Belum Bisa WFH? Ini Barang yang Wajib Dibawa!

bawaan bila harus keluar rumah coronavirus - Arum (2)

Apakah kamu termasuk yang belum bisa WFH dan masih harus keluar rumah setiap hari? Barang-barang ini bisa kamu bawa untuk menjaga diri.

Nggak semua orang punya privilege untuk melakukan work from home (WFH). Ada yang memang pekerjaannya mengharuskan dia tetap ada di lokasi, atau memang kebijakan kantornya memang tidak memberlakukan WFH. Kalau kamu adalah salah satu yang masih harus keluar rumah dan ke tempat umum di situasi saat ini, tetap tenang, jangan panik, namun juga wajib berhati-hati dan menjaga diri.

Untuk pengguna makeup, tidak usah memegang-megang area wajah dan tidak usah touch up dulu selama di luar rumah. Alasannya kenapa tidak usah touch up dulu, pernah saya jelaskan di sini. Jadi nggak perlu bawa alat makeup sama sekali ke luar rumah ya. Pastikan saja memakai makeup yang sudah terbukti ketahanannya, jadi nggak perlu retouch secara berkala.

Baca juga: 5 Rekomendasi Makeup Awet yang Nggak Perlu Touch Up

Tapi walau nggak bawa makeup, jangan tinggalkan pouch-mu ya. Ganti makeup untuk touch up dengan benda-benda di bawah ini:

 tindakan preventif virus corona - Arum (3)

1. Masker

Nggak perlu dijelaskan lagi pentingnya masker di saat-saat seperti ini. Masker ini bukan cuma untuk melindungi kita dari faktor eksternal, tapi juga untuk melindungi orang lain dari diri kita. Jadi untuk yang sedang kurang fit atau sering terbatuk dan bersin, wajib pakai masker saat keluar rumah ya.

Dan saya tahu banget, jumlah masker di luar sana sangat terbatas sekali. Bahkan apotek-apotek di sekitar rumah saya membatasi jumlah pembelian masker dalam satu hari. Biasanya masing-masing pembeli hanya boleh membeli satu lembar masker perhari. Kita juga memang harus menghemat dan nggak boleh menimbun, karena masker adalah kebutuhan bersama saat ini. Jangan sampai orang lain kehabisan karena kita menimbun.

Untuk menyiasatinya, saya biasanya melapisi bagian dalam masker dengan tisu. Secara berkala, saya akan mengganti lapisan tisu di dalam masker. Jadi diharapkan bisa lebih menghemat masker dengan cara ini, nggak perlu setiap jam harus buang dan ganti masker baru.

REKOMENDASI HAND WASH YANG BIKIN KULIT TETAP LEMBUT - 550

2. Hand wash

Pasti paham dong, kalau saat ini kita harus rajin-rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun? Nggak semua tempat menyediakan sabun pencuci tangan atau hand wash. Jadi nggak ada salahnya nih, kita membawa sabun sendiri setiap keluar rumah. Kalau susah mencari produk hand wash, pakai sabun mandi saja. Cari yang kemasan kecil sehingga mudah dibawa-bawa. Atau bisa pakai sabun mandi cair yang tersedia di rumahmu saja, pindahkan ke dalam botol kecil yang lebih travel-friendly.

Baca juga: 7 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan yang Bikin Kulit Tetap Lembut

HAND SANITIZER - TERHINDAR DARI VIRUS

3. Hand-sanitizer

Hand-sanitizer bisa kita gunakan seandainya kita nggak bisa menemukan tempat cuci tangan. Hand-sanitizer juga bisa dipakai sebelum kita menyentuh benda-benda pribadi, seperti setir mobil atau hand phone misalnya. Saya sih selalu sedia satu di tas tangan saya, dan satu di mobil.

Saya tahu kalau hand-sanitizer adalah barang langka saat ini. Tapi nggak perlu panik. Hand-sanitizer cuma opsi pengganti seandainya kita nggak bisa mencuci tangan. Jadi kalau tidak punya hand-sanitizer, nggak papa, rajin-rajin saja mencuci tanganmu. Atau kalau mau, kamu bisa membuatnya sendiri.

Baca juga: Begini Cara Membuat Hand-Sanitizer Buatan Sendiri Sesuai Aturan BPOM

4. Tisu

Tisu banyak sekali kegunaannya. Di antaranya adalah seperti yang sudah saya jelaskan di atas, untuk melapisi bagian dalam masker. Tisu juga bisa dipakai untuk perantara apabila kita terpaksa harus menyentuh benda-benda yang sudah banyak disentuh oleh orang lain, misalnya flusher toilet, handle pintu atau remote AC.

5. Alcohol 70%

Agar lebih mudah membawa dan menggunakannya, saya menempatkan cairan alkohol ke dalam botol spray yang travel friendly. Alkohol ini banyak banget kegunaannya. Bisa secara berkala disemprotkan ke barang-barang umum yang sering disentuh, misalnya mouse, keyboard, remote AC, dan handle pintu. Lalu bisa disemprotkan ke kapas/ tissu, dan gunakan untuk membersihkan permukaan handphone, agar selalu bersih.

tindakan preventif virus corona - Arum (2)

6. Face mist dan parfum

Face mist adalah pilihan paling aman dan nyaman untuk digunakan menyegarkan kembali wajah, karena kita harus menghindari kegiatan touch up makeup. Dengan face mist, kita bisa menyegarkan dan memberikan hidrasi instan pada kulit muka, tanpa harus menyentuhnya. Kalau parfum, tentu saja karena kita harus tetap wangi kapan pun dan di mana pun, meskipun sedang nggak boleh dekat-dekat dengan orang lain. Setidaknya, kita sendiri bisa jadi lebih percaya diri dan jadi lebih semangat bekerja.

Baca juga: 3 Rekomendasi Face Mist Lokal Terbaru

 

Meskipun belum bisa WFH, semoga kamu tetap semangat dan selamat ya. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan dan kesehatan!

 

Foto: Freepik.com, Dok. Female Daily.