Tips Memakai Nail Polish Agar Rapi Untuk Pemula

Tips Memakai Nail Polish Agar Rapi Untuk Pemula

Nggak pernah bisa rapi saat pakai nail polish? Coba baca tips memakai nail polish untuk pemula berikut ini!

Saya suka banget nail polish! Rasanya tuh ada yang kurang, kalau melihat jari-jari saya polosan tanpa sentuhan nail polish. Buat saya yang sehari-hari bekerja di depan laptop, warna-warni kuku yang dicat dengan nail polish ini bikin lebih bersemangat. Tapi pakai nail polish memang butuh kesabaran lebih. Apalagi untuk pemula, rasanya susah kan memoles kuku dengan rapih dan cantik? Saya pun pernah ada di fase seperti itu.

tips nail polish (1) - Copy - Copy

Nah, saya akan memberikan tips nail polish untuk pemula yang ingin memakai nail polish dengan rapi, tanpa harus ke salon kuku.

1.  Pilih nail polish dengan tekstur dan konsistensi yang baik

Produk nail polish yang bagus sekarang udah banyak banget kok. Bahkan banyak juga yang harganya terjangkau. Tinggal pilih saja tekstur produk yang sesuai selera. Kalau saya nggak suka yang terlalu kental, karena susah diratakan di kuku. Masalahnya, bila produk sudah terlalu lama disimpan, teksturnya seringkali berubah dan sedikit mengental. Biasanya saya menyiasatinya dengan merendam botol kuteks ke dalam air hangat terlebih dahulu. Setelah itu, kocok-kocok botol nail polish dengan arah menyamping.

Baca juga: 5 Nail Polish Bagus di Bawah 50 Ribu

2. Pilih posisi duduk yang stabil

Saran saya sih, pilih kursi dan meja yang kosong. Kalau saya, paling nyaman dengan meja yang tingginya di bawah dada persis. Letakkan tangan yang mau dikuteks di meja, menghadap ke arah depan. Dengan menempatkan diri pada kursi dan meja seperti ini, tangan jadi lebih stabil dan minim shaking. Kalau bisa, kursi dan meja ini letaknya di luar ruangan, seperti di teras atau halaman rumah. Agar aroma nail polish yang tajam nggak terlalu mengganggu konsentrasi.

3. Pakai base coat terlebih dahulu

Base coat ini penting banget lho. Selain melindungi kuku agar tidak menguning karena nail polish, juga berfungsi meratakan permukaan kuku. Kalau permukaan kuku rata, proses pemakaian nail polish juga jadi lebih mudah dan hasilnya lebih rapi.

4. Jangan Takut Berantakan Awalnya!

Sampai sekarang, saya masih agak susah memakai nail polish sekali langsung rapih. Biasanya sih saya biarkan saja bila sedikit berantakan melebihi garis batas kuku, atau mengenai kulit jari di luar kuku. Itu lebih baik daripada takut-takut, dan malah ada bagian kuku yang nggak terkena nail polish. Karena nail polish yang di kulit jari ini akan mudah dibersihkan kok, tidak seperti nail polish yang sudah menempel di kuku. Biasanya sekali cuci tangan/ mandi saja, nail polish yang belepotan di kulit jari sekitar kuku sudah bersih. Dan jangan terburu-buru ingin membersihkan nail polish yang belepotan ini. Sebaiknya tunggu dulu saja sampai nail polish benar-benar kering, lalu bersihkan di bawah air mengalir.

5. Aplikasikan selapis tipis terlebih dahulu

Seringkali formula nail polish itu nggak bisa langsung menutup kuku bila diaplikasikan tipis-tipis. Apalagi saya memang cenderung lebih suka nail polish yang teksturnya sedikit encer. Tapi saya nggak menganjurkan juga untuk mengaplikasikan langsung tebal-tebal, karena biasanya bagian dalamnya nggak akan kering sempurna, sehingga nail polish mudah penyok bila kuku tersenggol. Sama seperti memakai foundation, sebaiknya aplikasikan selapis tipis terlebih dahulu. Tunggu sampai benar-benar kering, baru poles lapisan kedua.

6. Pakai top coat

Nah, ini nggak kalah penting dari base coat. Tujuannya agar kuteks lebih awet dan tetap shiny. Tapi kalau saya, biasanya nggak langsung saya oles top coat, sesaat setelah selesai memakai nail polish. Biasanya top coat baru saya aplikasikan pada hari berikutnya, atau satu hari setelah aplikasi nail polish. Tujuannya sih, untuk mengembalikan kilau nail polish yang biasanya sedikit meredup setelah satu hari pemakaian. Dan lagian, biasanya nail polish saya juga masih bagus dan nggak boncel kalau baru satu hari pemakaian. Aplikasi top coat ini biasanya saya ulang lagi di hari selanjutnya, selama nail polish masih menempel cantik dan merata di kuku.

Kunci utama memakai nail polish untuk pemula ini adalah sabar. Memang butuh waktu ekstra untuk memakai nail polish agar hasilnya perfect. Makanya kalau saya, selalu melakukan di malam hari saat semua pekerjaan sudah beres. Saya biasa memakai selapis di jari kanan dulu, lalu tunggu kering. Kalau sudah kering, pakai di jari kiri, lalu tunggu kering lagi. Lalu pakai lapisan kedua di jari kanan, tunggu kering lagi. Dan begitu seterusnya. Yang penting, dinikmati saja prosesnya, sehingga walaupun lama, namun tetap terasa menyenangkan.