banner-detik

beauty school

Cara Memperbaiki Eyeshadow yang Pecah

seo-img-article

Begini cara memperbaiki eyeshadow yang pecah tanpa ribet dan bisa langsung dipakai kembali!

Kayaknya hampir semua beauty enthusiast pernah mengalami eyeshadow atau blush-nya terjatuh dan pecah, deh. Apalagi, dua produk tersebut adalah produk yang ringkih. Di antara banyak makeup saya, yang paling sering pecah adalah eyeshadow palette. Nggak pecah semua satu palette sih, biasanya hanya satu atau dua warna yang pecah dalam satu palette.

mengatasi eyeshadow pecah (3)

Nah, kalau sudah pecah begini, harus langsung ditangani. Jangan didiamkan saja, karena akan berantakan sekali. Setiap buka palette, powder yang pecah tersebut pasti akan berhamburan dan bikin kotor meja rias atau pouch makeup saya. Dulunya sih, saya selalu membuang bagian yang pecah tersebut. Karena saya mengira, menge-pres kembali eyeshadow itu ribet sekali.

Kalau melihat banyak tutorial di internet, tehnik memperbaiki eyeshadow yang pecah ini sangat merepotkan, butuh kehati-hatian, dan kesabaran. Kita harus menuangkan cairan alkohol ke dalam pan eyeshadow yang pecah, dalam jumlah yang pas. Lalu alkohol dan eyeshadow tersebut diaduk sehingga membentuk pasta, baru kemudian dipadatkan dengan menggunakan uang logam dan tisu. Kita juga perlu menunggu semalaman, sebelum eyeshadow tersebut dapat digunakan kembali.

Cara tersebut menurut saya terlalu merepotkan, agak sedikit jorok karena perlu pakai uang logam, dan juga terlalu memakan waktu. Untuk saya yang ceroboh, cara tersebut juga berantakan sekali. Produk-produk yang saya gunakan akan rawan tumpah dan saya khawatir gagal karena terlalu banyak menuangkan alkohol. Makanya dulunya saya buang saja bubuk eyeshadow yang pecah tersebut.

Tapi itu sebelum saya menemukan cara yang samngat praktis dan cepat, untuk memperbaiki eyeshadow yang pecah. Dijamin deh, nggak akan berantakan dan nggak perlu menunggu lama sebelum eyeshadow bisa kembali digunakan. Saya akan menunjukan caranya, karena kebetulan ada satu eyeshadow saya yang pecah.

mengatasi eyeshadow pecah (4)

Pertama: Kumpulkan kembali bubuk eyeshadow yang pecah dan berhamburan ke dalam pan-nya. Saya biasanya menggunakan bantuan spatula untuk mengambil eyeshadow yang sudah di luar pan. Tapi untuk bubuk eyeshadow yang sudah jatuh di luar palette, sebaiknya dibuang saja ya, karena sudah kotor. Lalu setelah semua bubuk eyeshadow terkumpul, bersihkan palette dari percikan bubuk eyeshadow dengan menggunakan tisu basah.

mengatasi eyeshadow pecah (6)

mengatasi eyeshadow pecah (8)

Kedua: Ambil satu lembar alcohol swabs, lalu letakan lembaran alcohol swabs ke atas eyeshadow yang pecah, dan kemudian tekan-tekan dengan menggunakan jari tangan sampai eyeshadow terasa padat dan tidak lagi berbubuk.

Alcohol swabs ini bisa dengan mudah dibeli di apotik-apotik manapun, kok. Punya saya ini saya beli di Kimia Farma. Saya lupa harga tepatnya, tapi seingat saya untuk satu kotak isi 100pcs ini, harganya nggak sampai 15 ribu rupiah.

mengatasi eyeshadow pecah (9)

Ketiga: Dan, voila! Eyeshadow sudah padat dan siap digunakan kembali!

Eyeshadow yang sudah dipadatkan kembali ini bisa langsung digunakan, lho! Nggak perlu menunggu semalaman. Eyeshadow nggak akan berhamburan lagi kok kalau dicolek dengan menggunakan brush atau jari tangan. Saya juga nggak mengalami eyeshadow saya jadi ringkih setelah di-press dengan menggunakan cara ini. Yang penting sih, dijaga saja agar eyeshadow tidak terjatuh kembali. Kalau cuma benturan-benturan ringan atau goncangan di makeup pouch, biasanya sih nggak ada masalah.

mengatasi eyeshadow pecah (1)

Saya sudah beberapa kali menggunakan teknik ini, untuk memperbaiki eyeshadow dan blush yang pecah. Tapi saya belum pernah mencobanya pada bedak yang pecah. Sejauh pengalaman saya, cara ini nggak akan mempengaruhi pigmentasi dan blendability eyeshadow atau blush on tersebut.

Baca juga: Wajib Tahu Sebelum Press Makeup Pecah Dengan Alkohol

Memang sih, bentuknya pasti nggak bisa semulus dan sebagus sebelum pecah. Tapi yang penting, makeup saya nggak berantakan dan bisa digunakan kembali.

Selamat mencoba ya ;).

Slow Down

Please wait a moment to post another comment