skin care

Bye-bye, Bad Habit! Ini 5 Kebiasaan Simpel yang Bisa Menyelamatkan Kulitmu!

seo-img-article

Tahukah kamu kalau permasalahan kulit sering muncul karena kebiasaan buruk? Yuk, buang jauh-jauh kebiasaan burukmu, dan ganti dengan kebiasaan simpel di bawah ini yang bisa memberi manfaat besar bagi kulit!

 

Ketika kamu menemukan suatu permasalahan pada kulitmu, jangan langsung “menuduh” bahwa kesalahan terletak pada produk skincare yang kamu gunakan. Belum tentu karena nggak cocok skincare-nya, tapi bisa jadi karena kamu sering berlaku semena-mena pada kulit kamu, misalnya nggak double cleansing, pakai scrub terlalu sering, memencet jerawat, menganggap remeh sunscreen, dan lain sebagainya.

Nah, sebaliknya, beberapa kebiasaan simpel di bawah ini bisa membantu kulit tampil lebih maksimal, lho. Meski kesannya sederhana, tapi kalau bisa berbicara, kulitmu pasti akan berterima kasih padamu! Apa saja sih? Simak, yuk!

Keringkan wajah dengan tisu

Kalau selama ini kamu selalu mengeringkan wajah dengan handuk setelah mandi atau membersihkan wajah, ini saatnya kamu berhenti. Biarkan wajah kering dengan sendirinya, atau gunakan tisu untuk menyeka sisa-sisa air di wajah. Nggak perlu banyak-banyak hingga menumpuk sampah, sehelai saja sudah cukup kok. Untuk wajah, tisu lebih lembut dan higienis, sehingga tidak terasa harsh di kulit dan nggak bikin bakteri berpindah ke kulit kamu.

Handuk bisa menjadi sumber kuman lho, karena lembap dan dipakai berulang-ulang. Apalagi kalau itu handuk yang sama untuk mengeringkan area tubuh dan rambut, dan kamu setiap hari menggosokkannya juga ke wajah. Untuk apa kamu membersihkan wajah kalau setelahnya kamu lap dengan handuk yang kotor? Big no, no! Apalagi kalau kulitmu berjenis acne-prone, sebaiknya stop mengeringkan wajah dengan handuk sekarang juga. Jangan lupa, handuk tubuh dan rambut pun sebaiknya kamu ganti seminggu sekali ya.

Baca juga: 5 Skincare Lokal Baru yang Bisa Menambah Hidrasi Pada Kulit Kering Saat Puasa!

Pakai body oil

Ini mungkin bukan kebiasaan sebagian besar orang Indonesia, mengingat di sini cuacanya terik dan humid, sehingga kita terbiasa dengan pelembap tubuh berbentuk body lotion saja, yang lebih ringan. Tapi, menggunakan body oil secara rutin bisa sangat menolong kulitmu, apalagi kulit kering. Bila kamu nggak nyaman memakainya di siang atau pagi hari, coba deh mulai rutin pakai setiap malam hari sebelum tidur.

Selain mengunci kelembapan, body oil bisa bikin kulit tubuh jadi lebih kenyal dan elastis, sehingga nggak gampang bersisik dan timbul stretch marks. Ingat, stretch marks itu bukan milik ibu hamil saja, jadi nggak ada salahnya mencegahnya dengan cara menjaga elastisitas kulit. Body oil juga bisa melembutkan tumit kaki yang pecah-pecah, dan bikin tidur lebih nyenyak dan nyaman, karena biasanya punya aroma yang relaxing!

Baca juga: 3 Body Oil Lokal Ini Bisa Bikin Kulit Tubuh Lebih Glowing dan Kenyal!

Rajin gunakan face mist

Selain hand sanitizer, sekarang coba deh selalu bawa face mist ke mana pun kamu pergi. Face mist punya segudang manfaat, lho. Mulai dari menyegarkan kulit, bikin kamu jadi lebih fresh dan nggak mengantuk, bikin kulit lebih lembap dan glowing secara instan, makeup juga terlihat lebih segar!

Kalau kulitmu kering dan gampang dehidrasi, sering menyemprotkan face mist akan membantu kulit jadi nggak kaku dan terasa “ketarik”. Kamu juga bisa pilih face mist dengan formula bi-phase (perpaduan air dan minyak) untuk memberikan hidrasi ekstra. Kandungan-kandungan yang umum ada di dalam face mist seperti aloe vera, cucumber, Hyaluronic Acid, rose water, juga bisa bikin kulit lebih plump dan tenang.

Baca juga: 5 Face Mist Bi-Phase yang Bisa Jadi Penolong Kulit Kering Saat Puasa!

Eksfoliasi sesuai jenis kulit

Kulit yang rutin dieksfoliasi 2-3 kali seminggu akan terlihat lebih cerah, terasa lebih halus dan lembut. Produk-produk skincare yang kamu pakai juga akan meresap lebih baik, karena nggak terhalang oleh sel-sel kulit mati yang menumpuk. Kamu bisa pilih exfoliating acid yang sesuai dengan jenis kulit, misalnya Salicylic Acid untuk kulit berminyak dan berjerawat, Glycolic Acid untuk kulit kusam dan banyak dark spots, serta Lactic Acid untuk pemilik kulit sensitif. Eksfoliasi menggunakan physical exfoliator juga boleh, seperti face scrub, exfoliating pad, atau peeling gel. Tapi, sebaiknya jangan gunakan terlalu sering atau menggosok terlalu kencang ya. Pilih juga yang butiran dan teksturnya nggak menyakiti kulit.

Baca juga: Kulit Kering dan Perih? Ini Tips Mengatasi Kulit Iritasi Akibat Overexfoliating!

Pakai sunscreen meski di rumah saja

Gimana caranya biar nggak malas pakai sunscreen? Pilih yang teksturnya lightweight, nggak whitecast, bikin nyaman seharian. Sekarang sudah ada banyak pilihan, lho! Pastinya, selalu ingat kalau sunscreen bukan cuma mencegah kulit jadi terbakar atau menggelap, tapi juga melindungi kulit supaya tanda-tanda penuaan nggak datang terlalu dini. Jadi, memang sudah semestinya kamu memakai sunscreen setiap hari, bukan cuma saat matahari terik atau keluar rumah saja. Kulit yang rutin pakai sunscreen sejak muda, akan berbeda lho dengan kulit yang nggak pernah dilindungi sunscreen. Buat reapply, biar praktis kamu bisa pakai sunscreen spray yang bisa kamu bawa ke mana-mana dan nggak merusak makeup yang kamu pakai.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Cobain Sunscreen Lokal Best-Seller Ini!

Nah, itulah sederet kebiasaan simpel yang bisa berpengaruh besar bagi kulitmu! Apakah ada yang sudah rutin melakukannya? Share di kolom komentar ya!

 

Image: Freepik.

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment