banner-detik

beauty

Membuat Tubuh Lebih Sehat, Ini Cara dan Manfaat dari Jalan 10 Ribu Langkah Setiap Hari!

seo-img-article

Sekilas terdengar melelahkan. Tapi sebenarnya jalan 10 ribu langkah setiap hari bisa jadi kegiatan yang menyenangkan dan punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho!

Kalau kamu mendengar kalimat berjalan kaki 10 ribu langkah, apa yang terlintas di benakmu? Apakah kamu langsung membayangkan seberapa melelahkannya? Atau kamu jadi menghitung, butuh berapa lama ya untuk menyelesaikannya? Kalau itu yang muncul di pikiranmu, mungkin kamu harus melihat dari sisi positifnya. Rutinitas ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Sebagai bonusnya, kamu juga bisa menurunkan berat badan bila melakukannya secara rutin.

Baca juga: Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Cara dan Manfaat dari Intermittent Fasting!

Berjalan sebanyak 10 ribu langkah itu sama saja seperti kamu menempuh jarak sepanjang 8 kilometer. Nah, dengan menempuh jarak sepanjang ini kamu bisa membakar sampai dengan 500 kalori setiap hari, lho. Tapi, pembakaran kalori ini juga belum pasti ya, karena banyaknya kalori yang terbakar setelah berjalan sebanyak ini bervariasi juga pada masing-masing orang. Pembakaran kalori ini tergantung pada berat, tinggi badan, usia, dan medan yang ditempuh saat kamu berjalan kaki. Penasaran bagaimana bisa mewujudkan berjalan 10 ribu langkah dengan mudah dan apa saja manfaatnya untuk tubuh? Simak terus ya artikel ini!

 

Berbagai cara mudah melakukannya setiap hari

jalan 10 ribu langkah

Mantapkan niat dan mulai saja dulu: Pertama, tentu saja kamu harus memantapkan niatmu untuk mulai saja dulu. Mungkin, di tahap awal ini kamu bisa mencoba untuk berjalan santai saja di dalam rumahmu. Lalu mulai pelan-pelan jalan di sekitar area rumahmu dengan jarak yang masih dirasa nyaman untukmu.

Baca juga: 4 Tips Olahraga Seimbang untuk Hasil yang Maksimal!

Gunakan sepatu yang nyaman: Setelah mencoba berjalan-jalan di dekat rumahmu, coba mulai berjalan sedikit lebih jauh. Untuk menunjang kenyamanan dalam berjalan, pakai sepatu yang nyaman ya agar semakin memotivasi dirimu untuk melanjutkan jalan. 

Pakai aplikasi fitness yang ada di ponsel: Nggak perlu khawatir kalau belum punya smart watch. Untuk semakin menumbuhkan motivasi, kamu bisa juga kok gunakan aplikasi fitness atau health yang sudah built in dalam ponsel iPhone dan Android. Karena dengan aplikasi ini, kamu jadi lebih mudah untuk track sudah berapa jauh kamu berjalan, contohnya seperti gambar berikut ini:

langkah

Memilih lewat tangga daripada lift: Kalau di gedung kantor, sekolah, atau kampusmu ada tangga, kamu bisa nih ubah kebiasaan naik lift jadi naik tangga untuk berpindah ke lantai yang ingin kamu tuju. Kalau lantai tujuanmu terlalu tinggi, naik tangga semampumu dulu, baru lanjutkan dengan lift. Kegiatan ini bisa membantu kamu untuk mencapai 10 ribu langkah lho dalam satu hari.

Sempatkan jalan kaki kapan pun: Bila di pagi hari kamu hanya bisa mencapai 1 – 2 ribu langkah saja, sempatkan untuk berjalan juga ya di sela-sela waktu istirahatmu saat sedang kerja. Sebenarnya commute dengan kendaraan umum juga bisa jadi salah satu opsi untuk menyempatkan jalan kaki lebih banyak!

Kalau dipikir-pikir, nggak susah kan mencapai 10 ribu langkah? Yang penting niat dan motivasinya. Sebenarnya kamu juga nggak harus bangun pagi untuk melakukannya, kamu bisa menyelipkannya di antara aktivitas sehari-hari. Untuk membuat berjalan terasa lebih seru lagi, kamu bisa buat playlist di aplikasi musik untuk menemanimu jalan!

Manfaatnya untuk kesehatan tubuh

langkah

Gimana, setelah tahu cara mudah untuk melakukannya, jadi makin semangat nggak nih untuk jalan kaki setiap hari? Selain membantu mempertahankan berat badan yang ideal, rutinitas olahraga yang simpel ini juga bantu melancarkan sistem pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan memperbaiki kualitas tidur. Positif banget kan dampaknya?

Baca juga: Ini 5 Sunscreen dengan SPF 35 yang Layak Dicoba!

Oh ya, supaya hasilnya lebih optimal untuk kebugaran tubuh, kamu juga perlu ya untuk tetap menjaga asupan makananmu. Pastikan kamu juga mengonsumsi makanan yang penuh gizi, serta tinggi protein dan serat.

So, apakah kamu akan mulai untuk mencoba berjalan sebanyak 10 ribu langkah? Tulis ya di kolom komen!

 

Images: Dok. iStock

Slow Down

Please wait a moment to post another comment