banner-detik

beauty school

Industri Parfum Bakal Menjamur! Gimana Ramalan Fragrance Trend di Tahun 2023?

seo-img-article

Nggak cuma ada tren tentang skincare dan makeup saja, parfum juga punya tren sendiri di tahun ini. Yuk intip ramalan fragrance trend menurut para fragrance enthusiast dan perfumer!

Tren 2023 tentunya cukup banyak, mulai dari beauty trend seperti makeup dan skincare, fashion trend, hingga fragrance trend. Kalau kamu sadar, di tahun 2022 itu mulai banyak bermunculan wewangian yang menarik dan makin bervariasi. Bukan cuma dari brand internasional saja, tetapi brand lokal pun bermunculan dengan aroma parfum yang bikin banyak orang jatuh hati.

Yup, tahun 2022 bisa dibilang jadi permulaan bagi fragrance industry, khususnya di Indonesia. Nggak cuma itu saja, orang-orang juga semakin tahu dan meningkatkan awareness-nya terhadap fragrance. Nah, memasuki tahun 2023, kira-kira seperti apa ya fragrance trend-nya? Coba simak ramalan tren wewangian menurut para fragrance enthusiast dan perfumer tanah air!

Baca juga: Prediksi Ingredients yang Akan Hits di 2023: Linoleic Acid!

Debora, @olfaxtory   

Menjadi fragrance enthusiast, Debora sebagai sosok di belakang akun @olfaxtory punya tebakan tentang fragrance trend 2023. Ia bilang bahwa skin-scent atau light fragrance bakal banyak peminatnya, apalagi kalau sillage dan projectionnya juga bagus. Selain itu, notes cherry sepertinya juga bakal jadi favorit di 2023, dan kayaknya makin banyak brand yang menghadirkan unisex fragrance. 

fragrance trend - parfum aroma cherry

Kalau soal industri parfum, Debora bilang bahwa industrinya akan makin meningkat, khususnya local brand di Indonesia. Plus, bakal banyak brand yang mulai eksplor wewangian yang lebih unik dari sebelumnya. 

Selain bahas tren, saya juga tanya mengenai behavior cowok-cowok dalam memakai parfum. Kalau menurut Debora, sepertinya para cowok bakal mulai pakai parfum yang sebelumnya sering dianggap ‘feminin’, misalnya parfum dengan aroma floral. Jadi, sudah nggak mengkotak-kotakan parfum berdasarkan gender lagi.

Mike, @indofragz 

Sebagai cowok yang aktif mereview dan mengeksplor parfum, Mike punya prediksi bahwa tren ‘blue fragrance‘ akan tetap mendominasi. Dengan catatan, parfum tersebut bisa cocok untuk banyak orang dan gampang dipakai. Nah, ‘blue fragrance‘ sendiri biasanya berupa parfum yang lebih fresh, aquatic, dan kadang aromanya juga lebih mature.

Membahas tentang industrinya, sepertinya industri parfum lokal bakal makin meroket lagi. Yang sebelumnya sudah hadir akan makin tinggi peminat, begitu pula yang baru hadir di tahun ini. Kalau dari sisi designer fragrance, perkirannya sih akan tetap stabil seperti sekarang.

Mengenai behavior cowok terhadap parfum, Mike mengamatinya sendiri lewat channel YouTube-nya. Ia bilang bahwa awareness para cowok pada fragrance akan meningkat. Selain itu, di tahun 2023 ini sepertinya cowok-cowok bakal makin sadar tentang pentingnya parfum, bukan cuma untuk menarik perhatian orang, tetapi sebagai sarana relaksasi diri. Gimana, para cowok setuju nggak dengan statement ini?

Baca juga: 4 Sunscreen Spray yang Bisa Cegah Kulit Terbakar saat Liburan!

Lygia, @thesensory.club 

Perfumer sekaligus fragrance enthusiast yang satu ini turut membagikan opininya mengenai fragrance trend 2023. Menurutnya, tipe wewangian yang bakal ramai di 2023 adalah wangi yang ‘menantang’, seperti vanilla, amber, serta aroma spicy. Tapi, skin-scent yang lebih ‘transparent’ juga bakal tetap dicintai. Nggak hanya itu saja, sepertinya tren personalized perfume dan layering bakal makin diminati banyak orang. 

Menurut Lygia, industri parfum juga akan semakin meningkat dibanding tahun 2022. Justru, 2022 jadi awal yang baik untuk industri parfum. Tahun ini juga mungkin akan banyak demand untuk parfum yang orisinil dengan branding yang unik. 

Nah, sama seperti pendapat Debora, Lygia juga beropini kalau para cowok akan mulai memakai wewangian yang mereka sukai, tanpa memedulikan parfum tersebut ‘untuk cowok’ atau untuk ‘cewek’.

