MUA Sulwhasoo Jamie Yoon Berbagi Trik Makeup Natural Korea

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan bertemu dan di-makeup langsung oleh Jamie Yoon, Sulwhasoo Global Makeup Artist, yang sedang berkunjung ke Jakarta. Jamie berbagi rahasia tentang makeup natural Korea yang flawless!

 

Meski telah banyak mencoba produk Korea baik makeup ataupun skincare, dan juga sering mengaplikasikan gaya makeup ala Korea, tapi setelah bertemu Jamie Yoon saya baru merasakan bedanya. Gaya makeup Jamie dan tips darinya benar-benar membuka mata saya tentang K-Beauty. Ada banyak sekali perbedaan dengan gaya makeup saya sehari-hari, atau gaya makeup orang Indonesia! Seperti apa “rahasia” makeup natural Korea yang dibagikan oleh Jamie Yoon?

 

JAMIE YOON

1. Cewek Korea Sangat Suka Skincare, Tapi..

Skincare first. Seperti yang kita semua tahu, skincare memang lebih penting dibanding makeup dan harus selalu diaplikasikan sebelum makeup supaya kulit tampak lebih sehat dan makeup pun tahan lebih lama. Ritual skincare cewek-cewek Korea yang sangat panjang, sampai 10 Step atau lebih, ternyata nggak harus selalu diaplikasikan seluruhnya sebelum makeup. Selain karena memakan waktu lama, bagaimana pun juga kita harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca.

Jamie Yoon nggak terlalu suka pakai banyak produk skincare sebelum makeup. Hanya dua yang ia aplikasikan biasanya, facial essence atau booster, dan serum. Dua produk ini sudah bikin kulit lebih lembap dan kenyal, serta menambah efek glowy pada makeup. Apalagi, baginya cuaca Indonesia sangat panas dan humid, jadi layering skincare yang lebih simpel bisa bikin kulit terasa lebih nyaman.

Baca juga: Makeup untuk Anak-Anak Jadi Tren di Korea!

Ini beda banget dengan kebiasaan saya selama ini yang pakai toner, essence, serum, moisturizer, dan sunscreen sebelum memakai makeup. Hmm.. mungkin sesekali saya harus coba trik dari Jamie biar menghemat waktu dan bikin kulit terasa lebih ringan.

Coba: Sulwhasoo First Care Activating Serum EX dan Sulwhasoo Concentrated Ginseng Renewing Serum.

 

SONG HYE KYO - SULWHASOO 1

SULWHASOO GINSENG RENEWING SERUM

2. Satu Shade Lebih Cerah

Saat saya di-makeup oleh Jamie, saya dipakaikan cushion Sulwhasoo no.17, padahal saya biasanya pakai Sulwhasoo Perfecting Cushion EX shade 21. Di Korea, cewek-cewek memang suka makeup yang bikin wajah mereka tampak segar dan cerah.

Saya sempat khawatir look saya akan aneh, ashy atau terlalu seperti topeng, tapi ternyata nggak lho! Kulit saya terlihat lebih flawless, tapi nggak berlebihan.

JAMIE YOON JAKARTA

Sayangnya saya nggak ada foto yang proper saat saya di-makeup oleh Jamie Yoon, tapi saya sempat berfoto pakai ponsel dan selfie sepulang dari pertemuan saya dengan Jamie di gerai Sulwhasoo Pondok Indah Mall. Natural banget ya hasilnya!

Coba: Sulwhasoo Cushion Perfecting Cushion Intense

SULWHASOO PERFECTING CUSHION INTENSE

Baca juga: Dilarang Pakai Makeup, Gimana Nasib Cewek Korea Utara?

3. Aplikasikan Sedikit Demi Sedikit

Meski pakai cushion dengan shade lebih cerah, tapi kulit wajah saya nggak seperti topeng. Resepnya adalah memakainya tidak terlalu banyak! Cukup satu tap saja, lalu baurkan merata ke seluruh wajah. Ini bikin complexion lebih halus, ringan, dan flawless, sekaligus bikin hasilnya tetap skin-like.  Jangan langsung pakai banyak-banyak karena kalau sudah berlebihan malah akan sulit dikuranginya. Lebih baik menambahkan daripada mengurangi.

Setelahnya, Jamie Yoon juga mengaplikasikan sedikit powder biar hasil complexion-nya nggak terlalu “basah”. Powder yang dipakai adalah powder khusus cushion sehingga nggak akan terasa berat atau tampil cakey. Ini sangat cocok untuk mengontrol minyak terutama di T-zone. Untuk blush, Jamie juga nggak pakai banyak-banyak. Warnanya pun bukan yang bold atau sangat blushy. Jadi hasilnya sangat alami.

Menurut saya, malah nggak seperti pakai blush. Mungkin karena sehari-hari saya suka blush yang lebih “kelihatan”, biar wajah saya nggak pucat. Kalau versi Jamie, rasanya lebih menonjolkan kemurnian complexion.

Coba: Sulwhasoo Powder For Cushion

SULWHASOO POWDER FOR CUSHION

 

4. Matchy Makeup Sedang Jadi Tren

Di Korea, warna makeup yang senada pada bagian mata, bibir, dan pipi sedang sangat digemari. Selain bikin look terlihat natural dan segar, ini juga artinya bisa menghemat pengeluaran kamu! Karena, blush bisa dipakai juga sebagai eyeshadow, atau lipstik bisa sekaligus berperan sebagai blush dan eyeshadow. Saat bertemu Jamie, dia membubukan blush warna pink muda di kelopak mata saya, jadi nuansa mata dan pipi jadi satu warna. Bubuhkan saja dengan jari jadi kamu bisa membuat eye makeup yang lebih natural (dan praktis kalau kamu sedang nggak bawa eyeshadow beserta kuasnya!)

Coba: Sulwhasoo Radiance Blush

SULWHASOO RADIANCE BLUSH

 

Nah, itulah tips makeup natural Korea yang saya dapatkan dari Jamie Yoon, Sulwhasoo Global Makeup Artist. Apakah kamu penggemar no-makeup makeup look ala Korea atau sebaliknya, kamu suka makeup bold seperti gaya Amerika?