banner-detik

skin care

Malas Pakai Skincare? Ini 6 Cara Mudah Mengatasinya, Bikin Kulit Jadi Glowing!

seo-img-article

 

Malas pakai skincare bisa disebabkan oleh banyak hal. Kamu mungkin nggak merasakan efeknya secara langsung sekarang ini, tapi beberapa tahun lagi bisa terlihat lho!

Apakah kamu tergolong yang merasa bahwa kulitmu baik-baik saja, tidak terlalu berminyak, tidak berjerawat, dan jarang bermasalah? Kalau iya, lucky you! Jangan lantas jadi jumawa lalu malas pakai skincare, ya! Ingat, kondisi kulit yang bagus itu bisa berubah tiba-tiba karena faktor lingkungan. Juga tak selamanya bertahan, karena kulit kita akan menua seiring bertambahnya usia.

Pernahkah kamu malas pakai skincare karena cuaca panas, karena mengantuk atau sudah letih? Ini umumnya sering terjadi, nih. Tapi, kalau kamu punya goal tertentu dan punya produk skincare yang tepat, pasti kamu akan tetap semangat melakukan skincare routine setiap hari. Simak beberap tips supaya kamu nggak malas pakai skincare lagi!

Ingat bahwa kulit adalah organ yang berjasa

Organ tubuh yang hebat bukan hanya yang berada di bagian dalam tubuh, seperti jantung dan paru-paru.  Kulit adalah organ tubuh terluas, yang pastinya amat sangat penting karena melindungi organ-organ dalam kita sepanjang kita hidup. Skin barrier yang rusak akan menciptakan masalah-masalah lainnya. Kulit yang kotor dan nggak terawat bisa menimbulkan penyakit. Kulit yang stres bisa membuat pikiran jadi stres juga. Itulah mengapa kita harus selalu ingat untuk menjaga kebersihannya dan kelembapannya, karena jasanya banyak banget! Merawat kulit bukan artinya sok cantik atau “kecentilan”, tapi peduli dengan kesehatan tubuh.

Baca juga: Kupas Tuntas Adult Acne! Simak Penjelasan Dokter tentang Jerawat di Usia 30-an dan 40-an!

Harus tahu: kulit kering bikin masalah yang lain

Kalau kita nggak pernah menyentuh skincare atau malas pakai skincare, otomatis kulit akan menjadi kering dan tidak terlindungi. Akibatnya, sistem pertahanan kulit atau skin barrier akan melemah dan bisa menyebabkan banyak permasalahan kulit lainnya, misalnya iritasi, ruam, kemerahan, gatal-gatal, berjerawat, dan sebagainya. Kulit yang kering juga lebih gampang muncul kerutan, lho! Jadi, kalo kamu malas pakai skincare, jangan heran bila melihat fine lines dan wrinkles timbul lebih cepat di usia yang masih muda. Apalagi, faktor eksternal seperti ruangan ber-AC dan cuaca yang nggak menentu juga bisa bikin kulit makin kering. Nggak mau kan? Jadi, rutin aplikasikan serum, moisturizer, dan sunscreen ya!

Baca juga:  Selain Retinol, Ini 5 Kandungan Skincare yang Jago Bikin Kulit Awet Muda!

Pilih skincare step yang nggak ribet

Rajin merawat kulit bukan berarti kamu harus pakai 10-12 step skincare setiap harinya. Basic skincare routine seperti cleanser, moisturizer, dan sunscreen saja sudah cukup, terutama untuk pemula atau kamu yang anti ribet. Bila sudah mastering langkah dasar tersebut, kamu bisa terjun ke produk lainnya, seperti toner, essence, serum, dan produk-produk yang dipakai mingguan seperti scrub, exfoliating pads, ata masker. Tidak ada patokan khusus tentang jumlah produk skincare setiap harinya, karena skincare itu sangat personal. Semuanya disesuaikan dengan kondisi kulit dan kebutuhan masing-masing. Jangan juga sampai memberatkan kamu atau budget kamu. Pilih yang paling nyaman, biar kamu melakukannya dengan senang hati.

Baca juga: Nggak Lengket dan Nyaman Dipakai Seharian, Ini 5 Sunscreen Serum yang Tepat untuk Cuaca Panas!

Pilih tekstur produk yang nggak lengket

Nggak bisa dipungkiri, kita tinggal di Indonesia yang cuacanya panas, gerah, dan humid. Sehingga, salah satu penyebab malas pakai skincare adalah ada efek lengket di kulit setelah mengaplikasikannya. Nah, triknya tentu saja kamu harus jeli memilih skincare dengan tekstur yang lightweight. Sudah banyak banget produk lokal yang bisa diandalkan, karena diformulasikan sesuai untuk kulit Indonesia. Kalau pakai produk yang nggak berminyak dan cepat meresap, kamu nggak akan merasa malas lagi buat pakai skincare!

Baca juga: Nggak Suka Produk yang Lengket? 3 Skincare Korea Ini Ringan, Segar, dan Bikin Glowing!

Cari tahu masalah kulit genetik di keluargamu

Hal yang satu ini ampuh banget lho buat bikin kamu lebih rajin skincare-an! As we all know, salah satu faktor penentu kondisi kulit kita adalah faktor genetik. Kalau sudah urusan genetik, ini agak susah diganggu-gugat. Sehingga, mestinya bikin kita lebih “takut” kalau nggak merawat kulit. Coba cek, apakah ibumu atau nenekmu kulitnya banyak kerutan dan melasma? Apakah kamu pernah mengalami eczema? Apakah di keluargamu ada yang punya alergi kulit, psoriasis, atau rosacea? Apakah orang tuamu wajahnya banyak freckles atau noda-noda gelap? Apakah ibu kamu punya stretch marks? Kalau iya, artinya kamu harus lebih disiplin lagi pakai skincare, untuk mencegah atau memperlambat datangnya permasalahan-permasalahan kulit yang bisa timbul karena faktor keturunan tersebut. Bila kulit orang tua kamu terlihat mulai berkerut di usia 30, siapa tahu kamu bisa memperlambatnya hingga usia 50 dengan cara rajin skincare-an!

Baca juga: Mau Glowing dan Awet Muda seperti Song Hye Kyo? Ini 6 Upaya yang Bisa Kamu Lakukan!

Tetapkan idola yang awet muda

Buat kamu yang butuh ekstra termotivasi, nggak ada salahnya memilih beberapa idola untuk menyemangatimu pakai skincare. Misalnya saja Song Hye Kyo, Miranda Kerr, atau Michelle Yeoh yang tampak lebih muda dari usia mereka. Jadi, begitu rasa malas menghampiri, kamu bisa ingat-ingat lagi skin goals kamu biar lebih terinspirasi. Dari mereka, kamu akan belajar juga bahwa produk skincare saja nggak cukup, tapi harus diimbangi dengan gaya hidup sehat. Contohnya, Song Hye Kyo rajin diet dan jogging, Miranda Kerr hobi yoga dan mengonsumsi produk organik, sementara Michelle Yeoh rutin berenang, cardio, dan Tai Chi.

Baca juga: 5 Skincare dengan Kandungan Edelweiss, Bisa Bikin Kulit Usia 40-an Lebih Awet Muda!

 

Jadi , itulah dia 6 hal yang bisa bikin kamu nggak malas lagi pakai skincare. Diingat-ingat ya! Apa saja atau siapa saja sih skin goals kamu? Tulis di kolom komentar ya!

 

Image: Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment