Tips Menjaga Diri Dari Coronavirus untuk Kulit Eczema

 steroid untuk kulit sensitif

Eczema kumat karena terlalu sering cuci tangan, pakai sabun antiseptik, dan upaya-upaya membersihkan diri lainnya? Ini dia beberapa tips yang bisa kamu contek.

Penderita dermatitis atopik atau eczema juga pasti sangat terdampak lho, dengan kondisi penyebaran coronavirus saat ini. Contohnya saya, karena stres, terlalu sering mencuci tangan, memakai hand sanitizer, dan juga lebih sering mandi dengan memakai sabun antiseptik, kulit saya jadi sangat kering dan muncul ruam dan gatal-gatal di beberapa tempat. Padahal di situasi seperti ini, saya jelas tidak bisa pergi ke dokter kulit. Jadi, saya harus berusaha mengatasi sendiri, tanpa mengandalkan obat minum, salep, dan lotion khusus dari dokter.

Kalau kalian punya kondisi yang sama seperti saya, mungkin beberapa tips ini bisa membantu.

Baca juga: Inilah 5 Efek Baik Social Distancing Pada Kulit

sabun non sls lokal (3)

Mandi dengan sabun yang moisturizing

Mandi dengan sabun mandi itu penting sekali untuk membersihkan tubuh, dan tentu menghilangkan virus dan bakteri yang kemungkinan menempel di tubuh kita. Tapi, sebenarnya belum ada penelitian yang pasti, bahwa sabun antiseptik itu bisa membersikan kulit lebih baik dibandingkan dengan sabun biasa. Jadi, untuk yang kulitnya nggak kuat dengan sabun antiseptik yang rata-rata mengeringkan kulit, nggak perlu takut untuk memakai sabun mandimu yang biasanya.

Saya juga masih pakai sabun mandi saya yang biasa, yang lembut di kulit namun tentu tetap mampu membersihkan. Atau bila memang masih ingin memakai sabun antiseptik, cari sabun antiseptik yang formulanya tidak terlalu mengeringkan kulit. Seperti misalnya Betadine Natural Defense Body Wash atau Zen Antibacterial Body Wash.

Baca juga: Sabun Mandi Drugstore Untuk Melindungi Kulit Dari Bakteri dan Virus

 REKOMENDASI HAND WASH YANG BIKIN KULIT TETAP LEMBUT - 550

Cuci tangan menggunakan sabun muka

Telapak tangan adalah bagian tubuh saya yang paling kering saat ini, karena terlalu sering mencuci tangan. Awalnya saya memakai hand soap atau body wash untuk mencuci tangan. Tapi lama-lama tangan saya kering sekali, sampai sela jari saya sedikit sakit bila direnggangkan. Untuk mengatasinya, sekarang saya memakai facial foam untuk mencuci tangan. Formula sabun muka, biasanya lebih lembut dan jelas lebih moisturizing bila dibandingkan dengan sabun badan atau pun sabun cuci tangan. Jadi mencuci tangan dengan menggunakan facial foam sedikit membantu saya untuk mengatasi kulit tangan yang kering.

 HAND SANITIZER - TERHINDAR DARI VIRUS

Minimalisir penggunaan hand sanitizer

Hand sanitizer yang efektif membunuh bakteri dan virus adalah yang memiliki kandungan alcohol 70% di dalamnya. Jadi nggak heran ya, kalau hand sanitizer bikin tangan sangat kering, karena alkohol memang akan mengangkat kelembapan kulit. Hand sanitizer ini pun sebenarnya hanyalah opsi pengganti saja, bila kita tidak bisa menemukan tempat untuk cuci tangan.

Cara terbaik meminimalisir penggunaan hand sanitizer adalah dengan beraktifitas #DiRumahAja. Jadi kita selalu bisa menjangkau tempat cuci tangan, dan nggak perlu memakai hand sanitizer. Hand sanitizer ini hanya digunakan sesekali saja kalau kita harus keluar rumah untuk berbelanja bahan makanan misalnya.

Baca juga: Belum Bisa WFH? Ini Barang Yang Wajib Dibawa

 review trilogy rosehip oil (14)

Teteskan face oil pada body butter dan hand cream yang akan dipakai

Ini cara saya untuk menambah efek lembap pada hand cream dan body butter yang akan saya pakai, tanpa membuatnya jadi terlalu greasy dan lengket. Face oil memang lebih melembapkan kulit dan lebih ringan bila dibandingkan dengan body oil. Saya sendiri saat ini suka mencampurkan beberapa tetes rosehip oil, ke dalam body cream yang akan saya gunakan. Selain menambah kelembapan, saya berharap sih manfaat rosehip oil yang bisa menyamarkan stretch mark juga saya dapatkan.

Baca juga: Review Trilogy Certified Organic Rosehip Oil

 

Semoga tips-tips ini membantu ya kamu ya dalam menjaga kebersihan sekaligus membuat eczema nggak gampang muncul. Good luck!

 

Foto: Dok. Female Daily.