banner-detik

pro tips

Menurut Dokter, Ini Cara Merawat Kulit yang Tepat Saat Cuaca Panas dan Penuh Polusi!

seo-img-article

Cuaca panas dan polusi tinggi seperti ini bikin kamu jadi malas pakai skincare? Jangan, dong! Kamu justru perlu tahu trik yang tepat supaya kulit tetap terlindungi tapi bebas lengket!

 

Agar kulit tetap sehat dan terlindungi saat cuaca panas yang penuh polusi tinggi, tentu kamu tetap harus rutin menggunakan produk-produk skincare kesayanganmu. Namun, supaya skincare yang dipakai nggak bikin lengket atau gerah, ada beberapa trik yang harus kamu perhatikan. Simak deh pesan-pesan dari dr. Eddy Karta SpKK, PhD berikut ini!

Bagaimana perawatan kulit yang tepat di tengah polusi udara yang sedang buruk saat ini?

“Perawatan kulit yang baik saat ini adalah dengan melindungi kulit dari matahari dan bahaya partikel polutan, dengan rutin memakai sunscreen yang antiradiasi dan antipolusi, lalu rajin membersihkan kulit secara teratur untuk mengangkat kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori. Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit, usahakan gentle cleanser. Jika banyak beraktivitas di luar ruangan, maka wajin re-apply sunscreen.”

Selain sunscreen dan skincare yang mengandung antioksidan, apalagi cara lainnya yang efektif melindungi kulit dari polusi?

“Kamu bisa pilih moisturizer dengan kandungan yang bisa menjaga skin barrier, yang berfungsi mencegah penetrasi zat polutan ke dalam sel kulit, contohnya adalah Ceramide dan Hyaluronic Acid. Jangan lupa juga pembersih wajah yang bisa mengangkat kotoran dan debu secara maksimal, tanpa mengganggu kelembapan dan lipid protektif kulit.”

Dengan situasi polusi dan cuaca panas saat ini, apakah lebih baik menerapkan skin minimalism atau tetap menerapkan teknik berlapis?

“Kombinasi polusi dengan sinar UV dapat menambah radikal bebas bagi kulit dan membuat kulit mudah iritasi. Maka, gunakanlah beberapa lapis perlindungan dalam skincare, dengan:

  1. Bahan yang menguatkan skin barrier seperti Ceramide, Hyaluronic Acid, Zinc Oxide, Plant Peptide, Probiotics, agar jerawat tidak mudah muncul, dan eksim bisa dihindari.
  2. Baham antioksidan yang mengurangi risiko hiperpigmentasi dan penuaan dini, seperti vitamin C, E, Ferulic Acid, dan Niacinamide.

Kamu bisa pilih tekstur produk skincare yang lebih lightweight dan mudah meresap, sehingga kulit tetap terasa nyaman, tidak lengket, dan tidak berminyak, meskipun menggunakan beberapa lapis skincare.”

Baca juga: Harus Punya, Ini 10 Produk Kecantikan yang Bisa Bikin kamu Tetap Segar di Cuaca Panas!

Seberapa penting peran perawatan kulit harian dalam menjaga kulit sehat dan mencegah masalah kulit?

“Tentunya sangat penting. Tidak ada yang mengalahkan perawatan kulit harian seperti menggunakan sunscreen, cleanser, moisturizer secara teratur, dan gaya hidup sehat seperti diet dan olahraga.”

Apa saja produk skincare yang wajib dipakai saat kondisi seperti sekarang ini?

“Sebenarnya kembali ke masing-masing jenis kulit dan kebutuhan kulitnya. Tapi, pada dasarnya, di musim panas, humid, dan polusi seperti sekarang ini, kamu perlu memilih pembersih wajah yang baik yang punya pH seimbang, noncomedogenic, dan tidak membuat kulit kering, sehingga bisa dipakai setiap hari tanpa bikin kulit “ketarik”. Lalu, pelembap wajah yang teksturnya ringan, mudah menyerap ke kulit, dan diperkaya dengan antioksidan. Terakhir, tabir surya atau sunscreen minimal SPF 30 PA+++, dan memiliki kandungan antipolusi. Jenisnya bisa gel, lotion, atau cream, tergantung tipe kulit masing-masing.”

Apakah sunscreen untuk wajah dan tubuh sebaiknya produk yang sama (disatukan) atau tidak? Adakah tips menggunakan sunscreen dan body lotion yang benar?

“Pada dasarnya, formulasi sunscreen untuk kulit wajah dan tubuh itu berbeda. Untuk kulit wajah yang cenderung sensitif dan berminyak, formulasi sunscreen biasanya lebih ringan namun tetap melembapkan kulit. Sementara, sunscreen untuk tubuh biasanya lebih lengket dan pekat, karena kulit badan lebih tebal. Untuk kulit kering, lebih baik memadukan body lotion dan sunscreen sekaligus. Gunakan body lotion terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan sunscreen untuk tubuh.”

Baca juga: Nggak Lengket dan Nyaman Dipakai Seharian, Ini 5 Sunscreen Serum yang Tepat untuk Cuaca Panas!

Apa yang perlu diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif?

“Bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya berkonsultasi lebih dulu ke dokter kulit, terutama bila kulitnua sedang tidak baik-baik saja, seperti kemeraham, terasa perih, dan mengalami pengelupasan terus-menerus. Itu bisa saja terjadi karena merupakan suatu penyakit kulit seperti rosacea, dermatitis, atau psoriasis.

Sebaiknya juga gunakan produk yang berlabel kulit sensitif, hypoallergenic, dan gentle skincare. Penting juga untuk selalu membaca kandungan bahan dan menghindari deterjen SLS (Sodium Lauryl Sulfate), fragrance, paraben, dan alkohol.

Jangan coba uji coba skincare baru sebelum rutin dipakai atau disebut patch test. Caranya dengan dioleskan dulu di area yang tidak tampak, seperti jawline atau belakang telinga, dan jika keesokan paginya kulit area tersebut baik-baik saja, maka bisa diaplikasikan ke seluruh wajah.”

Baca juga: 8 Skincare dengan Kandungan Ceramide untuk Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak!

 

Jadi, cuaca yang panas menyengat dan polusi tinggi, sebaiknya tidak menghalangi kamu untuk rutin menggunakan skincare setiap hari, apalagi kalau kamu punya kulit yang sensitif. Semoga tips di atas bisa membantu kamu ya!

 

Image: Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment