5 Rekomendasi Sunscreen Nggak Lengket Buat Cowok

Kalau ngomongin masalah skincare, biasanya cowok bakal lebih nggak peduli dibandingkan kebanyakan perempuan. Alasan yang biasanya sering banget saya dengar adalah, “ribet”, “wanginya cewek banget”, atau “nggak enak ah, lengket”. Hal ini juga terjadi sama suami saya yang emang bisa dibilang cuek banget kalau urusan merawat kulitnya. Tapi karena saya suka merhatiin kondisi kulitnya yang kadang suka kering banget, terus suka tiba-tiba jadi oily di kondisi tertentu, akhirnya saya pelan-pelan kasih saran buat pakai beberapa produk basic buat merawat kulitnya, yang nggak perlu ribet, wanginya netral, dan pastinya nggak greasy.

Baca juga: Rekomendasi Lip Balm Buat Cowok

 

Nah, peer kedua adalah meminta dia pakai sunscreen! Ini jadi hal yang penting buat dia, karena memang pekerjaannya yang sering banget terekspos sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Kalau kalian (read: perempuan) punya masalah yang sama kayak saya, coba minta teman/saudara/pasangan kamu buat baca artikelnya Brina soal kenapa sunscreen jadi salah satu produk wajib buat cowok, supaya mereka juga lebih aware dengan kesehatan kulitnya.

sunscreen buat cowok

Nah, setelah ritual “maksa” berulang kali dan kasih coba beberapa produk sunscreen dilakukan, akhirnya suami saya nyerah dan mau pakai sunscreen tiap pagi. Lalu, dari beberapa trial and error yang saya lakukan untuk nemuin sunscreen yang nggak white cast, ringan, nggak bikin breakout (at least di kulit saya dan suami), wanginya netral dan nggak lengket, akhirnya ketemu beberapa sunscreen andalan yang bisa saya rekomendasikan buat kalian. Psst… ini juga nggak cuma berlaku buat cowok sih, saya rasa kalau kamu juga lagi cari sunscreen yang nyaman, rekomendasi ini juga bisa jadi pilihan.

Baca juga: Kenapa Cowok Gampang Jerawatan di Dagu?

 

sunscreen buat cowok

1. First Lab Probiotic Sun Cream SPF 50+ PA++++

Produk ini sebenarnya tergolong yang paling baru dicoba, karena memang baru banget dijual di Indonesia dan bisa kamu cari di Beauty Haul. First impression pas lihat produk ini adalah, “Wah desainnya cukup maskulin nih buat dibawa ke dalam tas mandi cowok”. Ternyata, nggak cuma tampilan tube nya saja, tapi formulanya juga cakep banget buat dipakai sama orang yang nggak suka susncreen lengket. Sunscreen ini memang punya sedikit aroma, tapi lembut banget dan keterangan fragrance pada ingredients list nya ada pada urutan paling akhir, jadi saya rasa ini juga bisa banget dipakai sama orang yang kulitnya sensitif. Pas dipakai, sunscreen ini juga gampang banget meresap dan rasanya kaya cuma pakai moisturizer, nggak lengket sama sekali. Harganya juga masih masuk akal kok. Kamu bisa beli produk ini dengan harga Rp280.000,-. Oh ya, ada sedikit catatan sih kalau dari saya buat sunscreen ini. Kemarin pas saya coba pakai dan terekspos matahari cukup intens, produk ini akan menimbulkan aroma “bau matahari” yang cukup ketara di kulit saya, tapi memang nggak mengganggu sih kalau menurut saya.

Baca juga: Produk Skincare Buat Cowok

Selain itu, ada juga manfaat skincare lainnya yang bisa didapat, karena produk ini mengandung probiotik yang sudah diproses menggunakan technology khusus yang sudah dipatenkan oleh ILDONG Pharmaceutical Korea. Probiotik yang terdapat di dalamnya adalah Lactobacillus Ferment Lysate (30,000ppm–ppm adalah istilah dalam ilmu kimia, yang merupakan singkatan dari part per milion atau perbandingan konsentrasi zat terlarut dengan pelarutnya) yang bisa membantu menyeimbangkan bakteri baik dan buruk pada kulit kita. Karena kulit kita juga akan membentuk proses fermentasi secara alami, maka probiotic bacteria ini bakal memproduksi komponen acid, seperti lactic acid yang bisa bantu menurunkan pH kulit, sehingga pertumbuhan bakteri buruk dapat lebih gampang dicegah.

 

sunscreen buat cowok

2. Bioré UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++

Saya yakin, pasti udah banyak dari kalian yang familiar sama sunscreen ini, dong? Nah, ini adalah salah satu produk yang udah di re-purchase sampai 3x buat suami saya. Bioré sunscreen ini juga merupakan produk sunscreen yang pertama kali dikenalkan ke dia, karena menurut saya nggak butuh banyak kata buat meyakinkan cowok buat pakai produk ini. Light, watery, nggak lengket, nggak mengilat, aromanya nggak menyengat, dan nggak white cast sama sekali walaupun diaplikasikan berulang kali. Tekstur yang ringan dari sunscreen ini tuh berasal dari formula water capsule di dalamnya yang memang diciptakan untuk menyerupai air, nggak lengket dan kasih efek segar pas dipakai. Di dalam produk ini juga ada kandungan hyaluronic acid, royal jelly dan ekstrak citrus buat jaga kelembapan kulit selama pemakaian. Kalau dulu cari produk ini harus selalu jastip dari Jepang, kalau sekarang Bioré UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++ ini udah dengan gampangnya tersedia di Indonesia. Bisa kamu temukan di beragam drugstore, mulai dari harga Rp120.000,- sampai Rp140.000,-. Tapi memang kalau beli langsung di Jepang, harganya cukup murah sih, nggak sampai 100 ribu kalau dikurs ke Rupiah.

 Baca juga: Tips Pakai Sunscreen Biar Nyaman

 

sunscreen buat cowok

3. Votre Peau Facial Sun Shield Honey Infused SPF 50

Botol yang satu ini sih sebenarnya memang koleksi limited edition, karena mengandung madu di dalamnya, tapi pas kemarin sempat coba yang versi normalnya juga hasilnya sama kok. Cuma mungkin agak sedikit ada wangi honey nya kalau yang limited edition ini. Susncreen ini packaging nya compact banget, kecil dan pump nya juga gampang digunakan. Teksturnya menurut saya semi cream dan gel yang hasilnya kayak velvet gitu pas diaplikasikan ke wajah dan nggak bikin white cast. Cocok banget buat orang yang kulitnya berminyak, karena memang nggak bakal bikin oily, so far selama dipakai sih nggak menyumbat pori, dan ada kandungan salicylic acid di dalamnya buat bantu bunuh bakteri p.acnes juga di kulit kamu. Lalu, di dalam sunscreen ini ada kandungan tranexamic acid (yang akan bekerja optimal saat dikombinasikan dengan sunscreen) juga, yang memang bisa bantu meratakan warna kulit, mengatasi hiperpigmentasi, bekas jeawat dan melasma. Oh ya, kalau buat saya, sunscreen ini juga enak buat dijadikan primer makeup, karena bisa hold riasan kita dengan lebih baik. Untuk harga, sunscreen ini dibanderol Rp245.000,- untuk 30 ml.

Baca juga: Cara Pakai Sunscreen yang Benar

sunscreen buat cowok

4. erha21 Perfect Shield UVA + UVB Sunscreen Gel SPF 3- PA++ for Normal & Dry Skin

Sebenarnya ada 2 tipe sunscreen dari erha21 ini. Buat kulit normal & dry skin dan untuk kulit berminyak. Tapi, nggak semua cowok punya kulit berminyak, dong. Plus 4 produk lainnya yang saya mentioned juga udah cukup banget mewakili kalian yang punya kulit berminyak. Nah, ini salah satu rekomendasi sunscreen buat kulit normal dan kering yang menurut saya nyaman banget. Teksturnya creamy tapi tetap light, kerasa lembap di kulit, nggak greasy, tanpa white cast sama sekali, wanginya netral dan nggak bikin breakout pas saya coba. Di dalamnya juga terkandung Vitamin E dan Pro Vitamin B5 yang memang dipercaya bisa bantu menenangkan kulit kita yang lagi iritasi, dan menjaga kelembapan kulit kita dengan lebih baik. Maka dari itu, produk ini menurut saya pas banget buat melindungi kulit dari paparan sinar UV kalau kamu punya kulit yang kering, tapi nggak pingin pakai sunscreen yang lengket. Selain itu, packaging nya juga super simple dan gampang dibawa ke mana-mana. Bisa langsung dimasukin ke dalam tas, pouch, ataupun toiletries bag kamu. Harganya juga paling friendly di antara yang lain. Dengan Rp77.500,- kamu akan mendapatkan 1 tube sunscreen 30 gr. Little notes: sunscreen ini juga ada aroma standar “bau matahari” pas kulit kita terekspos sinar UV.

Baca juga: Kenapa Sunscreen Suka Terlihat Ungu di Kulit?

 

sunscreen buat cowok

5. L’Oréal UV Perfect Matte & Fresh Advanced Oil-Control UV Protector SPF 50 PA++++ Long UVA

Dari segi kemasan, produk ini gampang juga buat dibawa ke mana-mana. Pipih, enteng dan aplikasinya gampang, tinggal dipencet saja. Buat yang punya kulit kayak kilang minyak, ini adalah salah satu sunscreen yang matte karena mengandung 3 ekstrak tanaman astringent buat bantu mengontrol produksi sebum berlebih. Selain itu, ada juga kandungan mattifying pure clays di dalamnya, yang bikin tampilan matte di kulit kita makin optimal pas pakai sunscreen ini. Pas diaplikasikan, nggak bikin white cast, langsung cepat banget bikin kulit jadi lebih matte, dan aromanya netral. Produk ini langsung saya cobain ke suami saya, dan dia juga bilang kalau kulitnya nggak kerasa ketarik atau kering pas udah pakai sunscreen ini. Buat perlindungannya, ada kombinasi mexoryl XL Filter dengan Long UVA Filters di dalam formulanya, yang memang dipercaya efektif untuk memberikan perlindungan dan bantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV. Terus, kalau kamu sering terekspos polusi, misalnya sering banget naik motor, sunscreen ini mengandung detoxyl yang bisa bantu melindungi kulit dari partikel polusi dengan baik. Little notes: Akan muncul sedikit aroma “bau matahari” kalau kulit kita terpapar sinar matahari cukup intens.

 

Nah, itu dia 5 rekomendasi sunscreen nggak lengket buat cowok versi saya. Ada rekomendasi lain dari kalian nggak nih?