banner-detik

makeup

Trik Bikin Kulit Glowing dengan Skincare dan Makeup

seo-img-article

KULIT GLOWING DENGAN SKINCARE DAN MAKEUP 2

Kulit glowing atau bercahaya sehat masih jadi dambaan banyak perempuan. Kamukah salah satunya?

Syarat utama kulit glowing adalah kondisi kulit yang lembap dan terawat. Kalau kulitnya kering, pasti tampak kusam atau terlihat nggak segar. Sementara kalau kulit kita lembap dan kenyal maka kulit jadi terlihat punya cahaya sehat! Makeup pun jadi menempel lebih lama dan mudah dibaurkan di kulit yang sehat. Jadi, buat meraih tampilan kulit glowing, kamu memang sebaiknya memadukan perawatan kulit dengan penggunaan makeup yang tepat.

Skincare

Sebanyak apapun kamu membubuhkan highlighter, kalau kulitmu nggak sehat, kasar, dan dehidrasi maka hasilnya nggak akan bagus! Langkah-langkah berikut ini harus dilakukan untuk maintain kulit supauya terjaga teksturnya, terlihat plumpy, dan punya glowy sheen.

1. Rajin eksfoliasi

Eksfoliasi secara teratur, 2 kali seminggu, berfungsi mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit, bikin kulit lebih cerah dan halus, serta melancarkan pembentukan sel-sel kulit yang baru. Kalau kulit lebih bersih, maka skincare yang dipakai akan meresap lebih maksimal dan bisa bekerja lebih efektif.

2. Gunakan serum vitamin C

Serum vitamin C yang dibubuhkan sebelum moisturizer bisa bikin kulit glowing karena vitamin C tinggi antioksidan dan bisa mencerahkan kulit. Gunakan setiap pagi dan malam biar hasilnya lebih terlihat ya! Saat pagi, jangan lupa aplikasikan sunscreen juga setelah pakai serum vitamin C dan moisturizer.

Baca juga: 5 Alasan Kamu Harus Coba Trilogy Vitamin C Booster Treatment

3. Pilih produk dengan hyaluronic acid

Kalau ingin kulit selalu terhidrasi dengan baik dan terlihat lebih plumpy, kamu bisa memilih skincare dengan kandungan Hyluronic acid, misalnya dalam bentuk cleanser, serum, moisturizer, dan face mist.

Baca juga: 5 Produk untuk Mengatasi Kulit Kering Saat Musim Dingin

4. Semprotkan face mist

FACE MIST - KULIT GLOWING

Jangan bosan pakai face mist di tengah kegiatanmu sehari-hari! Face mist adalah salah satu produk skincare yang saya miliki dalam jumlah banyak, karena bagus buat bikin kulit glowing, lebih segar dan lembap seketika. Favorit saya: Sulwhasoo Hydro-Aid Moisturizing Soothing Mist, Sensatia Botanicals Aloe & Cucumber Face Mist, dan Caudalie Beauty Elixir.

5. Pola hidup sehat

Semua orang butuh skincare dari “dalam”. Kalau kulit glowing adalah goal kamu, sebaiknya kamu nggak kekurangan air putih, buah, dan sayur. Kurangi asupan gula biar kulit nggak gampang inflamasi. Kurangi juga rokok dan alkohol, plus harus perbaiki jam tidur, supaya kulit nggak kusam dan mudah menua!

Makeup

1. Minimal makeup

KULIT GLOWING DENGAN SKINCARE DAN MAKEUP 3

Kamu tahu kan, yang bikin Korean makeup look kelihatan segar dan glowing adalah penggunaan makeup yang tidak berlebihan. Coba deh bandingkan dengan makeup ala Amerika yang berat dan terlalu banyak contour. Beda kan? Makeup yang terlalu full bakal bikin tampilan kamu lebih tua dan menutupi cahaya alami kulitmu.

Makanya kalau kamu kelihatan lebih muda dan kulit glowing, jangan pakai makeup terlalu banyak. Skip contour dan eyeshadow yang berwarna-warni, hindari juga lipstik metalik atau super matte yang mencuri perhatian. Keep it simple, fokuskan pada complexion yang sehat.

Baca juga: Tips Makeup Natural Korea dari Jamie Yoon, MUA Sulwhasoo

2. Coverage ringan

Biar complexion nggak kaya pakai dempul, kamu harus pilih produk base makeup yang lightweight, misalnya tinted moisturizer, dewy foundation, sheer foundation, cushion, atau tinted primer. Kamu juga bisa mencampur foundation-mu dengan 1-2 tetes serum kesayangan sebelum dibaurkan ke wajah, supaya kulit glowing, terasa lebih lembap dan ringan.

3. Kurangi powder

Kalau bisa, nggak perlu pakai bedak lagi setelahnya. Powder akan bikin makeup kamu jadi lebih matte seketika! Tapi, kalau kulitmu tipenya berminyak, kamu bisa mengakalinya dengan memakai loose powder atau setting powder hanya pada daerah T.

Selain itu, kamu juga bisa memilih cream blush, bukan powder blush, buat meraih kesan kulit glowing dan pipi yang bersemu natural.

4. Hindari yang matte

KULIT GLOWING DENGAN SKINCARE DAN MAKEUP 6

Foundation, eyeshadow, dan lipstik dengan tekstur matte harus dihindari dulu kalau kamu ingin tampilan kulit glowing. Coba pilih foundation yang dewy, shimmery eyeshadow, atau cream eyeshadow. Kamu bisa pakai lipstik yang creamy atau punya hasil satin, bahkan bisa gunakan lip gloss biar lebih segar dan bebas dari tampilan cracking.

5. Tambahkan highlighter

KULIT GLOWING DENGAN SKINCARE DAN MAKEUP 4

Bubuhkan highlighter pada tulang pipi, tulang hidung, sedikit di cupid’s bow, di tepi dahi bagian atas, hingga di tulang leher. Highlighter adalah senjata yang tepat untuk memberi ilusi kulit glowing dan segar. Favorit saya: Becca Shimmering Skin Perfector warna Rose Quartz dan Make Over Powerstay Highlighter.

HIGHLIGHTER - KULIT GLOWING

 

 

Nah itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan buat mendapatkan kulit glowing! Ada tips lainnya? Share di comment ya!

 

Foto: Courtesy of Sulwhasoo, Sensatia Botanicals, Caudalie, Becca, Make Over, Dok. Female Daily/Bobby Firnanda.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment