5 Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Sudah rutin menggunakan face sunscreen, tapi wajah masih suka terbakar dan menggelap? Mungkin cara pemakaianmu belum tepat!

Pasti sudah banyak yang paham, kalau memakai sunscreen adalah salah satu skincare step yang terpenting! Karena percuma memakai serum mahal-mahal, kalau kulit tetap nggak terlindung dari sinar matahari. Semua skincare step yang sudah kita lakukan, rasanya akan sia-sia, karena kulit akan kembali rusak karena paparan sinar matahari.

Tapi saya amati, banyak yang nggak paham bagaimana cara yang benar memakai sunscreen. Banyak yang berpikir, asalkan sudah dioleskan sedikit dan merata ke kulit, sunscreen sudah sangat cukup untuk melindungi kulit kita seharian dari paparan sinar matahari. Padahal, ada aturan pakainya lho, agar sunscreen bisa efektif bekerja sebagai pelindung kulit kita.

01049e45f0321ca9a0adc56b69d199c3a91701702a

Pakai sebanyak dua jari

Nggak seperti moisturizer yang cuma butuh tiga sampai empat dots, lalu bisa diratakan ke seluruh wajah. Sunscreen harus dipakai sebanyak minimal dua jari. Kurang dari itu, proteksinya tidak akan optimal. Awal pemakaian, mungkin akan terasa greasy dan tebal. Tapi semua hanya soal kebiasaan. Setelah seminggu memakai dengan metode ini, kita akan terbiasa kok menggunakan sunscreen sebanyak ini. Malahan akan ketagihan, karena kondisi kulit pasti jauh lebih membaik, karena skincare lain yang kita aplikasikan lebih efektif kinerjanya.

Jangan pernah lupa reaply sunscreen

Saya tahu, memang repot banget deh re-apply sunscreen itu. Apalagi untuk yang setiap harinya menggunakan makeup. Tapi ya, memang sunscreen itu harus di-re-aply setiap dua atau tiga jam sekali. Berapa pun tinggi angka SPF yang tercantum dalam kemasan sunscreen-mu, re-apply tetap harus dilakukan.

Untuk sehari-hari, saya jarang memakai makeup. Jadi untuk re-apply, saya cukup mencuci muka dengan air bersih saja, dan setelah kering, langsung aplikasikan sunscreen ke seluruh wajah. Tapi kalau sedang memakai makeup, saya biasanya touch up dengan menggunakan sunscreen berbentuk spray seperti L’Oreal UV Perfect Aqua Essence Citty Face Mist, atau menggunakan compact powder yang ber-SPF seperti Garnier Light Complete Visible Whitening Face Powder.

Memang sih, sunscreen dalam bentuk spray atau powder, tidak akan bisa memberikan perlindungan maksimal. Tapi karena saya nggak setiap hari juga pakai makeup, dan jarang beraktifitas di luar ruangan siang-siang, maka pilihan menggunakan sunscreen spray dan compact powder ber-SPF adalah yang paling nyaman untuk saya, daripada tidak touch up sunscreen sama sekali. Tapi tetap, untuk awal sebelum memakai makeup, saya memakai sunscreen cream sebanyak dua jari.

Baca juga: 3 Cara Memakai Sunscreen Yang Praktis

Tunggu 30 menit

Setelah memakai sunscreen, terutama chemical sunscreen, jangan langsung beraktifitas di bawah sinar matahari. Karena chemical sunscreen, membutuhkan waktu sekitar 30 menit, agar dapat bekerja melindungi kulit dari sinar matahari. Kalau 30 menit terasa lama, at least berikan jeda setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah. Saran saya sih, sebaiknya jangan melakukan ritual memakai sunscreen di akhir morning routine.

sunscreen for oily skin (2)

Aplikasikan sunscreen di dada, tengkuk, dan telinga

Saya ini termasuk korban dari pemakaian sunscreen yang tidak merata. Dulu saya sering skip mengaplikasikan sunscreen di area tengkuk atau leher bagian belakang. Akibatnya, tengkuk saya warnanya lebih gelap dari area wajah dan leher saya yang lain.

Maka dari itu, sebaiknya sunscreen diaplikasikan di seluruh permukaan kulit yang terekspos sinar matahari secara langsung. Jadi aplikasikan juga ke area-area yang terbuka, atau tidak tertutup baju, contohnya area dada, tengkuk, dan telinga.

Jangan lupa double cleansing

Saya sering mendengar keluhan, kalau pakai sunscreen malah jerawatan. Dan ternyata, penyebabnya bukan hanya tidak cocok dengan formula sunscreen-nya, tapi banyak juga yang penyebabnya adalah karena melupakan double sunscreen. Walaupun nggak seperti foundation yang berwarna, tapi sunscreen ini ada wujudnya. Dan sabun wajah saja, nggak cukup untuk menghapus bersih sunscreen dari wajah kita. Sisa sunscreen yang dibawa tidur inilah, yang membuat pori-pori tersumbat, lalu menimbulkan berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Jadi, double cleansing memang wajib. Awali ritual membersihkan muka di sore/malam hari dengan first cleanser. Bisa menggunakan milk cleanser, cleansing oil, atau cleansing balm. Saya sendiri menggunakan Amittie Natural Oil to Foam Cleanser saat sedang memakai makeup, dan Viva Milk Cleanser Green Tea saat tidak menggunakan makeup. Setelahnya, cuci muka dengan menggunakan second cleanser atau sabun muka. Favorit saya saat ini adalah Sensatia Botanicals Acne Clarifiying Facial Cleanser, Senka Perfect Whip Facial Foam, atau Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash.

Mulai sekarang, aplikasikan sunscreen dengan cara yang benar ya ;).