banner-detik

acne blemishes

Jangan Disepelekan! Ternyata Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Jerawat, Lho!

seo-img-article

Siapa yang masih nggak peduli dengan kesehatan gigi? Kalau kamu punya gigi yang berlubang, sebaiknya segera diobati biar nggak memicu jerawat!

Tentu kamu sudah nggak asing kan dengan masalah kulit yang satu ini? Yup, jerawat jadi salah satu masalah kulit yang umum terjadi dan seringkali dialami oleh banyak orang. Orang-orang dengan masalah kulit tersebut juga pasti sudah sering mencari tahu apa penyebabnya. Penyebab timbulnya jerawat pun ada banyak, mulai dari perubahan hormon, kebersihan kulit yang nggak terjaga, salah memakai produk skincare, hingga berhubungan dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Eitss, tapi ada salah satu penyebab timbulnya jerawat yang jarang diketahui, lho. Kira-kira apa ya?

Baca juga: Nggak Bikin Kulit Mengering, 4 Acne Spot Treatment Ini Wajib Dilirik!

Gigi berlubang bisa memicu jerawat

Nggak hanya mengakibatkan infeksi dan berpengaruh pada kesehatan mulut, ternyata gigi berlubang juga bisa menyebabkan jerawat timbul di kulit. Nah, gigi berlubang ini juga merupakan masalah yang sering dialami banyak orang. Gigi berlubang bisa terjadi karena kebersihan gigi dan mulut yang nggak terjaga, munculnya plak gigi, serta terlalu sering mengonsumsi makan dan minuman manis. Lalu, gimana sih gigi berlubang bisa jadi pemicu jerawat?

Baca juga: Kulit Berminyak Tetap Harus Pakai Pelembap! Cobain 4 Moisturizer Lokal yang Nggak Lengket!

Jadi, ketika gigi berlubang semakin parah dan menimbulkan masalah lain misalnya gusi yang terluka, terdapat abses gigi atau kantung nanah, bakteri yang ada di dalam mulut bisa masuk ke dalam aliran darah melalui luka tersebut. Bakteri yang masuk ke dalam aliran darah inilah yang bisa menyebabkan masalah lain timbul, salah satunya jerawat. Jerawat tersebut dapat terjadi karena folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran, maupun sebum. Hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi bakteri yang akhirnya menimbulkan peradangan di bagian kulit. Selain itu, terjadinya abses pada gigi berlubang juga berkaitan dengan sistem imun untuk melawan bakteri penyebab jerawat yaitu propionibacterium acnes.

Gimana cara menjaga kesehatan gigi?

Nah, supaya nggak terjadi banyak masalah karena gigi berlubang, kamu perlu menjaga kesehatan gigi dengan benar! Hal pertama yang wajib kamu terapkan adalah rutin menggosok gigi sebanyak dua kali sehari, serta malam hari sebelum tidur. Nggak hanya itu saja, kamu juga perlu mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Itu semua perlu dibatasi karena makanan dan minuman manis bisa meningkatkan produksi asam yang bisa merusak lapisan enamel gigi. 

Baca juga: Lokal Hingga High End, 5 Gel-to-Oil Cleanser Ini Bikin Wajah Auto Bersih dari Makeup!

Terakhir, jangan lupa untuk selalu memeriksa gigi secara rutin ke dokter! Setidaknya, kamu perlu melakukan pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali, supaya kesehatan gigi tetap terpantau dengan baik. Jadi, jangan menunggu sampai timbul masalah, baru periksa gigi ke dokter ya. Gimana, simpel kan? Meski caranya sederhana, kamu harus tetap konsisten merawatnya!

Selain mengantisipasi terjadinya jerawat akibat gigi berlubang, kamu juga harus pintar dalam mengatasi masalah jerawat yang sudah terlanjur muncul. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan memakai acne spot treatment. Nggak perlu bingung memilih, kamu bisa langsung cek di Female Daily Studio karena ada banyak banget produk untuk acne. Plus, ada review dari FD Member yang sudah memakainya juga, lho.

Nah, itu dia penyebab jerawat yang jarang diketahui oleh banyak orang. Jadi, jangan sepelekan masalah gigi berlubang lagi karena bisa berakibat buruk untuk kulit, maupun organ lain! Kalau kamu, biasanya melakukan perawatan gigi seperti apa sih untuk menjaga gigi tetap sehat? Comment di bawah, ya!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment