banner-detik

haircare

Punya Rambut Keriting? Ini Cara Merawatnya Agar Tetap Lembut dan Nggak Kusut!

seo-img-article

Rambut keriting itu unik dan perlu perawatan spesial. Yuk, rawat rambut keritingmu biar makin memesona!

 

Terlahir dengan rambut keriting itu anugerah, bukan kekurangan. Sayangnya, masih banyak perempuan Indonesia belum sadar betapa uniknya pesona rambut keriting yang kalian miliki. Banyak banyak perempuan justru merasa minder, bahkan membenci rambut keritingnya sendiri akibat tampak berbeda dari yang lain.

Meski begitu, berusaha meluruskan rambut keriting dengan melakukan smoothing sama sekali tak ada salahnya, kok. Yang disayangkan adalah jika kamu memaksakan diri untuk meluruskan rambut demi memenuhi tuntutan standar kecantikan masyarakat. Kamu harus tetap menyayangi rambutmu apapun jenisnya!

Perawatan rambut keriting bisa dibilang susah-susah gampang. Meski sering mendapatkan pujian dari orang sekitar karena bentuk rambutmu yang indah dan unik, namun kamu juga tak terhindar dari masalah rambut rontok dan rambut kering, sama seperti rambut lurus.

Secara alami, helaian rambut keriting berbentuk lebih pipih dibandingkan rambut lurus. Hal inilah yang membuatnya mudah patah. Bentuknya yang meliuk-liuk juga membuat distribusi minyak dari akar rambut tidak merata, karena itu kamu harus melembapkannya dengan rutin.

Berikut cara merawat rambut keriting agar tetap lembap dan sehat!

Sisir rambut sebelum keramas

Rambut keriting rentan kusut saat basah atau setelah keramas. Untuk menghindari kusut dan risiko patah, ada baiknya kamu menyisir rambut sebelum keramas ya. Sisir yang digunakan untuk rambut keriting juga perlu kamu pilih dengan cermat. Karena teksturnya yang unik, sebaiknya gunakan sisir bergigi jarang atau detangled brush.

Baca juga: 4 Kesalahan Perawatan Rambut Keriting yang Sering Dilakukan!

Gunakan hair oil untuk melembutkan dan menambah kilau

Ada lagi hal yang bisa kamu lakukan sebelum keramas selain menyisir rambut, yaitu dengan mengoleskan hair oil. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah:

  • Cepol rambut keritingmu ke arah atas, lalu oleskan hair oil pada titik-titik tertentu kulit kepala.
  • Lakukan gerakan memijat secara perlahan pada kulit kepala.
  • Bungkus kepala menggunakan shower cap dan diamkan selama beberapa menit sebelum keramas.

Urutan merawat rambut yang benar ini berguna untuk menjaga kelembapan, menjadikan rambut terasa lembut, mudah diatur, dan berkilau. Jadi, jangan malas pakai hair oil untuk memanjakan rambut keritingmu, ya!

Baca juga:  5 Haircare untuk Rambut Keriting Agar Lebih Sehat dan Nggak Frizzy!

Aplikasikan conditioner secara rutin

Mungkin hal ini terdengar klise bagi kamu, namun ada alasannya mengapa menggunakan conditioner sangat esensial dalam membuat rambut keriting lebih sehat. Bahkan lebih utama dibandingkan dengan shampoo.

Rambut keriting cenderung kering dan rusak pada bagian ujung, karena usia ujung rambut lebih tua dibandingkan bagian pangkal. Itu sebabnya conditioner hanya diaplikasikan pada bagian ujung dan tengah batang rambut saja. Conditioner akan membantu melembutkan, mencegah rambut kusut, bikin ujung-ujung rambut tetap lembap dan nggak mudah bercabang. Kalau kamu rajin pakai conditioner, terasa deh bedanya, menyisir pun jadi lebih mudah!

Baca juga: Ini Dia 4 Hal yang Harus Diketahui Oleh Pemilik Rambut Keriting dan Tipis!

Rajin pakai hari mask

Hair mask juga bisa jadi andalan para pemilik berambut keriting. Fungsinya adalah untuk menutrisi dan melembutkan rambut secara maksimal. Berbeda dengan conditioner, kamu bisa menggunakan hair mask rutin seminggu sekali.

Jika ingin memakainya setiap keramas, cukup aplikasikan di bagian ujung rambut saja. Tapi kalau jadi perawatan mingguan, kamu bisa pakai hair mask ke seluruh rambut, sambil dipijat-pijat dan didiamkan 5-10 menit. Pakai hair mask di rambut keriting bisa membantu bikin tekstur rambut lebih lembut!

Manfaatkan curl cream atau mousse

Jika kondisinya kering atau kurang dijaga dengan baik, liukan pada rambut keriting akan terlihat tidak beraturan. Untuk menjaga bentuk ikal ini, kamu bisa menggunakan curl cream. Kalau susah menemukan produk ini, kamu bisa menggunakan alternatif lainnya, yaitu mousse. Kedua produk ini bagus untuk mempertahankan gelombang pada rambut keriting, sekaligus menjadikannya terlihat mengembang sempurna.

Baca juga: Resep Hair Mask Buatan Sendiri untuk Rambut yang Lebih Sehat

Keringkan rambut dengan tepat

Beda tekstur rambut, beda pula cara mengeringkannya. Agar tekstur rambut rambut keritingmu tetap cantik dan terjaga, lakukan teknik berikut sebagai salah satu cara perawatan rambut keriting. Sehabis keramas, flip rambut ke arah depan dan lakukan gerakan meremas atau dikenal dengan istilah scrunch. Ini penting untuk mengeluarkan natural curl. Keringkan rambut dengan diffuser dapat mengurangi kekusutan yang sering dialami rambut saat rambut kering secara alami. Selain itu, dapat membantu mempertahankan bentuk keritingmu dan membuatnya terlihat lebih bervolume.

Setelah keramas, gunakan kain berbahan katun atau handuk microfiber untuk memeras air berlebih di rambutmu lalu lakukan teknik Scrunch. Saat rambut masih lembap, kamu juga bisa melakukan teknik pelintir rambut atau lakukan teknik finger coil. 

Cepol rambut saat tidur

Saat bangun tidur, pernahkah kamu menyadari bahwa rambutmu rontok hingga ke bantal dan kasur? Atau bagaimana rambut keritingmu berubah bentuk dan kusut di pagi hari?

Ada trik untuk mengakalinya. Sebelum tidur, ikat rambutmu dengan gaya cepol dan pastikan tidak ada rambut yang tertinggal. Hal ini akan membuat rambutmu tidak mudah bergesekan dengan bantal dan menjaga bentuk alami rambut keritingmu.

Baca juga: 5 Hair Mask untuk Bikin Rambut Lebih Halus dan Tampak Lurus

Nah, itulah hal-hal yang sangat penting kamu perhatikan dalam merawat rambut keriting. Mana yang sudah kamu lakukan rutin selama ini? Semoga rambut keritingmu semakin kece, ya!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment