banner-detik

lifestyle

Intip 5 Tips Gaya Hidup Sehat dan Berkelanjutan di Rumah Ala IKEA!

seo-img-article

Percaya nggak, gaya hidup sehat bisa bikin kondisi psikologis manusia jadi lebih positif dan bahagia? Yuk, coba tata hidup kamu dengan hidup sehat dan berkelanjutan! 

Pekan lalu, IKEA Indonesia menyelenggarakan rangkaian kegiatan  “Rumahku, Ceritaku” yang bertujuan untuk menginspirasi masyarakat agar memulai gaya hidup berkelanjutan dari rumah melalui langkah sederhana. Dalam kegiatan tersebut, IKEA Indonesia bekerja sama dengan komunitas, designer, dan lifestyle practitioner di bidang berkelanjutan ternama seperti Kebun Kumara, Setali, Dendy Darman, Sustaination, dan masih banyak lagi. Acara tersebut juga membagikan kiat untuk menciptakan rumah berkelanjutan, sehat, dan aman untuk manusia dan planet.

Nah, ini dia lima rekomendasi kegiatan dari IKEA Indonesia dan komunitas ternama untuk memulai gaya hidup berkelanjutan, serta untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga yang akan membuat hari-hari semakin berkesan!

Baca juga: Jangan Disepelekan! Ternyata Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Jerawat, Lho!

Kegiatan upcycling untuk outfit terlihat seperti baru lagi 

Bingung dengan lemari pakaian yang penuh, tapi pada saat yang bersamaan juga merasa bosan dengan tampilan baju yang itu-itu saja? Daripada membeli baju baru, kamu bisa mencoba kegiatan upcycling. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan pakaian lama yang kamu miliki dan mengubahnya menjadi pakaian, tas belanja, atau aksesori lain dengan model yang berbeda. IKEA Indonesia dan komunitas Setali membagikan beberapa manfaat yang akan dirasakan melalui kegiatan upcycling, seperti berperan penting terhadap lingkungan, serta meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri karena kamu berhasil bereksplorasi untuk menghasilkan suatu karya fashion baru.

Bahan-bahan yang diperlukan juga sederhana dan tidak sulit. Kamu hanya membutuhkan gunting, benang, jarum, potongan kain, aksesori, serta bahan dasar. Kamu juga bisa menggunakan KOSINGEN Box dari IKEA sebagai tempat penyimpanan bahan sisa untuk membuat proyek selanjutnya.

Meal prepping untuk menunjang hari kerja lebih sehat dan hemat 

Saat ini, kantor dan sekolah mulai beroperasi secara offline. Oleh karena itu, membawa bekal makan siang adalah salah satu pilihan yang baik karena dapat menunjang gaya hidup yang lebih sehat, serta dapat menghemat pengeluaran. Namun, masih banyak yang mengurungkan niat membawa bekal karena kurangnya waktu untuk menyiapkan bekal sebelum berangkat menjalani aktivitas di luar rumah. IKEA Indonesia bersama dengan Astri Puji Lestari atau yang akrab disapa sebagai Atit, memberikan kiat untuk menggunakan metode meal prepping. Metode ini merupakan teknik menyiapkan makanan dalam jumlah banyak secara sekaligus sehingga kamu hanya perlu memanaskannya sebentar sebelum makan.

Sebelum melakukan metode ini, kamu perlu menulis menu apa saja yang ingin dimasak selama beberapa waktu ke depan. Beberapa hal yang harus kamu siapkan adalah bahan makanan, alat untuk meal prepping seperti produk Ikea yaitu ANNONS dan ÄNDLIG, serta tempat penyimpanan makanan yang berkualitas, misalnya wadah makanan IKEA 365+ yang dapat menjaga kualitas makanan agar tetap terjaga dengan baik. Menariknya, wadah tersebut juga dapat digunakan untuk memanaskan makanan di dalam microwave.

Baca juga: Tips Make Over Kamar Jadi Scandinavian Style yang Bikin Nyaman Seharian!

Rumah semerbak yang bikin hati tenang dengan scented candle buatan sendiri 

Rumah yang wangi dan bersih akan membawa perasaan nyaman dan bikin betah kepada siapapun yang tinggal di dalamnya. Untuk menciptakan suasana ruangan yang lebih nyaman dan memaksimalkan waktu untuk beristirahat di rumah, kamu bisa menggunakan scented candle. Aroma soft yang menyebar ke seluruh ruangan dan cahaya hangat dari apinya akan menciptakan suasana yang rileks dan homey. Serunya, kamu bisa membuat scented candle sendiri di rumah, lho!

Pekan lalu, IKEA Indonesia bekerja sama dengan Umah Living untuk mengadakan demo terkait wewangian di rumah yang terbuat dari bahan alami dan berkelanjutan. Beberapa bahan yang kamu butuhkan untuk melaksanakan kegiatan ini adalah soy wax, minyak esensial, sumbu lilin, dan wadah lilin seperti KORKEN dari IKEA. Dengan bahan-bahan sederhana tersebut, ruangan kamu akan memancarkan aroma khas dan menciptakan suasana yang lebih nyaman!

Kegiatan mengompos yang bisa dilakukan bersama keluarga 

Peningkatan jumlah sampah organik yang berasal dari sisa makanan dapat menimbulkan masalah serius bagi ekosistem lingkungan. Langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mulai peduli lingkungan adalah kegiatan mengompos. Sebelum mulai mengompos, kamu bisa melakukan hal pertama yaitu menyiapkan bahan baku seperti sampah cokelat, sampah hijau, tanah, serta air cucian beras. Selain itu, kamu juga perlu kontainer seperti SAMLA dari IKEA yang berfungsi sebagai tempat untuk mengaduk bahan baku pembuatan kompos. Tak hanya itu, tentunya kamu memerlukan sekop untuk mendukung kegiatan mengompos di rumah seperti GRÄSMARÖ dari IKEA.

Baca juga: Unboxing Bikin Sampah Makin Menumpuk. Apa yang Bisa Kita Lakukan? | FD Sustainabeauty

Menanam tanaman pangan sendiri di rumah 

Aktivitas yang direkomendasikan selanjutnya adalah menanam tanaman pangan sendiri di rumah. Kegiatan ini akan sangat selaras bagi kamu yang sudah memulai kegiatan mengompos dan memiliki keinginan untuk menjalankan meal prepping! Dengan menanam tanaman pangan di rumah, tentunya kamu akan merasakan sejumlah manfaat, mulai dari mengonsumsi makanan organik yang berkualitas, menghirup udara yang lebih segar dan bersih, dan melatih fisik serta relaksasi mental saat dalam proses menanam tanaman.

Oleh karena itu, IKEA Indonesia menggandeng Kebun Kumara untuk memaparkan lebih lanjut terkait kegiatan positif ini pekan lalu. Jangan khawatir, kamu bisa banget melakukan kegiatan ini di rumah, lho. Kamu hanya perlu menyiapkan alat berkebun seperti CITRUSFRUKT atau pot dengan lubang, sarung tangan karet RINNIG, dan penyiram tanaman IKEA PS 2002 dari IKEA.

Itulah beberapa tips dari IKEA untuk memulai gaya hidup yang sehat dan berkelanjutan di rumah. Apakah kamu sudah menerapkan salah satu kegiatannya di rumah? Share di kolom comment, ya!

 

Image : IKEA, freepik.com 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment