banner-detik

skin care

Konsumsi 7 Makanan Ini Bikin Kulit Kenyal dan Awet Muda, Lho!

seo-img-article

Agar kulit awet muda, perawatannya jangan hanya dari luar saja. Konsumsi 7 makanan ini bisa menghambat penuaan dini dan bikin kulit tetap kenyal!

Siapa sih, yang nggak pingin kulit tetap kenyal dan awet muda? Untuk menjaga tingkat elastisitas kulit, kamu juga harus konsumsi makanan yang tepat, nggak hanya dari skincare saja! Percuma kan, kalau sudah effort dan banyak biaya untuk pakai skincare tapi nutrisi dari dalam tubuh tidak tepat? Oleh karena itu, penting banget untuk menjaga hal ini. Nggak hanya mengontrol daya tahan tubuh, konsumsi makanan tertentu dapat menunda tanda-tanda penuaan lho pada kulit. Langsung saja yuk, simak di sini!

Baca juga: Ingin Kulit Lebih Kencang? Ini Tips Pakai Retinol di Usia 20-an hingga 50-an!

Blueberry

Makanan pertama yang akan membantu dengan penuaan dini adalah buah blueberry. Blueberry ini sangat kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan dan membantu penyembuhan kulit. Ditambah lagi, blueberry juga kaya dengan antosianin, yang mendukung produksi kolagen. Mengonsumsi blueberru juga bisa meningkatkan kemampuan badan kamu untuk mengirim nutrisi dan oksigen pada kulit dan sel. Nah, hal ini membuat pergantian sel jadi lebih cepat dan efisien, dan pada akhirnya dapat menyehatkan kulit.

Teh hijau

Green tea atau teh hijau ternyata kaya akan polifenol, sebuah antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, membantu produksi kolagen, dan menjadi protein utama untuk kulit. Polifenol dari teh hijau ini juga membantu mengurangi penuaan dini dari faktor eksternal, seperti matahari dan polusi.

Baca juga: Walau di Rumah Saja, 3 Produk Lokal Ini Bikin Kamu Kelihatan Fresh dan Glowing

Alpukat

Alpukat kaya akan lemak yang sehat untuk jantung, serat, dan beberapa vitamin dan mineral penting lainnya yang esensial untuk kesehatan. Kandungan lemak sehatnya yang tinggi bisa meningkatkan kesehatan kulit dengan mendukung membran kulit yang sehat, sementara kandungan antioksidannya yang tinggi membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak dan menuakan kulit. Mengingat rasanya yang lezat, menambahkan alpukat pada makanan kamu bisa jadi alternatif yang mudah untuk nutrisi ekstra!

Ikan berlemak

Konsumsi ikan berlemak seperti salmon, sarden, atau tuna dapat memberikan perlindungan dari kerusakan kulit. Lemak omega-3 dari ikan-ikan ini bermanfaat nggak hanya untuk melawan banyak penyakit seperti penyakit jantung, tapi juga untuk mempertahankan skin barrier kulit yang kuat, sehingga mengurangi peradangan yang merusak kulit. Salah satu ikan berlemak paling populer yaitu salmon, memiliki kandungan Astaxanthin yang dapat meningkatkan elastisitas dan menghidrasi kulit sehingga menjadikannya lembab.

Dark chocolate

Siapa nih, yang suka makan cokelat? Kabar baik untukmu, ternyata mengonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam sangat bermanfaat bagi kulit, lho. Cokelat hitam ini tinggi akan kandungan flavanol, yang dapat memperlambat penuaan dini, melindungi kulit akibat kerusakan sinar matahari, dan membuat kulit lebih tebal dan halus.

Baca juga:Usia 20-an Sudah Perlu Pakai Produk Khusus Aging Belum, Sih?

Minyak zaitun

Bisa dibilang bahwa minyak zaitun adalah salah satu tipe minyak paling sehat yang ada di bumi. Kenapa sehat? Karena minyak zaitun kaya akan lemak sehat dan antioksidan yang membantu peradangan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan radikal bebas dalam tubuh. Oleh karena itu, kandungan anti-inflamasi dari lemak sehatnya dapat membantu kulit tetap segar dan nggak gampang muncul kerutan.

Sayuran

Harusnya nggak kaget lagi dong, kalau konsumsi sayur-sayuran akan masuk ke list ini. Kebanyakan sayur itu kaya akan nutrisi, rendah kalori, dan lagi-lagi penuh antioksidan yang bisa melawan banyak penyakit. Banyak sayuran juga tinggi akan kandungan karotenoid, yang melindungi kulit dari sinar UV, salah satu alasan utama dari penuaan dini. Beberapa sumber terbaik yang tinggi akan karotenoid adalah wortel, labu, dan ubi. Sayuran juga tinggi akan vitamin C lho, antioksidan ampuh yang esensial dalam produksi kolagen. Beberapa sayuran yang kaya akan vitamin C adalah sayuran hijau, tomat, dan juga brokoli.

Baca juga: Sudah Masuk Usia 40-an? Inilah Treatment yang Bisa Kamu Coba!

So, itu dia 7 makanan yang bisa kamu konsumsi untuk membuat kulit jadi tetap segar dan awet muda, karena memperlambat datangnya tanda-tanda penuaan. Semoga bermanfaat, ya!

Image : Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment