banner-detik

beauty school

5 Bagian Tubuh yang Sering Terlupakan, Ini Cara Merawatnya Supaya Tetap Sehat dan Mulus!

seo-img-article

Merawat diri bukan hanya berhenti di penggunaan skincare wajah saja, lho. Kamu juga harus memerhatikan kesehatan kulit tubuhmu. Ada beberapa bagian tubuh yang sering terlupakan, nih! 

 

Jangan cuma fokus ke perawatan kulit wajah saja, ada bagian tubuh yang menunggu perhatian dari kamu, nih! Mengingat area tubuh jauh lebih luas dibandingkan wajah, maka kamu harus lebih memerhatikan detail tiap bagiannya. Biasanya, ada area-area yang sering luput dan kamu anggap enteng selama ini. Padahal, mereka juga butuh dibersihkan dengan maksimal serta dijaga kelembapan dan kelembutannya. Simak yuk beberapa bagian tubuh tersebut dan tips merawatnya!

Leher

Sebagai penyangga dan penyambung antara kepala dan tubuh, leher adalah bagian tubuh yang sangat penting dan berjasa, tapi sayangnya sering dilupakan. Banyak orang hanya mengaplikasikan skincare di bagian wajah saja, berhenti di dagu. Apakah kamu salah satunya? Padahal, leher adalah area yang gampang banget menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan, lho. Yuk, lebih sayangi lehermu mulai hari ini!

Smart tips:

Apapun produk skincare yang kamu gunakan di wajah, mulai dari cleanser, serum, hingga sunscreen, pakai juga di area leher, dengan gerakan memijat dari bawah ke atas. Saat mengeskfoliasi kulit tubuh dengan body scrub 2 kali seminggu, pakai juga sampai ke area leher. Pilih moisturizer yang mengandung bahan-bahan untuk mencegah penuaan dini, supaya kulit leher dan wajah lebih elastis. Gunakan bantal leher tiap kali traveling pakai pesawat, kereta, atau mobil dengan jarak jauh. Jangan terlalu banyak menunduk. Saat memegang ponsel atau mengetik di laptop, upayakan posisinya sejajar dengan wajahmu, supaya leher belakang tidak pegal dan kulit leher tidak sering berlipat. Saat tidur, usahakan juga pakai bantal yang tidak terlalu tinggi supaya leher tetap nyaman dan tidak mudah keriput.

Baca juga: Mau Kulit Kencang Tanpa Bikin Kantong Bolong? 3 Moisturizer Retinol yang Terjangkau Ini Layak Dicoba!

Punggung

Tidak kelihatan bukan berarti tidak perlu dirawat! Jangan sampai kulit wajahmu super glowing, tapi kulit punggungmu kusam, kering, jerawatan, atau bahkan punya penyakit kulit. Merawat bagian punggung bisa dimulai dari hal yang sangat sederhana, seperti tidak buru-buru pakai sabun saat mandi. Menjaga area tubuh satu ini bukan hanya buat yang hobi pakai baju backless saja ya, tapi semua orang! Apalagi, sekarang ini juga sudah banyak body care untuk membuat punggung bebas jerawat.

Smart tips:

Pakai body wash dengan kandungan AHA atau BHA dan acne spray secara rutin, kalau kamu memiliki jerawat punggung. Bila sulit menjangkau area punggung saat mandi, kamu bisa gunakan loofah, shower puff, atau shower brush. Aplikasikan body scrub secara rutin 2 kali dalam seminggu, biar punggung lebih halus dan mulus. Selalu pakai bra dan pakaian dengan material yang nyaman dan menyerap keringat, jadi punggung nggak gampang gatal atau bruntusan. Gunakan kursi bekerja yang nyaman, upayakan selalu duduk tegak (tidak bungkuk) saat bekerja di depan laptop atau saat duduk sehari-hari lainnya, seperti nonton TV. Sering berenang dan melakukan yoga juga sangat baik untuk postur dan kesehatan punggungmu. Biar punggung lebih rileks, kamu bisa melakukan pijat setiap 1-2 bulan sekali di spa atau salon kesayanganmu.

Baca juga: Punya Jerawat Punggung? 8 Produk Ini Bisa Membantu Melenyapkannya!

Bokong

Area yang satu ini memang cenderung terlupakan bila dibandingkan dengan the girls alias payudara, karena memang tidak bisa kita lihat langsung. Bila area tubuh satu ini punya warna yang lebih gelap dibandingkan bagian tubuh lainnya, itu hal yang wajar, kok. Bokong selalu dipergunakan untuk duduk, dekat dengan lipatan, dan setiap hari ada gesekan dengan celana. Yang penting, selalu bersihkan dan lembapkan dengan baik setiap hari ya! Apalagi buat kamu yang mau pakai bikini saat liburan musim panas nanti!