Dewi, @glamdewi 

Ternyata, Dewi dan Debora punya prediksi yang sama lho terkait aroma yang bakal ramai di tahun 2023. Dewi juga berpendapat kalau aroma cherry bakal naik daun di tahun ini. Aroma iris, serta sesuatu yang fresh dan lebih ‘green’ seperti aroma rumput, serta herbal juga bakal jadi wangi yang digandrungi para fragrance enthusiast.

Bicara soal industri parfum, Dewi mengatakan kalau industri parfum lokal bakal melebarkan sayap. Bahkan, banyak pihak juga sepertinya mulai melirik fragrance industry sebagai industri yang menjanjikan, lho. 

fragrance trend - aroma fresh 'green'

Tak hanya itu saja, tren parfum di kalangan cowok juga bakal berkembang. Cowok-cowok akan mencari sesuatu yang lebih spesifik, mulai dari aromanya, looks-nya, bahkan longevity dari parfum tersebut. Jadi, nggak asal memilih parfum saja, tetapi juga mulai paham dengan aspek lainnya!

Baca juga: Bongkar Prediksi Beauty Trend 2023 Menurut Para Local Beauty Bosses!

Karina, @olfactree 

Prediksi Karina, aroma fruity floral dengan sentuhan sweet ambery dan oriental gourmand masih akan ramai di tahun 2022. Namun, skin-scent dan aroma light woody juga bakal tetap bermunculan. Ia juga bilang kalau di tahun 2023 ini, sepertinya bakal semakin banyak local fragrance yang hadir. Gimana nih, kamu menunggu kehadiran brand parfum lokal terbaru juga, nggak?

Nah, soal kebiasaan para cowok dalam memilih parfum, Karina juga berpendapat hal yang sama dengan beberapa fragrance enthusiast, nih. Yup, ia mengatakan kalau cowok-cowok akan mulai mengeksplor parfum, terlebih lagi saat ini banyak brand parfum yang sudah nggak mengkotak-kotakan parfum berdasarkan gender.

Daniar, @parfumnyambakdan 

Fragrance enthusiast yang satu ini juga nggak mau ketinggalan untuk memberikan opininya mengenai fragrance trend 2023. Menurut prediksi Daniar, skin-scent dan aroma yang musky masih digemari di tahun ini. Selain itu, brand lokal yang hadir di Indonesia juga akan semakin menjamur. Apalagi, sebelumnya sudah ada sederet brand lokal dengan ciri khas masing-masing yang menarik.

And yes, Daniar juga sependapat dengan para fragrance enthusiasts yang lain, kalau di tahun 2023 ini, cowok-cowok akan lebih open terhadap parfum jenis apapun. Jadi, nggak memandang gender ketika memilih parfum. Jika ingin pakai parfum yang aromanya manis, tentu sangat memungkinkan!

Baca juga: Prediksi Beauty Trend 2023 Menurut Female Daily Member. Kira-kira, Seperti Apa Ya?

Inda, @indawijaya__

Kalau menurut Inda sebagai fragrance enthusiast, sepertinya parfum dengan aroma cherry dan skin-scent bakal ramai di tahun 2023. Selain itu, industri parfum pun juga bakal makin meningkat perkembangannya, apalagi saat ini sudah mulai banyak local brand yang berkreasi di industri parfum. Inda jua berpendapat bahwa di tahun 2023 ini, para cowok bakal semakin aware akan pentingnya parfum dan tentunya peminatnya jadi makin tinggi juga. 

Rekomendasi parfum yang cocok buat menemani tahun 2023 

Kalau sudah tahu tentang fragrance trend, ini saatnya kamu mulai mencari parfum yang cocok buat nemenin tahun 2023! Kamu bisa memilih aroma fresh, seperti Saff & Co. Extrait de Parfum LOUI yang beraroma floral, atau BIES Eau de Parfum Blossom Meadow yang aromanya cenderung ‘green’ dengan perpaduan jasmine dan aroma grassy. Selain itu, ada pula yang aromanya fruity dan manis, yaitu Citizens of The World Madison Avenue EDP dan Lifti I am Calm EDP.

Nah, kalau kamu prefer menggunakan parfum yang memberi kesan warm dan elegan, ada parfum Faivers Ambroxy Wood, BIES Eau de Sicily, serta Buttonscarves Beauty Venice EDP. Nah, semua parfum yang saya sebutkan tadi lagi diskon juga lho di Female Daily Studio, dalam rangka ‘Fragrance Week’. Diskonnya juga menggiurkan, yaitu up to 50%! Periodenya hanya sampai tanggal 13 Januari saja, ya!

Nah, itu dia prediksi fragrance trend menurut para fragrance enthusiasts. Kalau menurutmu, wangi seperti apa sih yang bakal hits di tahun 2023? Comment di bawah, ya!

 

Image: Freepik, Dok. Brands, Instagram.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment