banner-detik

burts bees

10 Sunscreen Terbaik untuk Melindungi Kulit Kamu Saat Lari Marathon!

seo-img-article

Kalau ngomongin soal marathon, pasti nggak jauh dari latihan yang cukup untuk bisa menyelesaikan race-nya. Kali ini, saya mau bantu melengkapi perjalanan lari kamu dengan rekomendasi sunscreen terbaik yang pernah saya coba untuk olahraga outdoor.

Di tengah cuaca panas seperti sekarang, event lari jarak pendek hingga marathon terus-terusan berlangsung bahkan hingga akhir tahun. Selain melakukan persiapan fisik yang ekstra, tentunya memilih sunscreen yang bisa bantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari pun perlu dipertimbangkan baik-baik. Apalagi mengingat jarak tempuh lari marathon yang jauh dan bisa memakan waktu kurang lebih 3 jam untuk Half Marathon dan 7 jam untuk Full Marathon.

Baca juga: Menurut Dokter, Ini Cara Terbaik untuk Melindungi Kulit Saat Cuaca Panas dan Penuh Polusi

Karena saya juga penggemar lari dan olahraga outdoor lainnya, ada beberapa sunscreen yang sudah saya coba dan punya proteksi yang baik untuk kulit tanpa membuat mata menjadi terasa perih saat berkeringat. Saya juga paham bahwa budget setiap orang pasti berbeda-beda, maka dari itu kali ini saya akan memberikan beberapa opsi dengan pilihan harga beragam yang bisa kamu pilih sesuai dengan dana yang ada di kantong. Oiya, saya sendiri juga memiliki tipe kulit kombinasi dengan kekeringan di area hidung dan dagu, serta punya skin concern acne prone.

Semoga rekomendasi ini bisa mempermudah kamu untuk mencari sunscreen terbaik buat menemani kamu lari marathon ya!

1. Menard Fairlucent Day Cream White SPF 50 PA++++

marathon

Bagi saya pribadi, sunscreen ini no-debat adalah sunscreen terbaik yang pernah saya pakai untuk panas-panasan. Saya sudah membuktikannya berkali-kali saat berlatih olahraga pada jam 12 siang dan sunscreen ini berhasil mencegah warna kulit jadi menggelap, nggak bikin kulit terbakar, nggak ada whitecast, dan yang pasti sama sekali tidak luntur kena keringat sehingga tidak ada rasa perih di mata.

Harganya memang cukup pricey tapi worth every penny. Sunscreen yang dibanderol Rp1.298.000,- (40gr) ini punya teknologi Whole Cover UV Powder yang sudah melewati penelitian bertahun-tahun bisa dengan cepat menyebar rata di kulit dan stay di dalam pori-pori tanpa membuatnya tersumbat. Maka dari itu kamu cuma perlu pakai sunscreen ini sebesar 2 butir kacang kedelai, bukan dua ruas jari. Bagi saya, penggunaan sunscreen ini bisa tahan 7-8 bulan untuk ukuran 40 gr. Kalau sebelum beli mau tanya-tanya dulu, kamu bisa kontak Beauty Assistant Menard langganan saya, Anisa di sini.

Baca juga: Kulit Super Kering dan Sensitif Saat Memasukin Usia 40? Intip Rekomendasi Sunscreen yang Melembapkan Ini!

2. ERHA Perfect Shield Clearly Light Sunscreen SPF 50 PA++++

marathon

Walau saya lebih suka tampilan akhir kulit yang glowing saat menggunakan sunscreen, tapi ERHA Perfect Shield yang cocok untuk dipakai pada kulit normal to oily skin ini nggak bikin kulit terasa “ketarik”. Buat kamu yang mau lari marathon pastinya muka yang berasa greasy saat pakai sunscreen yang kurang tepat bisa jadi sedikit mengganggu. Nah, sunscreen yang satu ini bisa saya pastikan aman dari drama tersebut. Plus di dalamnya juga ada perlindungan polusi PM2,5 untuk kulit, jadi pas nih buat kamu yang mau melindungi kulit pas lari marathon di kota besar seperti Jakarta yang polusinya lagi tinggi banget.

