5 Cara Merawat Kuku yang Sering Pakai Kuteks

5 Cara Merawat Kuku yang Sering Pakai Kuteks

MERAWAT KUKU YANG SERING PAKAI KUTEKS 6

Kuku yang sering diwarnai, harus sering dirawat juga. Ini dia cara merawat kuku tanpa harus pergi ke salon!

Di masa pandemi ini, kita nggak bisa sembarangan melakukan perawatan di salon kecantikan ya. Karena nggak urgent juga sih, nggak sebanding dengan resiko kesehatannya. Sebagai orang yang suka sekali pakai nail polish, mau nggak mau sekarang saya harus bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Caranya mudah, simpel, nggak makan terlalu banyak waktu, namun bikin kuku kita tetap sehat dan indah tanpa harus pergi ke salon.

Baca juga: Tips Memakai Nail Polish Agar Rapi Untuk Pemula

1. Beri jeda pemakaian nail polish

MERAWAT KUKU YANG SERING PAKAI KUTEKS 3

 

Meskipun cantik, tapi sebaiknya nggak terus-terusan pakai nail polish. Setelah beberapa hari pakai satu warna, sebelum memutuskan ganti warna, sebaiknya istirahatkan dulu kukumu tanpa memakai nail polish apapun. Biarkan kuku “bernapas” tanpa ditutupi bahan kimia dulu. Ini penting lho, untuk menjaga kuku tetap sehat dan nggak gampang patah.

Baca juga: 5 Rekomendasi Nail Polish Warna Lilac yang Lagi Hits!

2. Hindari memakai nail polish remover berbahan aseton

MERAWAT KUKU YANG SERING PAKAI KUTEKS

Nail polish remover berbahan aseton memang harganya lebih murah, dan lebih mudah dipakai untuk membersihkan nail polish. Namun kandungannya keras, dapat menghilangkan kandungan minyak alami dari kuku dan kulit di sekitar kuku. Kalau terlalu sering dipakai, akibatnya kuku jadi kering, kasar, dan rapuh. Aseton tidak hanya membersihkan nail polish, tapi juga mengikis lapisan atas kuku perlahan. Jadi sebaiknya sih, hindari nail polish remover jenis ini ya. Sekarang sudah banyak banget kok pilihan nail polish remover yang acetone free dan lebih gentle di kuku, yang dijual di pasaran. Bahkan dari drugstore brand juga banyak. Beberapa yang populer dan mudah ditemui adalah Revlon Nail Enamel Remover, Flormar Nail Polish Remover, dan The Face Shop Trendy Nail Remover.

Saya terkadang masih menggunakan nail polish remover yang memakai aseton juga, tapi sudah sangat jarang sekali. Biasanya aseton saya pakai untuk membersihkan nail polish dengan glitter. Cat kuku dengan glitter memang cenderung lebih susah dihapus, jadi butuh aseton untuk membantu menghilangkannya.

Baca juga: Kuku Rusak Setelah Pakai Nail Gel? Ini Tips Mengatasinya!

3. Pakai cuticle oil

MERAWAT KUKU YANG SERING PAKAI KUTEKS 2

Area kutikula yang bersih dan lembap itu penting sekali untuk kesehatan dan keindahan kuku. Jadi usahakan untuk rutin memakai cuticle oil setiap hari. Saya mulai rutin pakai cuticle-oil ini setiap habis mandi malam. Caranya cukup dioles ke kuku dan kulit disekitar kuku, lalu pijat-pijat lembut sampai meresap.

Yang saat ini sedang saya pakai adalah BarryM Nail Shot Nail & Cuticle Oil, karena mudah ditemukan dan harganya juga terjangkau. Tapi beberapa kali saya melihat beauty influencer Agnes Oriza memakai Bio Oil Gel untuk perawatan kuku dan kutikula. Jadi untuk yang nggak punya cuticle oil, mungkin Bio Oil Gel bisa dicoba.

Baca juga: Cara Merawat Kutikula Kuku yang Kering

4. Rajin pakai hand cream

MERAWAT KUKU YANG SERING PAKAI KUTEKS 4

Saat kita mencuci tangan dengan sabun atau pakai hand sanitizer yang mengandung alkohol, bukan hanya kulit tangan yang kering, tapi juga kuku. Hand cream bisa membantu melembapkan kembali kulit tangan dan kuku kita, jadi kuku lebih sehat dan kuat. Hand cream ini bisa dipakai setiap habis cuci tangan, atau kapan saja saat area tangan dan kuku terasa kering. Biar lebih bersemangat dan nggak males pakainya, coba deh cari hand cream yang tekturnya ringan dan aromanya enak, seperti misalnya The Body Shop British Rose Hand Cream.

Baca juga: Kulit Tanganmu Kering? Ini 7 Hand Cream untuk Mengatasinya!

5. Perawatan dari dalam

MERAWAT KUKU YANG SERING PAKAI KUTEKS 5

Nah, ini juga penting namun sering dilupakan! Kuku adalah bagian dari tubuh kita. Jadi apa yang kita makan juga akan berpengaruh terhadap kesehatan kuku kita. Konsumsi makanan yang mengandung biotin seperti gandum, bayam, susu, telur, ikan salmon, dan daging ayam. Biotin adalah jenis vitamin B kompleks yang membuat kuku lebih kuat dan sehat.

 Baca juga: 5 Sabun Cuci Tangan yang Bikin Kulit Tetap Lembut

Mudah bukan, merawat kuku sendiri di rumah? Kalau kamu mau share tentang cara lain merawat kuku yang biasa kamu lakukan, tulis di kolom comment ya!

 

Foto: Freepik.com