Smart tips: 

Bersihkan dengan sabun yang lembut saat mandi 2 kali sehari, jangan terburu-buru. Eksfoliasi dengan body scrub 2 kali seminggu, termasuk ke bagian lipatan atau selangkangan. Kamu bisa pilih body scrub yang punya kandungan kopi untuk membantu mengurangi selulit dan mengencangkan kulit. Wajib pakai body lotion sampai ke area ini setelah mandi. Body oil juga sangat penting untuk menjaga elastisitas, mengunci kelembapan kulit, dan mencegah stretch marks pada area tubuh yang satu ini, jadi aplikasikan setiap sebelum tidur. Supaya tetap kencang dan seksi, lakukan gerakan olahraga seperti squat secara teratur.

Baca juga: Kunci Rawat dan Kurangi Stretch Marks? Kenalkan, L’Occitane Almond Supple Skin Oil!

Lutut

Punya lutut yang kusam dan warnanya sangat kontras dengan area tubuh kamu yang lain? Artinya kamu sering mengabaikan area ini! Jangan sampai wajahmu selalu cantik berseri tapi lututmu tidak terawat. Kalau kamu malas pakai body lotion, area lutut ini bakal gampang banget kering dan bersisik, lho. Nggak sulit kok menjaga kelembutan area tubuh satu ini, ada banyak produk yang bisa kamu pakai!

Smart tips:

Selalu gunakan body lotion di seluruh bagian kaki setelah habis mandi. Kamu bisa memilih body lotion atau body serum dengan kandungan brightening untuk membantu meratakan warna kulit kakimu. Ketika menggunakan body scrub 2 kali dalam seminggu, kamu bisa gosok lebih lama di area lutut supaya lebih halus dan terangkat sel-sel kulit matinya. Kamu juga bisa menggunakan axillary cream 2 kali sehari supaya area lipatan satu ini jadi lebih cerah dan teksturnya lebih mulus. Saat berolahraga, harap berhati-hati dan jangan lupa pemanasan dulu sebelumnya, untuk menghindari cedera pada lutut.

Baca juga: Weekend di Rumah Saja. Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Tetap Glowing dan Rileks!

Telapak kaki

Telapak kaki kering, kasar, dan pecah-pecah? Ini masalah yang cukup sering terjadi. Kalau lagi pakai sandal atau sepatu yang bergaya terbuka, jadi nggak pede, kan? Yuk, mulai sekarang lebih peduli dengan kondisi telapak kakimu! Kaki adalah pusat tumpuan tubuh kita, lho. Jasanya sangat besar, jadi jangan hanya dibalut alas kaki yang mahal saja, tapi jaga juga kesehatan kulitnya!

Smart tips:

Sama dengan 4 bagian tubuh di atas, bersihkan punggung kaki dan telapak kaki dengan seksama saat mandi, jangan terburu-buru. Selalu cuci kaki setiap kali sampai di rumah setelah bepergian. Gunakan body lotion setiap habis mandi. Sebelum tidur, kamu bisa aplikasikan foot cream, body butter, atau minyak zaitun lalu ‘bungkus’ dengan kaus kaki. Cara ini akan melembutkan kulit kakimu yang kasar dan mengurangi pecah-pecah. Lakukan pijat reflexology, foot spa, atau pedicure secara rutin 1-2 kali dalam sebulan, untuk menikmati relaksasi dan membuat telapak kakimu lebih halus. Memakaikan nail polish berwarna cerah pada kuku kaki juga bikin kakimu makin cantik. Pilih juga alas kaki yang ukurannya pas, jangan terlalu sering memakai heels biar telapak kakimu berisitirahat. Buat kamu yang mau kakimu segar dan bebas jamur, selalu sedia foot spray ya!

 

Baca juga: Kulit Tubuh Lebih Lembap dan Glowing Berkat 5 Body Lotion Lokal Terbaru Ini!

Nah, itulah 5 bagian tubuh yang sering luput dari perhatian. Setuju nggak? Ada juga yang merasakan hal yang sama? Sebagian area itu memang letaknya tidak langsung bisa dilihat dengan jelas, bahkan di depan cermin. Tapi, jangan biarkan mereka “tertinggal” ya, jangan cuma merawat payudara dan area underarm saja. Kamu harus beri perhatian ke semua bagian kulit tubuhmu, agar selalu bersih, lembap, sehat, dan mulus!

 

Image: Freepik, dok. brand

Slow Down

Please wait a moment to post another comment