ERHA Perfect Shield ini juga ada satu varian lainnya yang lebih cocok buat kulit normal to dry, yaitu Hydra Light Sunscreen SPF 5- PA++++. Walaupun punya fungsi hidrasi, tapi varian ini juga nggak akan terasa greasy dan mengganggu saat dipakai untuk aktivitas olahraga outdoor. Untuk ukuran 30gr, sunscreen ini bisa kamu beli seharga Rp139.000,-.

Baca juga: Simak Apa Saja Manfaat dari Jalan 10.000 Langkah Setiap Hari

3. L’Oreal Paris UV Defender UV Serum Protector Invisible Fluid SPF 50++++

Dari semua varian UV Defender-nya L’Oreal, inilah yang paling saya suka. Selain memang semuanya punya perlindungan yang sama tingginya, tapi secara tekstur varian ini tuh paling cocok di kulit saya. Bahkan suami saya juga suka dan cocok banget sama Invinsible Fluid ini. Sunscreen ini sudah pasti nggak menimbulkan whitecast, teksturnya ringan banget, gampang meresap, punya velvety finish, nggak kasih efek luntur yang bikin wajah keliatan ada noda putih, dan tentu tidak perih di mata pas keringat membanjiri kalau lari marathon. Di dalamnya itu memang ada teknologi Ultra-resistance nya, sehingga formula sunscreen ini menempel dengan baik pada kulit, gampang merata pada kulit, memberikan ketahanan pada air dan gesekan, plus ada juga nih perlindungan untuk kulit terhadap partikel debu. Harganya Rp 169.000,- untuk ukuran 50 ml dan bisa gampang banget kamu beli di e-comm manapun.

4. La Roche Posay Anthelios UVMUNE 400 SPF 50+

Awalnya saya nggak cocok sama sunscreen satu ini. Tapi setelah punya formulasi baru, kulit saya cinta banget sama Anthelios UVMUNE ini dan biasanya saya pakai juga untuk perlindungan harian, bergantian dengan Menard Fairlucent. Sunscreen ini tahan terhadap air, keringat, bahkan pasir. Jadi nggak akan mengganggu kalau kita mau pakai untuk kegiatan olahraga outdoor, termasuk lari marathon. Kalau di kulit saya, Anthelios UVMUNE ini cukup baik untuk meminimalisir kulit terbakar dan bikin kulit nggak jadi terlalu belang. Sunscreen ini juga nggak ada fragrance nya, sudah teruji untuk aman digunakan pada kulit sensitif, dan sudah melewati uji oftalmologis sehingga aman dipakai di area mata bahkan kalau kamu pakai softlens sekalipun. Untuk ukuran 50 ml, kamu bisa beli sunscreen ini seharga Rp410.000,- dan sering banget ada promo menarik di Lazada atau di Shopee setiap twin date.

5. Labore Biome Protect Physical Sunscreen SPF 45 PA++

Kalau kulit kamu gampang jerawatan tapi sekaligus sensitif, sunscreen ini bisa jadi pilihan yang pas juga. Teksturnya agak cair, mirip dengan tekstur La Roche Posay Anthelios UVMUNE, tapi dia nggak akan kasih efek greasy ataupun berminyak ke kulit karena gampang banget meresap. Karena memang Labore juga terkenal dengan penelitiannya akan microbiome kulit, jadi sunscreen ini punya kemampuan buat memperbaiki dan memperkuat skin barrier, khususnya pas kamu lagi panas-panasan. Sunscreen yang nggak menimbulkan whitecast dan tidak luntur saat berkeringat ini bisa kamu beli seharga Rp171.000,-.

6. Cle de Peau UV Protective Cream SPF 50+ PA++++

marathon

Salah satu sunscreen sultan yang ada di dalam list favorit saya. Creamy sunscreen yang memiliki harga Rp1.700.000,- ini akan pas banget buat kamu yang punya kulit super kering karena tekstur dan formulasinya bakal menghidrasi kulit dengan sangat optimal. Selain memang bisa membantu untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar UVA dan UVB, teknologi yang dimiliki produk ini akan menyerap manfaat baik red light yang terdapat pada sinar matahari sehingga kulit bisa memperbaiki teksturnya secara alami. No whitecast, nggak luntur dan perih di mata, plus kalau sedang malas pakai moisturizer kamu bisa langsung pakai sunscreen ini untuk bantu menghidrasi kulit sekaligus melindunginya dari paparan sinar UV.

