banner-detik

bath n body

6 Produk untuk Membantu Mencerahkan Lutut dan Siku

seo-img-article

Selain area underarm, kulit siku dan lutut juga umumnya punya warna yang lebih gelap dibandingkan area kulit tubuh lainnya. Produk apa saja yang bisa membantu mencerahkan?

 

Area lipatan tubuh memang biasanya memiliki warna kulit yang lebih gelap. Itu wajar, kok! Kamu hanya perlu memberi perhatian pada mereka, jangan sampai hanya wajah saja yang dibikin glowing. Ada banyak produk yang bisa kamu pakai untuk membantu membuat kulit siku, lutut, tumit, dan bokong jadi lebih cerah. Simak di bawah ini kalau ingin tahu lebih lanjut!

Baca juga: 7 Exfoliating Serum dari Brand Korea untuk Kulit Lebih Glowing dan Halus

Body scrub

Ini adalah produk bodycare yang sudah kamu kenal baik, kan? Saat menggunakan body scrub, gosok secara lembut dan lebih lama pada area lipatan kulit, supaya sel-sel kulit mati pada area tersebut lebih terangkat, jadi lebih halus, dan terlihat cerah. Lakukan 2-3 kali seminggu dan pilih body scrub yang mengandung bahan pencerah seperti bengkuang, susu, mutiara, buah beri, ektrak licorice, atau ekstrak kunyit.

Baca juga: Atasi Ketiak Hitam dengan 2 Exfoliating Toner Terbaru Ini!

Exfoliating toner

Menggunakan exfoliating toner juga merupakan cara ampuh untuk mencerahkan lutut dan siku. Kamu bisa menggunakan produk toner AHA BHA yang sama yang kamu pakai di wajah dan lehermu, dengan cara yang sama pula, yaitu menggosoknya memakai kapas. Setelahnya, kamu bisa menggunakan body lotion favoritmu pada seluruh tubuh. Kalau ingin keluar rumah, aplikasikan sunscreen, atau body lotion yang memiliki SPF, karena AHA dan BHA membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari. Memakai exfoliating toner sebagai pencerah kulit siku dan lutut ini juga cara yang tepat ketika kamu memiliki produk exfoliating toner yang nggak cocok di kulit wajah. Jadinya nggak terbuang!

Baca juga: 3 Exfoliating Toner Lokal yang Wajib Dicoba untuk Bikin Kulit Glowing!

Exfoliating serum

Sama seperti exfoliating toner, exfoliating serum juga bisa diaplikasikan pada kulit area lipatan untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati, menghaluskan, dan mencerahkan kulit area tersebut. Exfoliating serum bisa lebih cepat kerjanya jika dibandingkan exfoliating toner, karena dipakai langsung di kulit, tanpa menggunakan kapas, dan umumnya punya konsentrasi AHA dan BHA yang lebih tinggi dibanding exfoliating toner. Kalau kamu rela membeli banyak produk skincare untuk wajahmu, nggak ada salahnya menyisihkan budget tersendiri untuk membeli exfoliating serum yang khusus dipakai mencerahkan lutut, siku, tumit, dan bokong.

Baca juga: Gimana Cara Kerja Brightening Skincare dalam Mencerahkan Kulit?

Brightening body lotion

Pilih body lotion yang nggak cuma melembapkan, tapi juga punya teknologi yang aman untuk mencerahkan, misalnya dilengkapi dengan kandungan AHA, vitamin C, kojic acid, bengkuang, ekstrak licorice, buah mulberry, pearl, sakura, dan lain sebagainya. Pakai setiap kali habis mandi ya, supaya produk lebih cepat meresap di kulit, karena kulit masih dalam keadaan lembap. Meskipun kamu fokus untuk mencerahkan lutut, siku, tumit, dan bokong jadi lebih cerah, tapi pakai saja sekaligus ke seluruh tubuh, jangan hanya bagian-bagian lipatan saja.

Baca juga: 5 Sunscreen Lokal dengan Kandungan Niacinamide untuk Melindungi dan Mencerahkan Kulit

Axillary cream

Produk axillary cream adalah krim khusus yang memang diciptakan untuk mencerahkan area kulit tubuh yang kasar dan berwarna gelap. Nggak hanya untuk area ketiak saja, tapi bisa juga untuk kulit siku, lutut, bahkan selangkangan. Umumnya axillary cream itu berukuran kecil karena memang bukan untuk dipakai di seluruh badan. Sekarang ini banyak lho brand lokal yang memiliki produk axillary cream yang aman dan bagus formulanya! Untuk hasil maksimal, kamu bisa gunakan setiap hari setelah menggunakan exfoliating toner atau brightening body lotion.

Peeling pads

Semenjak kulit wajah gampang kering dan sensitif, saya jadi mengalihkan produk peeling pads yang punya kandungan lemon di rumah, untuk dipakai di kulit kulit tubuh. Kalau digunakan secara rutin 2-3 kali seminggu, terlihat lho perbedaannya! Kulit lutut dan siku yang biasanya kasar dan kusam jadi lebih lembut dan cerah. Saya juga suka menggosoksnya di telapak kaki dan punggung kaki yang kehitaman pada saat mandi. Kalau kamu punya juga produk peeling pads di rumah, sekarang saatnya mencoba!

 

Nah, ada banyak kan produk yang bisa kamu pakai untuk mencerahkan lutut, siku, dan area lipatan kulit tubuh lainnya? Pakainya jangan hanya sekali ya, harus rutin! Perlu diingat juga bahwa hasilnya nggak bisa instan atau membuat kulit area tersebut jadi berubah drastis. Bagaimana pun juga, area lipatan punya “tugas” dan gesekan lebih banyak dibanding dengan area kulit lainnya, sehingga sangat wajar jika warnanya berbeda. Yang terpenting, kamu tidak berhenti merawatnya agar tampilannya tidak kusam dan teksturnya tetap lembut.

 

 

Image: Freepik.com, Everwhite, Neogen.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment