banner-detik

skin care

Di TikTok, Kentang Hits sebagai Obat Jerawat? Jangan Mudah Percaya!

seo-img-article

 

 Hati-hati, nggak semua yang hits di media sosial perlu kamu ikuti, termasuk TikTok!

 

Pergerakan TikTok memang cepat banget dan wild, bahkan jauh lebih menghebohkan dibanding Instagram. Kontennya kini makin beragam, nggak cuma ajang untuk pamer kelincahan berjoget. Banyak sekali tren kecantikan dan beauty hacks yang bermunculan di TikTok sejak tahun lalu, tapi, tentu saja nggak semuanya perlu kamu tiru. Sebagian memang berguna, tapi banyak juga yang terbukti nggak efektif, bahkan berbahaya lho! Contohnya, pakai cat sebagai masker wajah, pakai cleansing oil selama 15 menit, pakai pasta gigi untuk menumbuhkan kuku lebih cepat, sampai pakai perasan lemon untuk mengatasi jerawat. Duh, gawat!

Baca juga: Beberapa Tren Beauty di TikTok yang Berbahaya

KENTANG UNTUK OBAT JERAWAT - 1

Belakangan ini, menggunakan kentang sebagai obat jerawat, hits di TikTok. Kenapa kentang? Benar nggak sih kamu bisa mengusir jerawat yang membandel dengan umbi yang lezat banget kalau dibikin French fries itu?

Baca juga: Intip Makeup Hacks di TikTok yang Life Changing!

Sama seperti di lini kehidupan lainnya, berhati-hati sangatlah penting. Saat menerima informasi, apalagi di era digital seperti ini, ada baiknya kamu nggak langsung menerimanya mentah-mentah. Cek lagi kebenarannya, banyak baca, dan cari tahu sebanyak mungkin, apalagi kalau soal kulit. Kamu nggak mau dong, kulitmu jadi makin rusak hanya karena FOMO dan mengikuti segala tren yang ada?

KENTANG UNTUK OBAT JERAWAT - 3

Baca juga: 4 Skincare Anti-aging Lokal dengan Kandungan Bakuchiol

Kentang memang banyak nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, tapi ternyata, menggunakan kentang sebagai obat jerawat bukanlah cara yang tepat. Tidak seperti tumbuh-tumbuhan lain seperti tea tree, bakuchiol, atau Centella Asiatica, kentang bukanlah bahan yang kerap dipakai dalam produk-produk skincare anti-acne. 

Beberapa studi memang menunjukkan bahwa kentang mengandung glykoalkaloid dan beberapa komposisi lainnya yang bisa berperan sebagai anti-inflamasi. Kalau kamu menggunakan kentang sebagai obat jerawat, ada kemungkinan kemerahannya berkurang, tapi itu saja, nggak lebih. Karena, kentang nggak memiliki kandungan yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat atau meningkatkan regenerasi sel kulit yang bikin jerawat cepat sembuh.

KENTANG UNTUK OBAT JERAWAT - 2

Perlu diingat bahwa di TikTok, penggunaan kentang sebagai obat jerawat adalah pengalaman personal, bukan berbasis studi atau hal yang teruji klinis. Jadi, hasilnya tentu bisa berbeda di setiap orang. Bayangkan, produk skincare terkenal yang sudah dermatologist-tested saja belum tentu bisa cocok untuk semua orang, apalagi tips skincare yang hanya berdasarkan testimoni dari non-profesional.

Baca juga: 3 Serum Jerawat dari Brand Lokal yang Bisa Kamu Coba!

Apa sebenarnya manfaat kentang bagi kulit?

Selain kabar kentang yang ampuh sebagai obat jerawat, kentang juga banyak diklaim mampu mengatasi dark spots dan bekas jerawat, tapi itu pun belum ada penelitian yang membuktikannya. Jadi, kalau kamu membubuhkan potongan kentang atau kentang yang dihaluskan ke wajahmu, jangan berharap banyak ya.

KENTANG UNTUK OBAT JERAWAT - 6

Baca juga: 5 Rekomendasi Parfum Couple untuk Kado Valentine

Kentang adalah umbi yang bebas lemak, punya kandungan potassium, iron, serat, vitamin C, dan vitamin B6 yang kalau dikonsumsi bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Tapi, karena kentang tergolong starchy food, maka tidak disarankan mengonsumsinya berlebihan ya. Cara paling baik makan kentang adalah memanggangnya, karena kamu bisa tetap mendapatkan nutrisinya tanpa terlalu mengorbankan rasanya. Kalau digoreng, meskipun rasanya enak banget, tapi minyaknya malah bisa meningkatkan inflamasi pada tubuh dan kulit.

Baca juga: Skincare Berbahan Kecambah Bikin Kulit Glowing?

Ada lagi yang harus kamu tahu, nih. Sebuah studi menunjukkan bahwa kentang mentah itu berhubungan dengan latex allergy pada orang dewasa. Makanan lain yang bisa menimbulkan latex allergy adalah wortel, apel, tomat, dan pisang. Jadi kalau kamu alergi terhadap latex, jangan pernah menggunakan kentang mentah pada kulitmu.

KENTANG UNTUK OBAT JERAWAT - 5

Baca juga: 5 Resep Lip Scrub Natural untuk Bikin Bibir Halus dan Mulus

Nah, ternyata, kentang dan jerawat nggak terlalu berhubungan erat ya? Jadi, sebaiknya gunakan yang pasti-pasti saja sebagai obat jerawat, misalnya skincare dengan kandungan Salicylic Acid, Niacinamide, Benzoyl Peroxide, retinol, tea tree, witch hazel, bakuchiol, atau Centella Asiatica. Ingat untuk selalu berhati-hati juga saat membuat masker natural dari buah atau sayuran di rumah, jangan lupa patch test dulu sebelum mengaplikasikannya di wajahmu.

 

 

Foto: Freepik.com.

Sumber: Healthline

Slow Down

Please wait a moment to post another comment