banner-detik

fitnfab

Tindakan Preventif Cegah Coronavirus untuk Pemakai Makeup

seo-img-article

tindakan preventif virus corona - Arum (3)

Ini adalah beberapa tindakan yang bisa kita lakukan sebagai pecinta makeup, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri.

Banyak banget yang panik karena berita tentang Coronavirus. Namun sebenarnya, kita nggak perlu berlebihan kok. Menjaga kebersihan dan kesehatan pribadi dan keluarga, itu adalah langkah yang sangat baik. Namun kalau sudah sampai memborong masker, hand sanitizer, hand wash, dan bahan makanan dalam jumah yang sangat besar, lalu tidak mau keluar rumah sama sekali, menurut saya itu sudah sangat berlebihan.

Baca juga: Coronavirus di Indonesia Lalu Kita Harus Bagaimana?

Nah, untuk kita para pengguna makeup, kita juga harus menjaga diri agar tetap bersih dan agar alat-alat makeup kita tetap higienis. Berikut adalah beberapa cara cegah coronavirus yang bisa kita lakukan:

 tindakan preventif virus corona - Arum (2)

1. Jangan mau share alat makeup dengan orang lain

Terlebih untuk alat makeup, yang pemakaiannya harus secara langsung menempelkan aplikator ke kulit ya. Ini misalnya lipstik, bedak, cushion, maskara, eyeliner, blush on, dan masih banyak lagi. Pakai milikmu sendiri, dan jangan berbagi dengan orang lain. Jangan pula meminta atau mencoba produk milik teman/ saudaramu. Perlakukan alat makeup seperti sikat gigi, yang tentunya tidak boleh dipakai oleh siapapun selain pemiliknya sendiri. Dan untuk saat-saat ini, sebaiknya sih tidak membeli makeup preloved dan share in jar.

Hindari juga menggunakan produk-produk tester makeup di counter makeup ya. Kita nggak pernah tahu, bagaimana kondisi kesehatan orang-orang yang memakai produk tersebut sebelum kita. Kita juga nggak pernah tahu produk-produk tersebut sudah terkena apa saja, dan sudah dibuka selama berapa lama.

Baca juga: Bahaya Nyobain Tester Makeup di Counter

 

2. Jauhkan tangan dari wajah.

Sebenarnya, kebiasaan memegang-megang kulit wajah adalah kebiasaan buruk, namun sepertinya sangat sulit dihilangkan. Pasti banyak kan yang punya kebiasaan menopang dagu atau pipi saat sedang duduk? Tapi kebiasaan ini sebisa mungkin harus mulai dihindari.

Tangan kita adalah bagian tubuh yang paling mungkin terkontaminasi kotoran dari luar. Karena kita pasti banyak memegang benda-benda di sekitar kita dengan tangan. Misalnya saja, menerima uang kembalian, memegang anak tangga, bersalaman dengan orang lain, dan lain sebagainya. Jadi sebisa mungkin, rajin-rajinlah mencuci tangan dan jauhkan tangan dari wajah kita. Ada beberapa rekomendasi sabun cuci tangan yang nggak bikin kering buat jadi pilihan kamu.

Menjauhkan tangan dari wajah ini juga termasuk dengan tidak melakukan touch up makeup. Karena kita harus menjaga alat-alat makeup kita dalam keadaan bersih. Dan saat touch up, kita kan harus menempelkan alat makeup kita ke wajah kita yang sudah kotor, lalu memasukan kembali aplikator alat makeup ke dalam kemasannya. Padahal kedepannya, alat makeup tersebut masih harus kita gunakan lagi. Alih-alih touch up, saya memilih memakai makeup yang memang long lasting, dan membawa setting spray saja untuk menyegarkan wajah tanpa harus menyentuhnya.

Lalu kapan kita boleh makeup? Saat di rumah. Pastikan kita sudah mencuci tangan dan wajah dengan bersih, sebelum melakukan proses makeup.

Baca juga: Lindungi Diri dari Novel Coronavirus 2019

  tindakan preventif virus corona - Arum (1)

3. Rajin bersihkan alat makeup

Untuk makeup tools seperti sponge dan brush, jelas kita semua tahu kalau memang harus dicuci secara berkala ya. Nah, selain mencuci spons dan makeup brush, saya dari dulu punya kebiasaan untuk membersihkan juga produk-produk makeup koleksi saya. Saya lap semua permukaan kemasan produk-produk makeup yang saya pakai dengan menggunakan alcohol swab, dan saya juga membersihkan laci tempat saya menyimpan koleksi makeup saya.

Biasanya, saya melakukan kegiatan bersih-bersih secara menyeluruh itu setiap bulannya. Tapi belakangan ini, saya jadi lebih sering melakukannya. Setiap dua minggu, saya usahakan untuk membersikan alat-alat makeup saya secara keseluruhan.

Baca juga: Tips Menyimpan dan Merawat Koleksi Makeup

Nah, cara-cara di atas adalah beberapa tindakan preventif yang saya lakukan untuk menjaga kehigienisan alat-alat makeup yang saya punya dan tentunya bisa bantu cegah coronavirus masuk ke dalam tubuh kita. Menurut saya sih cara saya tersebut masih wajar dan tidak berlebihan. Menjaga kebersihan alat makeup, memang sudah seharusnya kita lakukan setiap saat, kan?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment