Kenapa Cowok Gampang Jerawatan di Dagu?

Nggak cuma buat para cewek, jerawat juga jadi musuhnya para cowok. Jerawat sering kali datang di kulit wajah mereka, nggak hanya di area pipi tapi di dagu. Pada cowok, jerawat juga masih lebih sering datang meskipun mereka sudah nggak termasuk dalam usia puber lagi. Sebenarnya apa sih yang bikin jerawat gampang muncul di kulit cowok?

Biar tahu penyebabnya dan gimana cara mengatasinya, yuk simak bincang-bincang saya dengan dr.Ronald Yulianto, dipl, AAAM, pemilik Jakarta Derma Clinic, klinik kecantikan ternama yang punya tiga cabang yaitu di Plaza Indonesia, Kelapa Gading, dan Lippo Mall Kemang.

dr.Ronald Yulianto

Hai, Dokter. Kenapa ya, cowok kok masih sering berjerawat di usia dewasa?

Salah satu faktor penyebab jerawat adalah karena faktor hormonal. Pada dasarnya, hormon cowok dan cewek berbeda. Cowok memiliki hormon testosteron yang lebih tinggi dibandingkan cewek. Hormon itu membuat produksi minyak berlebih dan kondisi kulit cowok menjadi lebih tebal, sehingga lebih mudah terjadi jerawat.

Apa sih yang membuat jerawat sering muncul di area dagu?

Selain faktor hormonal jerawat juga bisa disebabkan oleh karena faktor kebersihan yang kurang. Jerawat yang timbul di area tertentu bisa disebabkan karena faktor kebersihan yang kurang di area tersebut, misal seringnya menyentuh wajah area tertentu atau menyandarkan dagu di tangan. Berdasarkan riset yang diterbitkan dalam Clinical Infectious Diseases, rata-rata orang menyentuh wajahnya 3,6 kali per jam. Namun, kebiasaan ini ternyata memindahkan bakteri dari tangan ke wajah, dan dapat menyebabkan jerawat. Jadi, meskipun rasanya kita ingin sekali memencet jerawat atau memegang-megang jerawat di wajah, tapi sebaiknya hal itu dihindari karena akan memperparah kondisi jerawat, bisa bikin meradang dan malah bisa memberikan bekas yang sulit dihilangkan.

Pada cowok, perlu diperhatikan juga alat cukur dan helm motor yang digunakan apakah dalam keadaan bersih, karena hal ini berpengaruh pada timbulnya jerawat di area dagu.

 

aga & pras - female daily

Sebenarnya, apa yang membedakan struktur kulit cewek dan cowok? Benarkah cowok lebih awet muda daripada cewek?

Pada dasarnya struktur kulit wajah cowok dan cewek berbeda. Wajah cowok memiliki pori-pori yang lebih besar dan memproduksi lebih banyak minyak. Hal inilah yang membuat wajah cowok jadi lebih mudah timbul jerawat dibandingkan wanita.

Baca juga: Mengatasi Jerawat Tanpa Obat Jerawat: Bisa Nggak Ya?

Kenapa kulit cowok akan tampak lebih awet muda dibandingkan dengan kulit cewek? Hal ini disebabkan karena struktur kulit cowok mengandung kadar kolagen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kulit cewek. Dibandingkan kulit cowok, kulit cewek juga lebih mudah menggelap (hiperpigmentasi) karena cewek memiliki siklus hormonal yang dapat berpengaruh pada warna kulit.

Lalu, bagaimana tip dan trik merawat kulit cowok yang berjerawat – tapi dengan hasil yang nggak bikin kulit terlalu flawless? Biasanya cowok sering khawatir, kalau mereka terlalu merawat kulit maka kulitnya jadi terlalu mulus seperti cewek.

Karena perbedaan struktur kulit wajah dan faktor hormonal tadi, dalam hal perawatan wajah juga ada perbedaan antara cowok dan cewek. Ini beberapa tip dari saya:

  • Untuk mengatasi kulit wajah cowok yang cenderung berminyak, sebaiknya sering melakukan tahap cleansing (mencuci wajah) terutama secara teratur atau setelah beraktivitas. Memilih produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulit wajah juga sangat penting.
  • Sebaiknya membersihkan wajah sebelum mencukur. Gunakan alat cukur yang bersih, dan aplikasikan pelembap atau after-shave cream untuk mencegah iritasi setelah mencukur. Produk yang mengandung aloe vera dapat dipilih, karena aloe vera nggak hanya menghidrasi, tapi juga punya kandungan yang mampu menenangkan kulit.
  • Menggunakan sunscreen secara teratur dan penggunaannya diulang setiap 3 -4 jam.
  • Memilih produk perawatan wajah yang sesuai dengan masalah yang sedang dialami saat ini. Jika kondisi kulit berjerawat maka harus menggunakan produk untuk mengatasi jerawat, misalnya yang punya kandungan tea tree, salicylic acid, dan sebagainya yang cocok untuk mengurangi inflamasi.

Baca juga: Jenis-Jenis Obat Jerawat

Kalau skincare saja nggak cukup, advanced treatment apa saja yang cocok untuk mengurangi jerawat dan bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat yang berbentuk seperti lubang (bekas parut)?

Perawatan untuk jerawat maupun bekas jerawat dapat dilakukan:

  • Facial: membersihkan kulit wajah secara lebih menyeluruh dengan mengangkat sel kulit mati dan juga mengangkat komedo yang dapat dilakukan 2 minggu-1 bulan sekali.
  • Peeling: peeling wajah adalah prosedur kecantikan di mana bahan kimia diaplikasikan ke permukaan kulit wajah guna menghilangkan lapisan atas kulit atau kulit mati. Teknik ini juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Mengangkat lapisan kulit mati, meratakan warna kulit wajah, dan memudarkan bekas jerawat.
  • IPL treatment (Intense Pulsed Light): terapi perawatan kulit yang memanfaatkan teknologi cahaya untuk meremajakan jaringan kulit. Terapi ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat hingga noda-noda gelap.
  • Laser terapi: penanganan jerawat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi produksi minyak di kulit, dengan menembakkan laser pada kulit yang berjerawat.
  • Injeksi Jerawat: suntikan kortikosteroid langsung ke area kulit yang berjerawat. Terapi ini dapat memperbaiki kondisi jerawat dalam waktu cepat dan mengurangi nyeri, terutama jerawat bentuk nodul dan kista.

Sementara itu, untuk bekas jerawat (yang seperti berlubang/ bopeng) biasa disebut sebagai scar atrophy. Tampak sebagai kulit yang tidak rata, bopeng, berlubang, atau membentuk cekungan. Scar memang membutuhkan usaha yang lebih ekstra dibandingkan dengan noda kemerahan atau kehitaman. Perawatan inilah yang dapat menyamarkan scar pada kulit wajah:

  • Microneedle: perawatan dengan menggunakan dermapen/dermaroller sekaligus pemberian serum growth factor bertujuan untuk pembentukan serat kolagen baru, sehingga struktur wajah menjadi lebih halus. Dapat dilakukan sebulan sekali.
  • Laser ablatif: bertujuan memproduksi kulit baru yang lebih lembut dengan mengangkat kulit disekitar scar. Perawatan ini perlu waktu pemulihan beberapa hari dan dapat dilakukan sebulan sekali.

Baca juga: Konsumsi MSG Bikin Jerawatan?

Selain beberapa cara topikal yang diungkapkan dr.Ronald itu, penting juga untuk merawat kesehatan kulit dari dalam, guys! Sebaiknya hindari stres, merokok dan alkohol yang berlebihan, lengkapi dengan rutin berolahraga, tidur cukup, dan punya pola makan yang baik. Terlalu sering konsumsi makanan-makanan yang tinggi kandungan karbohidrat seperti nasi, roti, keripik, dan cokelat ternyata bisa memudahkan kamu jerawatan di dagu lho! Yuk, terapkan mulai hari ini, dan share perubahan yang kamu rasakan beberapa waktu ke depan!