7. Kanebo Veil of Day SPF 50

marathon

Buat kamu yang butuh perlindungan dari sinar matahari  pas lari marahon tapi nggak suka banget sama feel atau aroma sunscreen di wajah, Kanebo Veil of Day jawabannya. Ini tuh bener-bener sunscreen rasa pelembap sih. Mulai dari tekstur, warna cairan, aroma, sampai feel di kulit bener-bener nggak berasa kayak pakai sunscreen sama sekali. Rasanya adem di kulit karena memang produk ini mengandung 75% bahan berbasis air, nggak ada cekat-cekit yang seringkali terasa kalau saya pakai beberapa jenis sunscreen, dan feels nya hydrating banget. Teksturnya yang super nyaman nggak bikin kulit berasa lengket, whitecast dan bikin kulit lembap dalam waktu yang lama. Kamu bisa beli sunscreen berukuran 40 gr ini seharga Rp665.000,- di store resmi mereka yang ada di Lazada.

8. Oasea Protective Tinted Mineral Glow Sunscreen SPF 50 PA++++

Kadang saya memerhatikan beberapa teman saya yang senang lari marathon itu suka melakukan persiapan yang unik-unik. Ada yang bikin nail art dulu beberapa hari sebelumnya supaya pas foto pegang medali tangannya cantik, ada juga yang niat dandan sebelum marathon dimulai. Nah, kalau kamu pingin kulitnya terlihat lebih segar tapi nggak overdone, tinted sunscreen dari Oasea ini salah satu yang bisa dicoba. Coverage nya minim, tapi bisa kasih efek healthy skin pas dipakai. Ada dua varian juga yang bisa kamu pilih, yaitu Glow Sunscreen dan Matte Suncreen yang bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Kalau bahas proteksi, walau punya formula ringan proteksinya cukup baik dan bisa bantu menyamarkan noda hitam pada kulit kalau digunakan secara rutin. Hadir dalam ukuran 30ml, sunscreen ini dibanderol seharga Rp229.000,-

9. d’Alba Waterfull Essence Sunscreen SPF 50+ PA++++

marathon

Ini adalah salah satu sunscreen andalan saya juga dan sudah habis lebih dari tiga tube. Teksturnya ringan, kasih hydrating effect yang baik, nggak ada whitecast, nggak perih di kulit ataupun mata, dan bisa bantu meminimalisir sunburn dengan baik. Kalau kamu suka hasil akhir yang glowy dari sebuah sunscreen tapi sekaligus kasih proteksi yang oke dari paparan sinar matahari dan kaya akan antioksidan, ini bisa jadi salah satu pilihan yang pas. Harganya Rp480.000,- untuk ukuran 50ml, tapi produk ini cukup sering diskon sampai jadi 200ribuan sih di Shopee, Lazada, atau di Style Korean.

10. Anessa Perfect UV Skincare Spray SPF50+ dan PA++++

Kalau kamu ingin touch up sunscreen pas olahraga tapi nggak mau ribet, Anessa Perfect UV Skincare Spray adalah solusi terbaik buat saya. Selain memang praktis dan ampuh untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV, sunsreen spray ini juga punya teknologi Aqua EX Booster yang bikin perlindungannya itu akan semakin kuat saat kulit kita terpapar air dan keringat. Super waterproof, non-comedogenic, tidak whitecast, dan praktis banget untuk langsung semprot ke area leher bagian belakang untuk mencegah kulit di area tersebut terbakar. Sunscreen spray ini normalnya dijual dengan harga Rp302.000,- untuk ukuran 60 gr, tapi kalau lagi promo harganya bisa berkisar di 200 ribu saja.

Itu dia 10 rekomendasi sunscreen versi saya yang bisa menemani kegiatan olahraga outdoor kamu, apalagi kalau kamu memang berencana untuk ikut race marathon dekat-dekat ini. Semoga membantu ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment