Tips Menyimpan dan Merawat Koleksi Makeup

Koleksi makeup itu bukan sekadar membeli dan kemudian menumpuknya di meja rias. Produk makeup yang kita punya, harus disimpan dan dirawat dengan baik.

Saya yakin, di antara teman-teman pembaca di sini pasti banyak yang mengoleksi makeup. Mengoleksi di sini, maksud saya, bukan sekedar punya secukupnya yang dibutuhkan, tapi benar-benar mengumpulkan berbagai macam makeup dan jumlahnya banyak.

Makeup menurut saya nggak bisa sekedar ditumpuk di sudut kamar sekenanya. Makeup ini harus disimpan dengan cara penyimpanan yang baik dan harus dirawat, karena makeup adalah produk yang punya masa pakai, gampang rusak, dan akan langsung menempel di kulit kita.

Buat yang punya koleksi makeup juga, atau sedang akan memulai koleksi makeup, saya akan membagikan beberapa cara saya menyimpan dan merawat makeup-makeup yang saya punya:

tips simpan makeup (2) - Copy

1. Simpan di tempat yang benar

Makeup sebaiknya disimpan dalam suhu ruang, dalam keadaan bersih, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Saya sendiri membeli sebuah lemari laci, khusus untuk menyimpan makeup saya. Saya memang sengaja menyimpan dalam laci, agar tidak gampang terkena debu. Dan lemari tersebut saya letakkan di ruangan yang suhunya stabil, dengan AC yang hampir selalu menyala.

Saya nggak pernah meletakkan makeup saya di meja dalam keadaan terbuka. Jadi saya memang tidak punya tempat aklirik instagramable yang sering dipakai untuk menata makeup itu. Makeup yang setiap hari saya pakai, saya letakkan di laci teratas yang paling mudah dijangkau.

Lalu, yang juga penting, saya memilih laci yang tidak terlalu dalam. Jadi makeup yang saya punya tidak saya simpan dengan cara bertumpuk-tumpuk. Tujuannya, agar ketika saya membuka laci makeup saya, misalnya laci bagian blush on, langsung terlihat semua blush on yang saya punya. Salain lebih mudah saat mencari makeup, saya juga jadi lebih sadar dengan semua produk yang saya punya. Nggak akan kejadian deh, beli makeup yang saya sudah punya hanya karena lupa pernah membeli produk yang sama sebelumnya.

 tips simpan makeup (3)

2. Bersihkan secara berkala

Nah, ini juga penting! Saya sering banget membaca anjuran untuk secara berkala mencuci brush, tapi rasanya belum pernah ada tips untuk membersihkan makeup secara berkala. Padahal kemasan makeup-makeup kita juga harus dalam keadaan bersih lho! Karena saat mau memakai produk makeup di dalamnya, kita kan harus memegang kemasannya juga. Laci tempat penyimpanan makeup dan separator-separatornya juga harus rutin dibersihkan, agar tidak berdebu.

Saya sendiri selalu berhati-hati agar makeup saya dalam keadaan bersih dan nggak ada sisa produk yang tertumpah dan menempel di kemasannya setelah digunakan. Namun, saya tetap meluangkan waktu satu bulan sekali, untuk membongkar dan membersihkan seluruh koleksi makeup saya.

Biasanya saya menyeka kemasan-kemasan makeup saya dengan tissu basah, dan mencuci laci-laci kecil atau sekat-sekat yang saya letakkan di dalam lemari makeup saya. Lemari makeup juga saya kosongkan dan saya lap seluruhnya.

 tips simpan makeup (1)

3. Jangan menunda memperbaiki dan membuang!

Rutinitas membersihkan keseluruhan makeup satu bulan sekali di atas, juga berguna untuk menyortir makeup koleksi saya secara berkala. Sekalian membersihkan, saya biasanya sekalian mengamati. Kalau ada yang sudah kadaluarsa, lewat masa PAO, atau berubah tekstur dan aromanya, langsung masuk keranjang sampah.

Baca juga: Cara Selalu Sadar PAO Produk Makeup

Lalu saya juga nggak pernah menyimpan makeup yang pecah di dalam lemari makeup saya, karena malah akan mengotori makeup-makeup yang lain. Jadi kalau ada makeup yang rusak, biasanya langsung saya singkirkan. Entah itu dibuang, ataupun di-press ulang dengan menggunakan alcohol swab.

4. Berpikir sebelum membeli

Beli sih mudah, tapi merawatnya itu yang butuh effort :D. Saya sendiri rasanya nggak akan sanggup kalau makeup saya melebihi satu lemari yang sudah saya punya tersebut. Saya nggak sanggup merawat dan membersihkannya. Jadi saya tetapkan sistem, masuk satu keluar satu. Setiap saya membeli atau mendapatkan makeup baru, makeup tersebut harus muat disimpan dengan rapih dalam lemari makeup saya, dan tidak berjejalan.

Jadi bila sudah nggak muat, saya harus mengeluarkan makeup yang lama. Entah saya berikan ke teman atau saudara, atau saya preloved. Cara ini sekaligus untuk mengerem kebiasaan buruk saya yang suka membeli makeup tanpa berpikir panjang.