banner-detik

haircare

WAJIB TAHU! Inilah Pentingnya Eksfoliasi Kulit Kepala!

seo-img-article

Eksfoliasi ternyata nggak cukup di wajah saja, bahkan kulit kepala juga butuh perawatannya lho! 

Beberapa waktu lalu, saya melihat di FYP TikTok ada yang melakukan dan menganjurkan eksfoliasi kulit kepala. Kemudian banyak orang bertanya, apakah seperlu itu mengeksfoliasi kulit kepala? Karena pada kehidupan nyata untuk mengeksfoliasi kulit wajah saja jarang dilakukan, apalagi melakukannya di kulit kepala. Namun, ternyata melakukan eksfoliasi kulit kepala secara regular itu bisa membantu mengangkat sel kulit mati, angkat buildup hair products (khususnya kalau kamu sering pakai hair styling products), bantu mengurangi produksi minyak berlebih, mencegah gatal-gatal, hingga munculnya ketombe. 

Baca juga: Ternyata Ini Cerita di Balik Gunting Sultan 20 Juta Rey Nathanael!

Bagi kamu yang sering mengalami masalah dengan rambut, mungkin kamu bisa coba dahulu dengan mengeksfoliasinya. Menurut ahli dermatologi di Pennsylvania, dr. Erum Ilyas, MD, seiring berjalannya waktu orang-orang akan mengalami penumpukan residu dari produk rambut yang digunakan, seperti shampoo dan kondisioner, serta perkumpulan minyak alami dan sel kulit mati di kulit kepala. 

Pentingnya mengeksfoliasi kulit kepala

Nah, pentingnya eksfoliasi kulit kepala ini bertujuan untuk membantu membuat kulit kepala terhindar dari permasalahan kulit kepala yang umum terjadi, seperti terkelupas, kering, dan gatal. Bukan cuma itu, kulit kepala yang sehat juga merupakan kunci rambut sehat dan berkilau! Jika penumpukan residu tidak diatasi secara berkala, maka bisa jadi timbul masalah yang meningkatkan sensitivitas di area kulit kepala. 

Baca juga: Tampil Memukau saat Tunangan, Ini Bocoran Makeup Chelsea Islan dari MUA Ryan Ogilvy!

Cara eksfoliasi kulit kepala

cara eksfoliasi kulit kepala

Untuk langkah pertama, kamu bisa mulai dengan menyikat lembut kulit kepala menggunakan sikat kecil khusus rambut. Langkah ini berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dan memastikan bebas dari kotoran sebelum kamu menggunakan produk eksfoliasi. Biasanya, produk yang digunakan bisa dipakai ketika rambut masih dalam keadaan basah. 

Cara pakainya, kamu hanya perlu menyisir rambut dengan jari. Kemudian, aplikasikan scalp treatment menggunakan tangan atau sikat. Lalu, pijat kulit kepala dengan perlahan untuk bantu mengangkat sel kulit mati. Namun karena eksfoliasi sifatnya keras, jadi kamu hanya perlu menggunakannya satu sampai dua kali seminggu dan jangan terlalu sering. 

Baca juga: Rambut Gampang Lepek? Cek Beberapa Sampo Lokal yang Pas untuk Mengatasinya!

Eksfoliasi bikin hasil blow dry jadi lebih lama 

Percaya tidak percaya, jika semakin bersih rambut, maka blow dry akan semakin tahan lama, lho. Itu karena sisa shampoo dan kondisioner yang tertinggal di rambut telah dibersihkan melalui eksfoliasi. Jadi, buat kamu yang sering bermasalah dengan hasil blow dry yang nggak tahan lama, mungkin perlu dipertimbangkan lagi untuk melakukan treatment eksfoliasi sekalian di salon!  

Baca juga: Bantu Memperkuat Rambut yang Rapuh, Intip 4 Shampoo untuk Usia 40-an yang Wajib Dicoba!

Memperkuat akar dan mempercepat tumbuhnya rambut

eksfoliasi bisa memperkuat akar rambut

Supaya rambut nggak cuma berkilau tapi juga sehat dari dalam, eksfoliasi ternyata juga bisa membantu memperkuat akar rambut dan mempercepat tumbuhnya rambut kamu, lho. Yup, fungsi eksfoliasi adalah mengangkat sel kulit mati, sehingga akan terjadi regenerasi sel kulit baru. Selain itu, eksfoliasi juga dapat melancarkan sirkulasi darah di kepala, sehingga folikel rambut turut menumbuhkan anak rambut baru yang lebih sehat dan juga memiliki batang rambut yang lebih kuat dan nggak bercabang. 

Itulah beberapa hal mengenai eksfoliasi kulit kepala yang wajib kamu ketahui. Sekarang, tahu kan kalau eksfoliasi nggak cuma untuk wajah saja? 

 

Image : freepik.com 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment