banner-detik

skin care

Ini Tips Merawat Kulit Sensitif Agar Tetap Sehat dan Lembut!

seo-img-article

 

Kulit sensitif bikin kamu pusing? Tenang saja, banyak cara kok untuk mengatasi kondisi kulit satu ini!

 

Kulitmu mudah kering dan flaky, sering terasa gatal, tampak kemerahan dan perih, dan nggak gampang cocok dengan berbagai produk skincare? Itu artinya kulitmu sensitif. Kulitmu gampang bereaksi dan butuh kelembapan lebih! Gimana caranya merawat kulit sensitif agar tetap sehat? Simak beberapa langkah di bawah ini ya!

1, Gunakan cleanser yang mild

TIPS MERAWAT KULIT SENSITIF 3

Kalau bisa, cleanser yang kamu pakai nggak bikin kulit kering dan ketarik setelahnya. Kamu bisa pilih cleansing oil atau cleansing balm sebagai first cleanser. Dua jenis cleanser ini lembut dan bikin kulit tetap lembap. Nggak disarankan pakai micellar water karena akan ada gesekan dari usapan kapas yang cukup harsh bagi kulit sensitif. Tapi, kalau kamu lebih senang dengan micellar water, sebaiknya pilih yang non-alkohol. Untuk second cleanser atau facial wash, pilih yang nggak menghasilkan banyak busa, soap-free, atau SLS/SLES-free. Dengan cara ini kulitmu akan senantiasa bersih tapi nggak gampang kering atau kemerahan setiap kali selesai membersihkan wajah.

2. Pilih toner non-alkohol

KIEHL'S CALENDULA HERBAL EXTRACT TONER ALCOHOL FREE

Menggunakan hydrating toner sangat disarankan untuk kulit yang sensitif dan kering, supaya setelah mencuci wajah kulit kembali segar dan lembap. Sebaiknya, pilih toner yang non-alkohol dan mengaplikasikannya nggak perlu pakai kapas ya! Tepuk-tepukkan hydrating toner menggunakan telapak tangan yang bersih pada seluruh kulit wajah dan lehermu. Beberapa produk yang bisa kamu coba: Kiehl’s Calendula Herbal-Extract Toner, Avene Lotion Tonique, Bioderma Hydrabio Essence Lotion, Simple Sensitive Skin Expert Facial Toner, atau Fresh Rose Deep Hydration Facial Toner.

Baca juga: Kulitmu Sensitif? Ini 7 Pilihan Face Toner Bebas Alkohol yang Bisa Dicoba!

3. Hidrasi adalah kunci

TIPS MERAWAT KULIT SENSITIF 7

 

Menggunakan moisturizer setiap hari wajib hukumnya bagi pemilik kulit sensitif! Meskipun kamu menjalankan simple skincare routine, moisturizer nggak boleh ketinggalan. Produk ini akan menjaga kelembapan dan kekuatan skin barrier, yang sangat dibutuhkan oleh kulit sensitif yang cenderung gampang kering. Sebaiknya pilih moisturizer yang teksturnya creamy dan kaya akan nutrisi yang baik untuk membuat kulit tetap bercahaya sehat.

Baca juga: Rekomendasi Moisturizer di Bawah 300 Ribu untuk Kulit Sangat Kering

4. Aplikasikan sunscreen setiap hari

TIPS MERAWAT KULIT SENSITIF 6

Sunscreen harus jadi step wajib dalam morning skincare routine kamu. Meskipun di rumah saja, tetap aplikasikan sunscreen ya! Sunscreen penting untuk melindungi kulit dari penuaan dini, paparan sinar matahari, serta kanker kulit. Pilih sunscreen yang formulanya melembapkan tapi nggak lengket, biar kamu nyaman memakainya setiap hari. Sekarang ini banyak sunscreen yang mengandung Centella Asiatica, salah satu kandungan yang membantu menenangkan kulit sensitif. Kamu bisa coba produk terbaru dari brand lokal, Avoskin The Great Shield.

TIPS MERAWAT KULIT SENSITIF 5

Baca juga: Cari Skincare untuk Kulit Sensitif? Coba 3 Facial Wash Lokal Terbaru Ini!

5. Jangan eksfoliasi berlebihan

FACIAL SCRUB SEKALIGUS MASKER

Buat kulit sensitif, facial scrub is a big no no! Apalagi facial scrub yang butirannya kasar, karena pasti bikin kulit perih dan kemerahan! Buat mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, kamu bisa pilih exfoliating toner atau exfoliating serum dengan kadar AHA atau BHA yang nggak terlalu tinggi, lalu gunakan 2 kali dalam seminggu. Kamu juga bisa memilih kandungan PHA, yang lebih mild dibandingkan dengan AHA atau BHA. Saat menggunakan exfoliating toner atau serum, hindari menggabungkannya dengan skincare lain yang punya kandungan retinol atau vitamin C, biar kulit nggak iritasi. Jangan sampai over-exfoliating atau keseringan eksfoliasi ya, karena bukannya jadi glowing, kulitmu malah bisa bruntusan, kemerahahan, atau terasa perih seperti terbakar!

Baca juga: Kulit Kering dan Sensitif? Rawat dengan 8 Skincare Oatmeal Ini!

6. Pilih kandungan yang ramah untuk kulit sensitif

Сhamomile flowers

Chamomile, calendula, lavender, oat, rose, aloe vera, Centella Asiatica, dan Hyaluronic Acid adalah beberapa ingredient yang bisa kamu lirik ketika memilih-milih skincare. Sederet kandungan tersebut sensitive skin-friendly karena mampu menenangkan kulit atau kasih efek soothing, sekaligus melembapkan kulit. Kulitmu bakal jadi lebih adem dan nggak rewel.

Baca juga: 6 Skincare dengan Kandungan Alpukat untuk Melembapkan dan Melembutkan Kulit Kering

Nah, ada banyak cara yang bisa dilakukan kan dalam merawat kulit sensitif? Selain langkah-langkah di atas, kamu juga bisa menghindari skincare yang terlalu wangi. Biasanya, kulit sensitif nggak hanya peka terhadap alkohol tapi juga terhadap wewangian dalam produk skincare. Semoga kamu bisa menemukan produk-produk skincare yang cocok dan kulitmu nggak gampang bereaksi lagi ya! Selamat mencoba!

 

Foto: Freepik.com, Fresh. Avoskin.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment