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment