beauty school

Banyak Khasiatnya, Inilah Manfaat Jamur sebagai Ingredient Skincare!

seo-img-article

Ampuh atasi jerawat sampai penuaan dini, ternyata manfaat jamur untuk kulit banyak lho! 

Skincare dengan bahan dasar alami seperti buah dan tumbuhan tentu bukan sesuatu yang asing lagi di dunia kecantikan. Dengan semakin berkembangnya inovasi perawatan kulit, bahan-bahan alami yang kaya akan manfaatnya tersendiri jadi dapat meningkatkan performa sebuah produk skincare. Walaupun sudah digunakan sejak berabad-abad silam oleh masyarakat Asia Timur, belakangan ini penggunaan jamur untuk perawatan kulit sedang naik daun kembali di dunia kecantikan, lho.

Kalau biasanya jamur justru menjadi permasalahan kulit, kok bisa jadi bahan produk skincare ya? Ternyata memiliki sejumlah khasiat, jamur punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Yuk, simak di sini!

Baca juga: Konsumsi 7 Makanan Ini Bikin Kulit Kenyal dan Awet Muda, Lho!

Jamur dalam skincare

Jadi kok bisa jamur jadi bahan aktif skincare? Sebetulnya ada lebih dari 14,000 jenis jamur di dunia, namun memang tidak semua aman untuk di konsumsi atau jadi penggunaan topikal. Ada yang bahkan mematikan, ada juga yang menyembuhkan dan menyehatkan tubuh. Untungnya, setelah penelitian bertahun-tahun, para ahli akhirnya bisa menentukan jenis jamur mana yang menguntungkan bagi kulit.

Sejumlah jenis jamur seperti chaga mushroom, reishi mushroom, cordyceps mushroom, shiitake mushroom, dan tremella mushroom ternyata kaya akan antioksidan dan vitamin D. Alhasil, jamur-jamur ini dapat membawa sederet khasiat bagi kulit, mulai dari mengatasi masalah jerawat sampai penuaan dini. Apa saja ya, khasiatnya?

Baca juga: Konsumsi Air Sama dengan Kulit Sehat?

Mencerahkan kulit

Beberapa jenis jamur seperti shiitake mushroom kaya akan kojic acid. Dilansir dari artikel Health Line, asam kojic ini menghambat dan mencegah terbentuknya tirosin — asam amino yang dibutuhkan untuk produksi melanin. Melanin sendiri adalah pigmen yang mempengaruhi warna rambut, kulit, dan mata. Karena menghambat produksi melanin, kojic acid dapat memberikan efek mencerahkan.

Ampuh atasi jerawat

Jamur-jamur seperti shiitake mushroom dan reishi mushroom memiliki sifat anti-bakteri yang tinggi. Mengandung polisakarida yang merupakan sejenis molekul gula kompleks, jamur ini memiliki zat anti-inflamasi yang tinggi dan dapat mengurangi kemerahan serta peradangan akibat masalah jerawat.

Baca juga: 5 Skincare Lokal Baru untuk Menambah Hidrasi pada Kulit Kering Akibat Puasa

Memperlambat penuaan

Sementara itu, jenis jamur seperti cordyceps mushroom berguna untuk membantu atasi masalah penuaan dini pada kulit. Kok bisa? Awalnya dikonsumsi sebagai penambah stamina tubuh, cordyceps mushroom telah membuktikan efek antioksidan kuat saat dioleskan. Antioksidan pada jamur ini membantu dan mempertahankan sistem imun dengan melawan berbagai stres oksidatif. Di dunia kecantikan modern seperti sekarang, jamur ini banyak digunakan untuk menghidrasi kulit, meningkatkan kolagen, dan menenangkan kulit.

Mempertahankan skin barrier

Terakhir, jamur seperti white mushroom juga terbukti efektif untuk melindungi dan mempertahankan skin barrier. Contohnya jamur kancing putih, jamur ini mengandung protein, vitamin B, dan sifat anti-virus yang ampuh memperbaiki lapisan perlindungan kulit menjadi lebih kuat. Selain itu ada juga chaga mushroom yang memiliki sifat anti-oksidan tinggi, bahkan lebih dari buah delima atau blueberry! Beberapa jamur ini efektif akan membantu mencegah oksidasi kulit dan menetralisir radikal bebas yang dapat merusak skin barrier.

Baca juga: Rekomendasi Produk Skincare dan Makeup untuk Tampil Maksimal Saat Hari Raya!

Nah, itu dia sederet manfaat jamur untuk perawatan dan kesehatan kulit. Ada beberapa rekomendasi skincare dengan kandungan jamur yang bisa kamu coba, nih. Bisa langsung baca di sini, ya!

 

Image : Freepik.

raiagumay

raiagumay

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment