banner-detik

skin care

Selain Pakai Skincare, Ini 6 Cara Sederhana untuk Mencegah dan Mengatasi Jerawat

seo-img-article

6 CARA SEDERHANA MENCEGAH DAN MENGURANGI JERAWAT - 2

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh pemilik acne-prone skin dalam mengatasi jerawat dan menjaga kesehatan kulitnya. Apa saja?

Selain merawat kulit dengan skincare yang mengandung bahan-bahan untuk mengurangi inflamasi, mengontrol minyak, dan membantu memudarkan bekas jerawat, seperti Centella Asiatica, Niacinamide, dan Salicylic Acid, apa lagi yang bisa diusahakan untuk mengatasi jerawat? Beberapa hal-hal sederhana ini ternyata bisa berefek besar lho! Simak, yuk!

1. Menghindari handuk untuk mengeringkan wajah

6 CARA SEDERHANA MENCEGAH DAN MENGURANGI JERAWAT - 6

Kalau kamu pakai handuk yang sama untuk mengeringkan tubuhmu dan wajahmu setelah mandi, bakteri pada tubuh bisa berpindah ke wajah. Ini nggak disarankan untuk dilakukan, apalagi pada kulit berjerawat. Hindari menggunakan handuk dan menggosok-gosokkannya ke wajah, karena tindakan ini cukup harsh dan bisa memperparah inflamasi pada kulit yang berjerawat. Sebaiknya, setelah kamu mandi atau membersihkan wajah, keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk tisu yang lembut. Cara ini juga bisa bikin kulit lebih awet muda, lho! Kalau memang kamu lebih suka menghemat tisu, pilih handuk lembut yang berbeda dengan handuk untuk tubuh ya!

Baca juga: Yuk, Coba Skincare Matcha yang Kaya Antioksidan Ini!

2. Rajin ganti masker kain 3-4 kali sehari

MAKEUP TAHAN LAMA SAAT PAKAI MASKER 2

Setelah diserang maskne (jerawat akibat pemakaian masker selama pandemi) yang cukup parah pada bulan Juni-Agustus lalu, saya jadi lebih rajin mengganti masker kain saat ke luar rumah. Saya bisa membawa 3-5 cadangan masker di dalam pouch, dan ganti setiap 2 jam sekali. Sesampainya di rumah, saya juga langsung merendam masker kain yang kotor dengan detergen, kemudian dicuci bersih menggunakan mesin cuci. Atau, kamu juga bisa menggunakan masker disposable (masker medis) saja, karena lebih higienis dan sekali pakai. Kulit jadinya nggak terjebak Setelah trik ini dilakukan, maskne jadi jarang muncul lho!

Baca juga: 10 Skincare Supermarket yang Bisa untuk Mengatasi Jerawat!

3. Mencuci sarung bantal setiap minggu

6 CARA SEDERHANA MENCEGAH DAN MENGURANGI JERAWAT - 3

Kalau kamu malas ganti sprei dan sarung bantal, jangan harap tidurmu bakal nyenyak dan kulitmu bakal bagus! Sprei dan sarung bantal bisa jadi sarang kuman! Saat pipimu menempel dengan sarung bantal, bakteri di sana bercampur dengan wajah yang greasy karena menggunakan skincare malam hari. Nah, ini bisa jadi penyebab jerawat juga. Jadi, buat mencegah dan mengatasi jerawat, sebaiknya ganti sprei dan sarung bantalmu 2 kali seminggu. Tapi kalau jerawatmu sedang banyak banget, kamu bisa gantinya lebih sering lagi yaitu setiap minggu.

Baca juga: 7 Skincare untuk Kulit Berjerawat di Bawah 300 Ribu!

4. Mencuci perlengkapan solat 2 kali seminggu

6 CARA SEDERHANA MENCEGAH DAN MENGURANGI JERAWAT - 5

Selain sarung bantal, sajadah dan mukena juga sering diabaikan kebersihannya. Padahal, kondisi mukena yang lembap dan bercampur dengan makeup atau bakteri di wajah, bisa juga jadi pemicu jerawat di kulitmu! Jadi, rutin cuci dan ganti ya! Apalagi, alat-alat itu dipakai untuk beribadah menghadap Tuhan, semestinya selalu dalam keadaan bersih.

Baca juga: 3 Sheet Mask untuk Remaja yang Kulitnya Berjerawat

5. Membersihkan ponsel setiap hari

6 CARA SEDERHANA MENCEGAH DAN MENGURANGI JERAWAT - 7

Buat kamu yang lebih sering telepon dibandingkan texting, ini poin penting banget! Ponsel adalah benda yang paling sering kita pegang, kan? Sementara tangan adalah sumber kuman dan bakteri. Kebayang nggak kalau kamu berlama-lama telepon dengan ponsel yang kotor? Jadi, supaya menghindari perpindahan kotoran-kotoran dari ponsel ke wajahmu, kamu harus rajin cuci tangan dan membersihkan ponselmu dengan gadget spray atau alcohol swab.

Baca juga: 3 Serum Jerawat dengan Kandungan Niacinamide 

6. Menghindari facial scrub

6 CARA SEDERHANA MENCEGAH DAN MENGURANGI JERAWAT - 4

Kulit yang berjerawat apalagi sedang sangat meradang dan kemerahan, tidak disarankan menggunakan facial scrub untuk eksfoliasi. Menggosok-gosokkan scrub pada jerawat bisa bikin kulit jadi perih, inflamasi, dan setelahnya terasa lebih kering. Kulit yang kering bisa memicu sebum keluar lebih banyak dan jerawat muncul lebih parah. Vicious circle! Jadi, sebaiknya, eksfoliasi saja dengan chemical exfoliator seperti face toner atau face serum yang mengandung AHA, BHA, dan PHA.

Nah, itulah 6 hal simpel yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Bila dilakukan rutin setiap hari, dilengkapi dengan skincare yang sesuai, kamu bisa merasakan hasilnya, lho! Ada lagi nggak cara sederhana yang kamu tahu, yang ampuh untuk mencegah dan mengatasi jerawat?

 

Foto: Freepik.com.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment