banner-detik

podcast

3 Rumus Penting Buat Bikin Kulit Glowing (With audio)

seo-img-article

 

3 RUMUS BIKIN KULIT GLOWING 3

Ternyata masih banyak yang penasaran gimana caranya bikin kulit glowing atau tampak dewy dan segar. Apakah kamu salah satunya?

3 Rumus Kulit Glowing - audio version

Poppy Septia

Untuk mendapatkan kulit glowing, sebenarnya rumusnya sederhana kok. Kamu hanya perlu konsisten melakukan eksfoliasi 2 kali seminggu, jaga kelembapan kulit setiap hari, dan wajib memakai sunscreen setiap pagi. Kenapa 3 cara ini sangat penting buat menciptakan kulit glowing? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Eksfoliasi

3 RUMUS BIKIN KULIT GLOWING 1

Sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk nggak cuma bisa menyumbat pori, menyebabkan komedo dan jerawat, tapi juga bikin kulit kelihatan kusam. Makanya, membersihkan wajah sehari-hari dengan facial wash saja nggak cukup. Eksfoliasi harus rutin dilakukan supaya memperbaiki regenerasi sel kulit wajah, bikin kulit jadi terlihat lebih cerah dan segar.

BERBAGAI EXFOLIATING TONER - RUMUS KULIT GLOWING

 

Berbagai exfoliating toner.

Lakukan eksfoliasi 2 kali seminggu dengan produk-produk pilihanmu yang sesuai dengan jenis kulitmu. Ada physical exfoliator seperti facial scrub, peeling gel, dan juga peeling pad. Saat memakai physical exfoliator, jangan menggosok terlalu keras ya, biar kulit nggak iritasi. Ada juga chemical exfoliator yang lebih lembut di kulit seperti toner atau serum dengan kandungan AHA, BHA, PHA. Kalau menggunakan chemical exfoliator, kamu bahkan bisa melakukan eksfoliasi setiap hari lho, karena ada beberapa jenis exfoliating toner yang mild dan diformulasikan untuk aman dipakai daily.

BERBAGAI EXFOLIATING SERUM - RUMUS KULIT GLOWING

Berbagai exfoliating serum.

Jangan lupa, selalu pakai moisturizer setelah melakukan eksfoliasi jenis apapun, supaya kulit kembali lembap dan pori-pori yang “terbuka” nggak dibiarkan begitu saja.

Baca juga: Trik Bikin Kulit Glowing Menggunakan Skincare dan Makeup

2. Jaga kelembapan

MOISTURIZER MULTIFUNGSI 3

Kondisi kulit yang kering atau dehidrasi nggak akan kelihatan glowing, karena kulit kehilangan kelembapan alaminya, tampak matte, dan jadi terlihat kusam. Makanya, apapun jenis kulitmu, penting untuk pakai moisturizer setiap hari. Ada banyak varian moisturizer di pasaran yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Kalau kamu punya kulit berminyak atau acne-prone, kamu bisa pilih moisturizer yang bentuknya lotion, gel, atau yang formulanya water-based, biar nggak terasa lengket. Moisturizer dengan kandungan Hyaluronic acid adalah opsi tepat kalau kamu ingin punya tampilan kulit yang plumpy.

Baca juga: 7 Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Hyaluronic Acid untuk Bikin Kulit Dewy

Moisturizer pagi dan malam nggak wajib dibedakan, kok. Kalau mau pakai satu moisturizer yang sama pun tidak apa-apa. Kalau mau pakai day cream dengan SPF, dan night cream yang terpisah juga boleh. Biasanya, night cream teksturnya lebih rich karena kulit kita saat malam hari cenderung lebih kering.

MOISTURIZER, SHEET MASK, HYDRATING TONER - RUMUS KULIT GLOWING

Moisturizer, sheet mask, dan hydrating toner.

Yang perlu diingat, menjaga kelembapan kulit nggak cuma bisa dengan moisturizer saja, tapi bisa dibantu hydrating toner, sheet mask dan serum. Kalau kulit saya sedang terasa kering, saya langsung pakai sheet mask favorit, kemudian bubuhkan serum wajah andalan. Dua produk tersebut pasti bisa bikin kulit saya terlihat glowing kembali.

Baca juga: 5 Serum Wajah yang Ampuh Bikin Kulit Glowing!

Kulit yang cukup kadar airnya akan terjaga skin barrier-nya dan terlihat lebih kenyal, jadi otomatis tampak glowing dan sehat.

Baca juga: 5 Alasan Seks Bikin Kulit Glowing dan Sehat

3. Jangan lupakan sunscreen

BERBAGAI SUNSCREEN YANG NGGAK LENGKET - RUMUS KULIT GLOWING

 

Berbagai sunscreen yang nggak lengket.

Apa hubungannya sunscreen dengan kulit glowing? Karena sinar UVA dan UVB bisa bikin kulit terbakar, muncul dark spot, garis-garis halus, warnanya tidak rata dan menggelap, serta terlihat kusam, makanya kita perlu proteksi sehari-hari untuk menjaga kulit tetap cerah dan sehat. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan tekstur yang lightweight, aplikasikan setiap pagi. Kalau bisa, re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali ya, supaya kulit terlindungi secara maksimal. Meskipun #dirumahaja, kita dianjurkan tetap pakai sunscreen karena sinar matahari tetap masuk melalui pintu atau jendela.

Baca juga: Kulit Glowing Walaupun Tanpa Makeup? Bisa Kok!

Jadi, itu dia rumusnya! Eksfoliasi + jaga kelembapan + sunscreen = kulit glowing. Gampang, kan? Apapun jenis kulit dan warna kulit kamu, kamu bisa memiliki kulit yang lebih bercahaya sehat kalau kamu menerapkan rumus sederhana di atas. Jangan lupa, lengkapi asupan sehat seperti rutin makan buah, sayur, dan 8 gelas air putih setiap hari. Selamat mencoba!

 Baca juga: Mau Punya Kulit Glowing? Coba 5 Resep Smoothie Ini!

Foto: Freepik.com, courtesy of brands.

1
1

Slow Down

Please wait a moment to post another comment