banner-detik

skincare

Bebas Kering dan "Ketarik", Ini 5 Rahasia Kulit Tetap Terhidrasi Selama Puasa!

seo-img-article

Permasalahan kulit yang paling utama saat puasa adalah kulit yang kering. Nggak perlu khawatir, dengan tips di bawah ini, kulitmu akan tetap terhidrasi dan terlihat segar!

Saat bulan Ramadan, kulit kamu jadi terasa lebih kering? Bila iya, nggak perlu khawatir. Itu hal yang wajar, kok! Kurang cairan tubuh memang akan memberikan dampak pada kulit. Jadi, selain berusaha untuk minum air putih yang cukup selama sahur dan berbuka, kamu juga perlu memaksimalkan penggunaan skincare dan melakukan beberapa tips mudah ini. Simak, yuk!

Gunakan sheet mask dengan kandungan Ceramide

Coba deh rutin sheet mask dengan kandungan Ceramide yang akan melembapkan secara intens, mengatasi kulit yang “ketarik”, sekaligus menjaga kondisi skin barrier, sehingga kulit nggak jadi gampang flaky dan tetap kuat. Cukup 15 menit saja, kulit akan lebih lembap dan glowing seketika! Oh iya, pakai sheet mask saat sahur juga bikin kamu lebih segar dan nggak ngantuk, lho! Coba: Dr. Jart+ Ceramidin Skin Barrier Moisturizing Mask.

Baca juga: Lembap Banget! Pakai 3 Moisturizer Ini untuk Menghindari Kulit Kering Saat Puasa!

Pakai retinol dengan konsentrasi rendah

Kalau kamu masih ingin rutin pakai serum atau moisturizer retinol, sebaiknya pilih dengan kadar yang rendah ya. Retinol adalah salah satu kandungan skincare yang powerful untuk meningkatkan produksi kolagen dan mengencangkan kulit, namun terkenal bisa bikin kulit kering. Jadi, saat puasa seperti ini, sebaiknya jangan pakai yang konsentrasinya tinggi, atau kurangi frekuensi penggunaannya, misalnya dari setiap malam jadi 2 kali seminggu saja. Coba: Innisfree Retinol Cica Moisture Recovery Serum.

Baca juga: Retinol is Not for Everyone! Ini 5 Alasan Kamu Nggak Perlu Pakai Retinol di Skincare Routine!

Pilih serum dengan kandungan Hyaluronic Acid

kulit kering saat puasa

Serum Hyaluronic Acid selalu bisa kamu andalkan untuk mengatasi kulit yang kering dan terasa kaku, karena Hyaluronic Acid mampu menarik air dari sekitar, sehingga kulit akan lebih lembap. Teksturnya ringan dan mudah meresap, aman juga untuk di-layer dengan bahan aktif lainnya seperti Niacinamide maupun retinol. Versatile banget! Kalau satu lapis kurang lembap, kamu bisa pakai 2 lapis serum Hyaluronic Acid sebelum mengaplikasikan moisturizer favoritmu. Coba: Somethinc HYAluronic9 + Advanced B5 Serum.

Baca juga: 5 Serum Hyaluronic Acid Lokal yang Layak Dicoba untuk Bikin Kulit Lembap dan Glowing!

Semprotkan face mist setelah wudhu

kulit kering saat puasa

Pakai face mist adalah cara simpel dan praktis tapi bisa berefek baik bila kamu terbiasa melakukannya secara rutin. Saat bulan puasa seperti sekarang ini, kamu berwudhu lebih sering karena ada banyak solat sunnah yang kamu lakukan. Nah, face mist bisa banget untuk memberikan hidrasi instan setelah wudhu. Pilih yang punya kandungan melembapkan seperti aloe vera, rose, dan cucumber, atau dengan kandungan oil (dual phase) seperti avocado oil dan sunflower oil, untuk mengunci kelembapan kulitmu. Bawa face mist saat tarawih di masjid? Why not? Kulitmu tetap glowing setiap saat! Coba: d’Alba First Spray Serum.

Baca juga: Bagus Banget! Ini 5 Produk Skincare Korea Underrated yang Bisa Bikin Kamu Jatuh Cinta!

Aplikasikan face oil sebelum tidur

kulit kering saat puasa

 

Salah satu cara paling mudah untuk menambah kelembapan kulit adalah dengan menggunakan face oil dalam skincare routine kamu. Jadi, bukan cuma melembapkan dengan pelembap berjenis humektan, tapi juga dengan emmolient. Kamu bisa mengaplikasikan face oil setelah moisturizer meresap sempurna. Agar lebih cepat meresap, pijat-pijat face oil dengan jari, atau bisa juga gunakan face roller atau gua sha. Kulit lebih ternutrisi, terlindungi sepanjang malam, bebas dari rasa “ketarik”, dan terlihat glowing keesokan paginya! Coba: Indoganic Face Oil.

Baca juga: Bye-bye, Kulit Kusam! Ini 5 Face Oil Lokal untuk Merawat Kelembapan Kulit Saat Kamu Tidur!

Gimana? Gampang banget kan? Kalau kamu rutin melakukan tips di atas, dijamin kulitmu akan terasa lebih lembap dan terasa lebih nyaman, nggak akan mengganggu puasa! Selamat mencoba!

 

Image: Dok. brand

Slow Down

Please wait a moment to post another comment