Cara Membuat Hand-Sanitizer Buatan Sendiri Sesuai Aturan BPOM

Cara Membuat Hand Sanitizer Buatan Sendiri

Panic buying menyebabkan kamu kehabisan hand sanitizer? Ada resep resmi yang dikeluarkan oleh BPOM untuk bisa kita bikin sendiri.

Saat musim hujan dan flu seperti ini, di tengah penyebaran virus corona, pembersih tangan hand sanitizer mulai sulit ditemukan di beberapa toko konvensional hingga online. Setelah pusat penanganan Covid-19 merekomendasikan seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan diri dari mulai mencuci tangan lebih sering, menggunakan pembersih berbasis alkohol sebagai bagian dari langkah pencegahan virus corona, hand sanitizer semakin banyak diincar. Jika kamu kehabisan stok, jangan khawatir, karena kamu bisa membuat cairan pembersih tangan ini sendiri dengan menggunakan beberapa bahan dasar. Ikuti langkah berikut untuk menyiapkan hand sanitizer buatan sendiri. 

Baca juga: Rekomendasi Hand Sanitizer & Sabun Cuci Tangan

Ada beberapa hal yang perlu diingat nih, agar hand sanitizer buatan sendiri ini benar-benar efektif membunuh kuman, amat dianjurkan kamu menggunakan alkohol 60-90 persen. Ini adalah jumlah yang direkomendasikan oleh U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Jangan ragu untuk membuat hand sanitizer dalam jumlah kecil ataupun besar, asalkan sesuai dengan resep yang dikeluarkan resmi dari sumber yang kredibel. Jangan juga asal merubah resepnya karena 1 atau 2 bahan yang dibutuhkan tidak tersedia. Please, stick with the original recipe! Nah, karena hand sanitizer buatan sendiri ini mengandung alkohol, jaga kualitasnya dengan menyimpannya di dalam wadah tertutup dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. 

DIY hand sanitizer

Jika stok hand sanitizer sulit kamu temukan, berikut ini cara membuat hand sanitizer buatan sendiri yang bisa kamu simpan di rumah, kantor, atau di wadah kecil di tas kamu. Pembuatan hand sanitizer ini tim FD dapatkan berdasarkan surat edaran  Nomor KP.11.01.2.83.03.20.14 yang resmi dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) 11 Maret 2020 lalu. 

DIY hand sanitizer

Alat:

  1. Gelas ukur 1000-mL
  2. Becker glass
  3. Gelas ukur 50-mL
  4. Gelas ukur 25-mL
  5. Batang pengaduk
  6. Botol kaca

Ikuti langkah pembuatan:

  1. Sejumlah 833 mL etanol 96% dimasukkan ke dalam gelas ukur 1000-mL.
  2. Tambahkan 41, mL hidrogen peroksida 3% ke dalam gelas ukur berisi etanol tersebut.
  3. Selanjutnya tambahkan 14,5 mL gliserol 98% menggunakan gelas ukur, dan pastikan sisa gliserol tidak tertinggal dengan cara membilasnya dengan air.
  4. Tambahkan air hingga 1000 mL, aduk hingga homogen (menyatu).
  5. Pindahkan campuran ke dalam botol kaca bersih.
  6. Simpan selama 72 jam untuk memastikan nggak ada kontaminasi organisme dari wadah botol.
  7. Hand sanitizer siap digunakan.

Baca juga: 6 Hand Cream yang Nggak Lengket

Meskipun mencuci tangan dengan sabun dan air dianggap lebih efektif daripada menggunakan hand sanitizer, namun ini bisa menjadi alternatif yang bisa diandalkan jika kondisi sedang tak memungkinkan untuk cuci tangan. Beberapa resep resmi yang diedarkan oleh LIPI, Farmasi Ubaya dan UMI juga bisa kalian cek di sini.  Tapi saya juga paham cukup banyak pro dan kontra terkait membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Jadi, kalau kalian masih ragu, lebih baik membersihkan tangan sebisa mungkin menggunakan cara paling konvensional, yaitu cuci tangan dengan sabun selama minimal 20 detik.