dryness

4 Tips Mengatasi Kulit Kering Akibat Overexfoliating

seo-img-article

Eksfoliasi itu penting, tapi kalau terlalu sering bisa berbahaya!

 

Sesuatu yang berlebihan memang nggak baik, guys. Sebesar apapun keinginan kamu punya kulit mulus dan glowing, bukan berarti kamu harus melakukan eksfoliasi terlampau sering. Eksfoliasi dengan serum yang kadar AHA dan BHA-nya tinggi, cukup dilakukan 2-3 kali seminggu. Eksfoliasi dengan facial scrub atau exfoliating pad cukup 2 kali seminggu. Eksfoliasi pakai exfoliating toner yang kadar acid-nya rendah bisa dilakukan setiap malam, tapi kalau acid-nya tinggi, juga cukup 3-4 kali saja seminggu.

 

Pada hari kamu eksfoliasi, kamu juga sebaiknya tidak menggunakan skincare yang memiliki bahan utama vitamin C dan juga retinol, supaya kulit nggak jadi lebih sensitif. Kamu juga wajib menggunakan sunscreen setiap pagi, karena kulit yang rajin dieksfoliasi jadi lebih sensitif terhadap matahari.

Nah, gimana pertolongan pertama kalau kulit kamu jadi kering dan iritasi akibat overexfoliating?

Tenangkan dengan air mawar

Pertama, kamu harus gunakan produk yang bisa menjadi penenang kulit yang sedang marah, contohnya adalah air mawar, atau face mist dengan kandungan air mawar, cucumber, dan aloe vera. Mawar terkenal sebagai kandungan yang bisa melembapkan kulit dan memberikan efek soothing. Kamu bisa pilih Haple Pure Rose Wateryang terdiri dari 100% pure distilled red rose water untuk membantu melembapkan, menenangkan, sekaligus oil control. Kamu bisa semprotkan ke kulit wajah yang bersih sebelum memulai rangkaian skincare lainnya, atau kapan saja saat kulitmu terasa kering dan tampak kusam. Harganya hanya Rp39.000 untuk ukuran 100 ml, multifungsi pula! Yayness!

Baca juga: 5 Face Mist Aloe Vera yang Menenangkan dan Menyegarkan Kulit Sensitif

Pakai toner yang menghidrasi

Saat kulit kering akibat overexfoliating, pastinya kamu harus stop dulu pakai exfoliating toner dan lebih bersahabat dengan hydrating toner. Menggunakan hydrating toner dengan tekstur yang milky seperti Envygreen Milky Moistfull Toner  bisa membantu, karena kulit akan berubah lebih lembap secara instan, sehingga kulit yang “ketarik” setelah membersihkan wajah bisaa kembali lembut dan kenyal. Kandungan Centella Asiatica dan Niacinamide bisa membantu menenangkan kulit kamu, sementara Licorice dan Rosemary Extract akan mencerahkan dan menutrisi kulit. Tepuk-tepuk dengan tangan hingga meresap ya, nggak perlu menggunakan kapas.

Baca juga:  Ini Tips Merawat Kulit yang Overexfoliating Agar Tetap Sehat dan Lembut!

Sederhanakan skincare routine kamu

Saat kulit lagi “rewel” karena overexfoliating, sebaiknya kamu nggak terlalu ambisius menggunakan berbagai produk skincare sekaligus. Inilah saatnya untuk jeda sejenak, biar kulit nggak terlalu “letih” menerima banyak produk di waktu yang sama, karena penyerapannya belum tentu maksimal, dan bisa memungkinkan active ingredients-nya saling “bertabrakan”.

Jadi, kalau bisa skip-care dulu ya! Cukup bersihkan wajah secara rutin, lalu pilih 2 skincare saja setelahnya, misalnya hydrating toner dengan oil, essence dengan moisturizer, atau essence dengan oil. Untuk essence, kamu bisa pakai essence lokal yang terkenal bagus, Avoskin Perfect Hydrating Essence . Kandungan minyak chamomile di dalamnya akan membantu kulit lebih tenang, sementara Ascorbic Acid akan mencerahkan, minyak wortel dan minyak rosehip akan membuat kulit lebih kenyal dan awet muda. Kamu akan merasakan kulit lebih halus setelah pemakaian pertama!

Baca juga: 3 Facial Essence Lokal yang Wajib Dicoba!

Kunci kelembapan kulit

Supaya kulit kering kembali terjaga kelembapannya, kamu bisa gunakan face oil dengan kandungan yang menutrisi. Oil sifatnya oklusif, yang artinya akan mengunci kelembapan kulit dan bisa membuat produk skincare kamu yang water-based tidak mudah menguap. Bio Beauty Lab Luxurious Face Oil bisa diandalkan, karena mengandung squalane oil, evening primrose oil, rosechip oil, seabuckthorn oil , sweet almond oil, macadamia oil, vitamin E yang mampu membuat kulit lebih supple, garis-garis halus memudar, dan tampil glowing! Untuk skip-care, kamu bahkan bisa pakai produk ini setelah hydrating toner. Simpel, tapi tetap lembap.

Baca juga: 5 Produk Ampuh untuk Menenangkan Kulit Iritasi Akibat Overexfoliating!

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi kulit kering akibat exfoliating. Sebaiknya kamu juga menggunakan sunscreen setiap pagi agar kulit tetap terlindungi dari matahari, dan pilih facial wash yang gentle atau punya pH seimbang ya, supaya kulit nggak makin kering. Semuanya rekomendasi produk di atasnbisa kamu beli di FD X Beauty, yang lagi diskon besar-besaran! Happy shopping!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment