lifestyle

Lagi Hobi Exercise? Ini Tips Merawat Kulit Sesudah Olahraga yang Harus Kamu Tahu!

seo-img-article

 

Yuk, rawat kulit setelah berolahraga, agar kulit nggak gampang jerawatan dan iritasi!

Olahraga itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit, lho. Selain mengurangi stress, olahraga juga membantu meningkatkan produksi kolagen di kulit sehingga kulit lebih lembab dan glowing. Dan memang terbukti, sejak rajin olahraga, kulit saya juga rasanya tambah glowing dan jarang jerawatan.

Walaupun olahraga sangat bermanfaat untuk kulit, tapi aktivitas yang menghasilkan keringat tentunya berpotensi untuk bikin jerawat muncul. Selain itu ada masalah lain seperti iritasi kulit karena kulit bergesekan dengan baju ataupun alat olahraga. Makanya kita juga harus lebih ekstra merawat kulit sesudah olahraga. Ini dia tips merawat kulit sesudah berolahraga!

Baca juga: Solusi untuk Jerawat yang Muncul Setelah Berolahraga

1. Segera ganti baju

Baju olahraga sebenarnya sangat nyaman, tapi karena biasanya baju olahraga menggunakan bahan yang ketat, baju ini dapat membuat kulit tergesek dan menjebak minyak serta kulit mati selama olahraga. Jika dibiarkan, bisa timbul reaksi seperti jerawat, ruam, dan bisul.

Segera ganti baju setelah berolahraga dan berkeringat, serta cuci baju dengan deterjen yang lembut sampai bersih. Jangan lupa untuk segera mengeringkan keringat dan mandi ya.

2. Segera membersihkan wajah

Kalaupun nggak bisa segera mandi setelah berolahraga, paling tidak kamu sesegera mungkin membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash. Kalau sebelum olahraga kamu menggunakan sunscreen, atau memakai makeup, sebaiknya tetap double cleansing ya, pakai cleansing oil, atau cleansing balm, atau micellar water terlebih dulu sebelum pakai facial wash. Tujuannya untuk membersihkan wajah dari debu, keringat, minyak berlebih, sisa sunscreen, dan sisa makeup untuk mencegah timbulnya jerawat. Saya biasanya segera membersihkan wajah di gym. Baru setelah sampai rumah, saya mandi dan ganti baju.

Jangan bersihkan muka menggunakan facial scrub ya, karena kulit sesudah olahraga sebenarnya sangat sensitif. Hindari juga menggunakan exfoliator lain yang keras.

3. Gunakan moisturizer ringan

Jika kulit terasa perih atau terlihat kemerahan, gunakan moisturizer yang ringan yang tidak mengandung terlalu banyak bahan aktif yang berpotensi mengiritasi. Sebaiknya pilih moisturizer dengan kandungan-kandungan yang menenangkan kulit seperti aloe vera, Centella Asiatica, Allantoin, atau ingredient lain yang sifatnya soothing. Selain itu menggunakan moisturizer ringan juga dapat membantu membuat kulit terasa lebih nyaman setelah berolahraga.

4. Hindari menggunakan makeup wipes untuk membersihkan wajah

Makeup wipes dan tisu pembersih makeup memang sangat praktis untuk digunakan. Tapi sebaiknya jangan dipakai sesudah berolahraga. Selain karena tisu pembersih makeup cenderung membuat kulit menjadi terlalu kering, gesekan dari makeup wipes juga berpotensi membuat kulit yang sedang sensitif jadi gampang teriritasi atau memerah. Sebaiknya pilih facial wash dengan ingredient yang mild.

5. Selalu gunakan sunscreen

Jika berolahraga di luar ruangan atau di ruangan yang terkena cahaya matahari, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen. Proteksi dari sinar matahari juga penting untuk menjaga kesehatan kulitmu.  Selain menggunakan sunscreen, jangan lupa untuk selalu re-apply sunscreen ya, terutama kalau kamu melakukan water sports. Jangan sampai kulit memerah dan terbakar matahari saat berolahraga.

Baca juga: Perlu Pakai Sunscreen Saat Cuaca Mendung? Ini Jawabannya!

6. Jangan menyentuh muka secara langsung menggunakan tangan

Saat olahraga jangan lupa untuk tidak menyentuh muka secara langsung. Apalagi jika kamu habis menggunakan alat-alat bersama di gym. Bakteri dan debu yang menempel di tangan dapat memicu jerawat dan menyebabkan breakout setelah berolahraga. Selalu gunakan hand sanitizer dan cuci tangan setelah menggunakan alat olahraga. Pastikan tangan selalu bersih sebelum menyentuh wajah ya!

 

Kunci dari menjaga kulit setelah berolahraga adalah cleanse and hydrate. Jadi pastikan kulit dalam kondisi bersih dan selalu terhidrasi dengan baik ya. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air mineral yang cukup untuk menjaga kondisi kulit dari dalam. Selamat berolahraga!

 

 

Image: Freepik, Pexels

Slow Down

Please wait a moment to post another comment