banner-detik

beautypedia

Prediksi Ingredients yang Akan Hits di 2023: Linoleic Acid!

seo-img-article

Tahun baru, tren skincare juga ada yang baru! Yup, salah satunya kandungan skincare linoleic acid yang bakal ramai dicoba di tahun ini. Penasaran?

Memasuki tahun 2023, beauty trend yang hadir juga memiliki perbedaan dibandingkan tahun 2022. Menariknya, beauty trend nggak hanya terbatas pada makeup saja, tetapi ada pula tren mengenai skincare, hingga fragrance. Kalau ngomongin soal skincare, pasti akan semakin banyak produk skincare yang hadir di tahun 2023, dengan berbagai ingredients yang berbeda. Bahkan, skincare yang hadir pun bisa jadi telah mengadopsi kandungan skincare yang bakal ramai di 2023. Nah, salah satu prediksi skincare ingredients yang jadi tren di 2023 adalah linoleic acid. Terdengar kurang familiar ya, kandungan yang satu ini? Nah, kira-kira seperti apa sih linoleic acid, dan apa manfaatnya buat kulit? Simak artikel ini, ya!

Baca juga: Nggak Bikin Kulit Terbakar, Intip 4 Sunscreen Spray yang Patut Dibawa saat Liburan!

Apa itu linoleic acid?

definisi linoleic acid

Kalau biasanya yang sering kamu dengar yaitu hyaluronic acid atau salicylic acid, kali ini ada ingredients yang bakal hits di 2023, yaitu linoleic acid. Kandungan skincare yang satu ini mungkin jarang kamu dengar, tapi ternyata punya segudang manfaat yang baik buat kulit. 

Linoleic acid sendiri merupakan asam lemak omega-6 tak jenuh ganda, yang dikenal sebagai vitamin F atau lemak. Nah, kandungan ini termasuk salah satu jenis essential fatty acids yang nggak bisa diproduksi oleh tubuh. Sehingga, ketersediaannya bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian berlemak, serta minyak nabati. Nah, fungsi utama asam linoleat ini adalah sebagai komponen pembentuk sebum pada kulit. Sebum yang dihasilkan dari linoleic acid ini bisa menenangkan kulitmu, sekaligus folikel di kulit.

Satu hal yang perlu kamu tahu, ingredients ini bermanfaat banget untuk kulit karena jika asam linoleat nggak tersedia di kulit, sebum yang dihasilkan akan terbuat dari asam oleat yang bisa bikin kulit iritasi, pori-pori tersumbat, hingga timbulnya jerawat dan komedo. Jadi, ketersediaan linoleic acid itu penting banget lho untuk kulit!

Baca juga: Bongkar Prediksi Beauty Trend 2023 Menurut Para Local Beauty Bosses!

Linoleic acid punya banyak manfaat untuk kulit

manfaat linoleic acid untuk kulit

Menurut saya, ingredients yang satu ini layak untuk jadi tren di tahun 2023, karena manfaatnya kece banget untuk kulit. Pertama, linoleic acid punya sifat anti-inflamasi yang bisa bantu mengurangi peradangan di kulit. Jadi, bisa mengatasi kulit yang sedang iritasi. Kedua, asam linoleat juga bisa membantu mengurangi jerawat, lho. Itu semua karena jumlah asam linoleat yang terkandung dalam sebum akan berpengaruh pada pembentukan jerawat. Jadi, ketika jumlah linoleic acid pada sebum berkurang, maka pembentukan jerawat akan terjadi. 

linoleic acid dalam skincare

Tak hanya itu, asam linoleat pun dapat bantu mencerahkan kulit, dengan cara menghambat produksi melanin. Alhasil, kulit bisa kelihatan lebih cerah dan warna kulit lebih merata. Oh iya, manfaatnya untuk menjaga skin barrier juga nggak boleh ketinggalan! Linoleic acid berperan dalam pembentukan ceramide yang sudah ada di kulit untuk membantu melindungi skin barrier pada lapisan epidermis. Terakhir, kandungan skincare yang satu ini juga bisa bantu melindungi kulit dari radikal bebas yang ada pada sinar UV dan polusi. Bisa jadi solusi buat kamu yang sering berkegiatan outdoor, nih!

Plus dan minus ingredients asam linoleat

Kalau kamu sudah mengetahui manfaatnya, tentu hal tersebut jadi poin plus yang amat berguna! Tak hanya itu, asam linoleat juga digadang-gadang sebagai kandungan skincare yang minim risiko alergi, lho. Namun, nggak cuma punya poin plus saja, asam linoleat juga punya kekurangan. Yes, kekurangannya adalah produk skincare yang mengandung linoleic acid memiliki masa berlaku yang pendek, yaitu sekitar 3-6 bulan. Sehingga, efektivitasnya akan berkurang jika melebihi umur simpan tersebut.

manfaat linoleic acid

Baca juga: Prediksi Beauty Trend 2023 Menurut Female Daily Member. Kira-kira, Seperti Apa Ya?

Nah, itu dia pembahasan mengenai kandungan skincare yang bakal hits di tahun 2023. Kalau kamu penasaran, kira-kira produk apa saja sih yang mengandung asam linoleat? Biasanya, skincare oil seperti sunflower seed oil, grapeseed oil, hemp oil, dan prickly pear seed oil mengandung asam linoleat yang tinggi.

Kira-kira, kamu tertarik mencobanya, nggak? Comment di bawah, ya!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment